Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering Dan Kusam

Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering Dan Kusam –  Cara melembabkan kulit wajah yang kering dan kusam bisa dilakukan dengan bantuan bahan-bahan alami. Kulit wajah yang kering dan kusam memang mengganggu penampilan dan membuat kita tak percaya diri. Selain produk kosmetik yang memang berfungsi melembabkan kulit, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan. 

Selain itu, yang harus anda juga ketahui. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit kering dan kusam juga perlu dihindari. Faktor-faktor tersebut antara alain :

  • Kekurangan asupan mineral seperti kurang minum atau kurang makan buah-buahan
  • Kekurangan asupan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin B dan E
  • Menggunakan produk kosmetik yang kurang tepat
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu

Selain faktor yang dapat dihindari tersebut ada juga faktor genetik sehingga memiliki kulit kering menjadi tak bisa dihindari. Perawatan kulit tersebut perlu dilakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan lembab.

Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering Dan Kusam

Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering Dan Kusam

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit wajah di antaranya adalah :

1. Avokad

Buah avokad memiliki kandungan gizi yang baik dan enak untuk dimakan. Ternyata selain dimakan, avokad dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah. Vitamin yang terdapat dalam avokad adalah vitamin A dan vitamin yang baik bagi kulit. Cara menggunakan avokad yaitu dengan menghancurkannya dan mengaplikasikannya pada wajah seperti masker.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang juga sering direkomendasikan sebagai tips melembabkan kulit dan melepaskan sel kulit mati. Cara menggunakan minyak zaitun yaitu dengan mencampurkannya dengan kuning telur dan perasan air jeruk lemon. Setelah tercampur baru dioleskan pada wajah sebagai masker. Setelah didiamkan selama beberapa menit maka dapat dibersihkan dengan air dingin.

Baca juga Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak Dan Kering

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan misalnya untuk kesehatan kulit dan rambut. Lidah buaya dapat berfungsi untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Sebenarnya jenis kulit lainnya juga bisa diberi perawatan dengan lidah buaya tidak hanya kulit kering saja. Bagian lidah buaya yang dipakai adalah dagingnya yang bisa dipakai sendirian ataupun dicampurkan dengan bahan alami lain seperti air jeruk nipis.

4. Jagung muda

Jagung muda memiliki kandungan vitamin C dan dapat mengontrol pengeluaran minyak berlebih pada kulit. Selain melembabkan kulit, jagung muda juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Antioksidan dalam jagung muda bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Cara menggunakannya yaitu dengan menghaluskan jagung muda dan membuatnya menjadi masker wajah. Tunggu beberapa saat lalu bersihkan air, cuci muka sampai bersih.

5. Sabun Khusus Wajah

Tips agar wajah tidak kusam yang berikutnya yaitu menggunakan sabun khusus untuk wajah. Kulit bagian wajah lebih sensitive dari bagian tubuh lain, sehingga tidak dibenarkan menggunakan sabun badan untuk wajah. Ini karena bisa membuat wajah kering, kasar, dan terlihat kusam. Sebaiknya lihatlah dulu komposisi pada produk dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit anda yang berminyak ataupun kering.

6. Gunakan Tabir Surya

Sinar UV yang terdapat pada paparan sinar matahari juga merupakan penyebab kulit kusam. Sebaiknya gunakanlah tabir surya yang mengandung PF minimal 15 pada pagi hari sebelum beraktivitas, ini agar kulit terlindungi dari sinar UV yang berpengaruh buruk pada sel kulit. Selain itu sebaiknya kurangi aktivitas di luar ruangan mulai jam 10 sampai jam 2 sore, saat matahari bersinar terik.

7. Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup

Cukupilah kebutuhan air putih anda minimal 8 gelas perharinya. Air putih berperan dalam melancarkan kerja sel tubuh, melancarkan pencernaan, mengeluarkan atau mendetoks racun dalam tubuh, termasuk juga menjaga kelembaban kulit dari dalam. Sehingga kulit yang terpenuhi kebutuhan airnya akan terlihat segar dan cerah alami. Tips agar wajah tidak kusam yang satu ini meskipun sangat simpel, namun biasanya masih sering terlupa oleh kebanyakan orang.

8. Atur pola makan

Mulai sekarang hindarilah mengonsumsi makanan sampah (junk food) yang tidak baik untuk kesehatan, termasuk kecantikan kulit. Konsumsilah banyak sayur dan buah, antioksidan dan berbagai vitamin yang terdapat pada sayur dan buah sangat baik untuk sel kulit wajah, dan menjaganya agar tidak kusam.

9. Menggunakan Masker

Menggunakan masker dianggap efektif sebagai tips agar wajah tidak kusam, ini karena nutrisi dari bahan yang digunakan meresap langsung pada kulit wajah. Beberapa masker dari bahan alami yang dapat anda buat dan pakai sendiri di rumah untuk perawatan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Masker putih telur, putih telur dipercaya mampu menutrisi kulit wajah, menghilangkan flek hitam, mengangkat komedo dan minyak berlebih yang menempel pada wajah, juga mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Caranya : pisahkan kuning dan putih telur. Oleskan putih telur merata pada wajah. Sebaiknya sebelum memakai masker ini, uapi terlebih dahulu wajah anda agar pori-pori terbuka. Diamkan hingga mengering kemudian bilas hingga bersih.

Masker jeruk nipis, gunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker wajah. Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu mencerahkan wajah yang kusam dan mengecilkan pori. Selain murah juga mudah, namun perlu diperhatikan untuk tidak menggunakannya di area mata.

Masker kentang, buah yang biasa dijadikan bahan masakan ini ternyata ampuh untuk mencerahkan kulit. Kupas dan bersihkan kentang ukuran sedang. kemudian campurkan dengan madu secukupnya. Gunakan sebagai masker selama 20 menit dan bilas dengan bersih.

Demikianlah informasi dan penjelasan artikel yang kami bagikan pada kali ini, berhubungan dengan Cara Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering Dan Kusam. Semoga bermanfaat. Lihat juga Kebiasaan Buruk Membuat Wajah Kusam