Bahaya Bahan Kimia Pada Produk Makanan

Bahaya Bahan Kimia Pada Produk Makanan – Zat kimia adalah semua materi dengan komposisi kimia tertentu. Sebagai contoh, suatu cuplikan air memiliki sifat yang sama dan rasio hidrogen terhadap oksigen yang sama baik jika cuplikan tersebut diambil dari sungai maupun dibuat di laboratorium.

Begitu banyak jenis bahaya bahan kimia yang ada pada hampir semua produk yang dipakai masyarakat diseluruh dunia sehingga tidak heran jika berbagai macam keluhan penyakit muncul dalam gejala dan bentuk yang berbeda-beda.

Bahaya Bahan Kimia Pada Produk Makanan

Bahaya Bahan Kimia Pada Produk Makanan

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi dan artikel yang membahas tentang Bahaya Bahan Kimia Pada Produk Makanan. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, langsung saja anda menyimak ulasan artikel berikut ini :

1. Monosodium glutamat (MSG)

MSG atau sering disebut vetsin adalah penyedap masakan yang sudah populer didunia karena mampu melezatkan setiap masakan apa saja. Misalnya mie, Bakso, Sup, Soto, Capcay dan sebagainya. Namun bahaya bahan kimia tersebut terbukti nyata ketika seseorang mengkonsumsi secara berlebihan dan selama bertahun tahun maka dapat menyebabkan regenerasi dan nekrosi pada sel neuron secara bertahap, Merusak DNA, Merusak jaringan ginjal, Hati, Jaringan lemak dan memicu pertumbuhan kanker pada otak dan memecah serta mutasi sel. Baca juga Bahaya Bahan Kimia Buat Kesehatan Manusia

2. Siklamat (Cyclamate)

Zat kimia siklamat berwarna putih, Tak berbau namun rasanya sangat manis bahkan melebihi manisnya gula tebu. Zat ini biasa dipakai untuk pemanis buatan yang jika dikonsumsi terlalu banyak dan jangka panjang menimbulkan kerusakan dan kelainan pada kromosom sel sel tubuh. Bahaya bahan kimia siklamat sangat berbahaya jika ibu hamil mengkonsumsinya selama masa kehamilannya hingga masa persalinan maka bayinya akan menderita cacat ketika dilahirkan.

3. Nitrosamin (Sodium nitrit)

Nitrosamin merupakan garam yang berwarna semu kekuningan yang bisa berbentuk bubuk, Kristal dan Bongkahan. Zat kimia nitrosamin biasa terdapat pada sosis, Kornet, Dendeng dan lain lain. Zat nitrosamin dalam kadar yang tinggi dapat bersifat karsinogenik yang menyebabkan keracunan.

4. Sakarin saccharin

Berbentuk bubuk halus berwarna putih, Bahaya bahan kimia jenis sakarin cenderung tidak berbau dan memiliki citarasa yang sangat manis bahkan lebih manis 500 kali dari gula biasa. Gula jenis nitrasomin sering digunakan sebagai pengganti gula, Tetapi penggunaan yang berlebihan terus menerus dan sudah masuk pada tahap kecanduan maka dapat menyebabkan munculnya sel kanker mukosa, Kanker kandung kemih dan kemandulan dan kegagalan air mani bagi kaum pria.

Demikianlah postingan artikel mengenai Bahaya Bahan Kimia Pada Produk Makanan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih waspadah ketika anda memilih untuk mebeli produk makanan cepat saji dibandingkan dengan membuat makanan sendiri. Sekian dan terima kasih telah meramaikan dan menjadi pengunjung setiap di WordPres tercinta kami.