Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat Pengertian Stamina adalah tingkat yang lebih tinggi dari daya tahan (endurance). Otomatis kemampuan aerobiknya lebih tinggi dari pada kemampuan aerobik pada daya tahan bahkan dirubah menjadi kemampuan anaerobik.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang membahas tentang Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda menyimak penjelasan berikut ini :

1. Banyak minum air putih

Tubuh kita 70% terdiri atas air sehingga jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Dengan banyak minum air, akan membantu tubuh untuk membuang toxin yang ada di dalam tubuh. Kekurangan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain, dan cepat stres.

Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat

Ketika kamu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu tentu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berabagai bakteri dan virus. Jadi saat kamu beraktifitas keluar ruangan jangan lupa untuk selalu membawa air putih dalam botol ya sobat, sehingga ketika kamu merasa haus kamu langsung bisa minum air. Baca juga Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Tanpa Minum Obat

Jadikan kebiasaan membawa air putih ini menjadi kewajiban untuk kamu lakukan, saat sedng dirumah pun selalu sediakan air putih di di dekat meja belajar ataupun meja kerja kamu sehingga kebutuhan cairan tubuh akan selalu saat terjaga. Biasanya kita kan merasa malas mengambil minum ketika kita sedang fokus nah menyiapkan minum di dekat meja belajar atau kerj menjadi solusi yang paling baik. Tidak mau rugi kan kalau pada kesempatan yang penting kammu malah sakit.

Perlu diingat, minum air tidak harus air putih kamu bisa selingi dengan minum jus, teh atau minuman apa yang kamu suka tentu secukupnya saja.

2. Hirup udara terbuka

Jika kamu sudah merasakan penat dan sesak segeralah mencari udara yang terbuka. Udara yang terbuka memiliki banyak pasokan oksigen yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Udara yang terbuka juga dapat menenangkan pikiran dan setelah tenang kamu dapat lanjut bekerja.

Sesekali atau sekali dalam seminggu ada baiknya kamu menyegarkan diri di tempat-tempat yang sejuk seperti pegunungan, taman atau tempat yang masih rimbun dengan pohon-pohon hijau untuk menghilangkan stres setelah sepekan penuh dengan rutinitas yang membuat stres. Berolahrag di ruang terbuka juga salah satu hal yang membuat kamu memperoleh umur panjang.

3. Tidur secukupnya

Banyak beranggapan bahwa tidur 7-8 jam akan membuang waktu yang produktif sehingga banyak pekerja atau mahasiswa nglembur nyampek pagi dan hanya tidur beberapa saat sebelum kembali beraktifitas. Namun tanpa disadari bahwa kebiasaan tersebut sangat merugikan fisik dan mental.

Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisikpun akan lebih rentan tertular penyakit. Saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tidur juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu karena hormon kortisol yang dikeluar saat tidur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.

4. Konsumsi banyak protein

Protein penting untuk tubuh, karena fungsi protein sebagai zat pembangun dalam tubuh. Kekurangan protein tentu akan membuat tubuh kita menjadi tidak stabil jika sudah begitu pasti tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang timbul akibat kekurangan protein antara lain rambut rontok, perubahan warna kulit, luka lama sembuhnya, terkena masalah pencernaan, kurang cairan, terjadi kerusakan pada liver dan penurunan daya tahan tubuh. Makanan apa saja yang menjadi sumber protein agar tubuh tidak kekurangan protein?

Kamu bisa mengkonsumsi, kacang-kacangan, telur, kubis dan susu meruapkan salah satu sumber protein yang baik karena asam amino yang terdapat dalam protein dapat membantu membentuk sel-sel yang berperan dalam daya tahan tubuh.

5. Berolahraga

Olahraga cukup agar tubuh sehat. Kalimat itu tentu bakan hanya kata-kata belaka. Karena dengan berolah raga akan membuat metabolisme dalam tubuh tinggi. Saat keringat bercucuran maka akan banyak racun tubuh yang dilepas. Selai itu olahraga juga akan membuat tubuh segar dan bugar.

Melakukan olahraga rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jika daya tahan tubuh kita bagus maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak juga akan lancar sehingga otak juga akan bekerja lebih maksimal.

Penting juga Rahasia Sehat Katy Perry Tetap Sehat Dan Tetap Bugar

6. Hindari stress

Cuaca yang panas dan jalanan macet tentu akan mmebuat kita stres. Stres ini juga akan membahayakan bagi ksehatan. Ketika sedang stres maka otak akan meicu pelepasan hormon adreanalin dan kortisol. Adrenalin dapat meningkata denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol dapat menaikkan gula darah.

Stres ini dapat merusak sistem imun alami tubuh yang dirancang untuk melindung tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Untuk menghindari stres ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan seperti olahraga ringan. Misal kamu bisa bersepeda liling kompleks atau berjalan santai di taman atau tepi sawah. Aktifitas yang kamu lakkan itu akan membuat tubuh kamu rileks dan dapat menurunkan tekanan darah serta dapat menghilangkan stres.

7. Berpikir positif

Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita. Ketika anda melakukan tips itu, maka stamina pada tubuh anda tetap kebal dan tidak mudah diserang penyakit.

8. Makan coklat

Hampir semua orang suka coklat. Selain dapat menenangkan pikiran ternyata coklat adalah salah satu makanan penambah kekebalan tubuh karena coklat merupakan antioksidan konsentrat. Coklat ini akan menjadi sehat asalkan tetap menjaga kadar gulanya dalam taraf minimum, seperti coklat pahit dan bubuk coklat dapat bekerja untuk meningkatkan imunitas.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat dapat mengurangi resiko sakit jantung, membantu menjaga tingkat kolesterol, dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes. Penyajiaan paling sederhana: Secangkir coklat, dengan susu rendah lemak dan gula kadar rendah. Saat kamu mulai merasa tidak anak badan atau merasa lelah segerah mengkonsum coklat hangat agar kamu merasa segar kembali.

Demikianlah postingan artikel menegnai Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Sehat. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda semakin bertambah khusunya di dunia kesehatan. Lihat juga Tips Agar Cepat Sembuh Saat Sakit