Khasiat Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan

Khasiat Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan – Pada kesempatan yang sangat berharga ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang ada hubungannya dengan Khasiat Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.

Khasiat Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan

Khasiat Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan

Tanaman daun obat pegagan ini lebih dikenal dengan nama daun kaki kuda dan Antanan. Pegagan tumbuh liar di perkebunan, pematang sawah, ladang dan tepian jalan. Masyarakat Jawa Barat biasa memanfaatkan tanaman ini untuk lalapan. Baca juga Manfaat Tanaman Obat Blustru Menyembuhkan Penyakit

  1. Mengobati penyakit sariawan disentri dan masalah usus
  2. Melancarkan peredaran/sirkulasi darah dalam tubuh
  3. Menurunkan panas tubuh yang disebabkan deman
  4. Anti bakteri, tonik, antispasma, dan antiinflamasi
  5. Mencegah osteoporosis/mengeroposnya tulang
  6. Mengobati penyakit maagh dan kembung
  7. Pengobatan Tradisional dan Kontemporer
  8. Sebagai pembersih darah secara alami
  9. Anti alergi dan juga sebagai stimulan
  10. Penambah tenaga dan stamna tubuh
  11. Mempercepat Penyembuhan Luka
  12. mencegah varises serta salah urat
  13. Mencegah stress dan depresi
  14. Sebagai obat nafsu makan
  15. Meningkatkan daya ingat
  16. Mengurangi Kecemasan
  17. Mengobati penyakit tipes
  18. Sebagai obat sakit kepala
  19. Penambah darah
  20. Antioksidan

Kandungan Senyawa Kimia Daun Pegagan Buat Kesehatan Tubuh Manusia :

Beragamnya kandungan kimia pada daun pegagan menunjukkan bahwa kekayaan manfaat daun pegagan yang melimpah di dalamnya. Berikut ini kandungan senyawanya terdiri dari asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak). Senyawa kmia seperti glikosida triterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat anti lepra.

Nama Lokal Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan :

Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok).

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini, tentang Khasiat Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda mengenai dunia tanaman obat herbal semakin meluas serta tak bisa diragukan lagi.