Cara Memakai Sunblock Wajah Yang Benar

Cara Memakai Sunblock Wajah Yang Benar – Pada kesempatan kali ini, admin akan bagikan informasi dan artikel yang ada hubungannya dengan Cara Memakai Sunblock Wajah Yang Benar. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, langsung saja anda menyimak penjelasan berikut ini.

Sunblock merupakan istilah lain dari tabir surya yang berfungsi dalam memberi perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari sekaligus dapat mencegah munculnya spot atau bintik hitam pada kulit kita.

Cara Memakai Sunblock Wajah Yang Benar

Cara Memakai Sunblock Wajah Yang Benar

 

Sunblock wajah berfungsi untuk memberikan perlindungan dari bahaya sinar UVA dan UVB. Waspadai kedua jenis sinar ultraviolet ini karena dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Sinar UVA memang tidak menyebabkan kulit terbakar, namun jika kulit terpapar sinar ini dalam jangka panjang akan memicu kemunculan keriput dan membuat kulit mengalami penuaan dini. Baca juga Merawat Wajah

Agar sunblock bisa melindungi kulit Anda dengan baik, pilih yang mengandung SPF (sun protection factor). Yang tidak kalah penting, pemakaian sunblock pun harus benar, termasuk ketika menggunakannya bersamaan dengan make up.

Masih banyak orang yang belum paham cara mengaplikasikan sunblock pada wajah yang juga dibubuhi make up. Agar Anda tidak bingung, coba ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pilihlah sunblock wajah dengan SPF 30 atau 50

Untuk aktivitas sehari-hari, cukup gunakan sunblock dengan SPF 30. Apabila Anda akan beraktivitas sepanjang hari di tempat yang terkena sinar matahari langsung, gunakan sunblock dengan SPF 50. Meskipun banyak produk yang menawarkan SPF di atas 50, Anda tidak perlu menggunakannya. Sebab, SPF di atas 50 tidak akan memberikan banyak efek yang lebih kuat.

Jangan salah, meskipun Anda beraktivitas di tempat teduh, sinar matahari tetap memancarkan radiasi. Jadi, saat beraktivitas di luar ruangan, bagaimana pun cuacanya, tetap gunakan sunblock yang dilengkapi SPF.

2. Oleskan ke seluruh area sekitar wajah secara merata

Sebelum menggunakan make up, oleskan sunblock ke seluruh wajah. Pastikan Anda benar-benar mengoleskannya secara rata dan cukup. Jangan mengoleskan terlalu sedikit demi menjaga kesehatan kulit dari radiasi yang dipancarkan oleh matahari. Pastikan juga jangan ada bagian yang tidak tertutup sunblock, termasuk leher dan telinga.

3. Diamkan sebentar

Setelah mengoleskan sunblock wajah secara merata, tepuk-tepuk wajah. Hindari meratakan sunblock dengan cara menggosoknya agar kulit tidak mengalami iritasi. Setelah itu, jangan langsung memakai make up. Diamkan selama 3-5 menit agar sunblock meresap ke dalam kulit.

4. Pakai make up

Pada umumnya, masalah yang akan dihadapi adalah terjadinya penumpukan antara lapisan sunblock dan alas bedak sehingga wajah terkesan tebal dan tampak seperti mengenakan topeng. Agar hal ini tidak terjadi, pakailah alas bedak berupa krim atau losion. Kedua jenis alas bedak ini dapat menyatu sempurna dengan sunblock. Setelah itu lanjutkan dengan pemberian make up lain yang biasa Anda pakai. Hindari juga memakai pelembap setelah pemakaian sunblock.

5. Hapus make up

Anda perlu mengoleskan sunblock kembali tiap dua jam. Pada saat menggunakan sunblock lagi, hapus dahulu make up Anda, barulah ulangi penggunaan sunblock. Mungkin hal ini akan sedikit membuat Anda repot, namun menggunakan sunblock wajah di atas make up tidak akan efektif dalam menangkal radiasi.

6. Gunakan sunblock wajah dalam bentuk semprotan

Anda tetap ingin mempertahankan make up agar tidak rusak? Kalau begitu, ada pilihan lain, yaitu menggunakan sunblock semprot. Cara yang benar dalam menggunakannya adalah dengan memejamkan mata dan tahan napas, lalu semprotkan sunblock ke seluruh wajah secara merata. Jangan ragu, semprotkan agak banyak untuk mencukupi kebutuhan lalu diamkan hingga mengering. Berbeda dengan sunblock krim, sunblock semprot perlu diulangi pemakaiannya tiap satu jam.

Melihat pentingnya sunblock untuk kesehatan kulit, jangan malas menggunakan sunblock wajah, terutama saat beraktivitas di luar ruangan pada pukul 10.00-14.00. Meskipun cuaca sedang mendung, sinar ultraviolet tetap aktif memancarkan radiasi yang berpotensi merusak kulit. Jadi intinya, selalu aplikasikan sunblock saat beraktivitas di luar ruangan.

Untuk menghindari efek negatif sunblock pada kulit ada baiknya untuk memperhatikan cara lain memakai sunblock yang benar di bawah ini:

  • Oleskan sunblock secara merata pada bagian kulit yang tidak terlindungi, Jangan ragu untuk mengoleskan sunblock ini sedikit tebal untuk menjaga kemungkinan sinar matahari dapat menembus kulit kita.
  • Bersihkan kulit wajah anda sebelum dan setelah menerapkan sunblock ini agar pori-pori kulit tidak  mengalami penyumbatan.
  • Agar sunblock anda bekerja secara efektif, jangan memberikan kosmetika lain dikulit anda sebelum menerapkan sunblock anda. Jadi, gunakan sunblock sebagai lapisan pertama diatas kulit anda sekitar 10 hingga 15 menit baru kemudian dapat menerapkan kosmetika lain yang anda inginkan.
  • Sunblock memerlukan waktu setidaknya 10 menit untuk dapat menyerap ke dalam kulit anda. Jadi jangan pergi di bawah sinar matahari langsung sebelum itu.
  • Untuk memberikan perlindungan kulit yang baik, sebaiknya memakai sunblock ini setiap hari tak terkecuali saat cuaca dalam keadaan mendung.
  • Jangan gunakan sunblock pada bibir anda tetapi gunakanlah lip balm dengan SPF 15 dan biarkan lip balm anda meresap sebelum menerapkan lipstik anda.
  • Pilih sunblock yang mengandung perlindungan sinar UV seperti  UV-A dan UV-B, dengan SPF di atas 15 karena umumnya sunblock yang  mengandung SPF kurang dari 15 hanya dikategorikan sebagai sunscreen atau bahan  penyaring sinar UV saja dan tidak memberikan perlindngan  secara total.

Demikianlah postingan yang kami bagikan pada kali ini, yang membahas tentang Cara Memakai Sunblock Wajah Yang Benar. Semoga bermanfaat dan membuat anda lebih mengetahui cara memakai sunblock yang benar.