Cerita Legenda Tujuh Manusia Harimau

Cerita Legenda Tujuh Manusia HarimauCerita Legenda Tujuh Manusia Harimau adalah sebuah cerita bertema ghaib yang umum menggambarkan sebuah budaya dan tradisi yang ada di Indonesia pada masa silam atau sekarang, dimana kebanyakan masyarakat Nusantara yang terdiri dari berbagai, budaya, adat dan tradisi masih sangat kental dengan hal-hal mistis terutama berkaitan dengan dunia supranatural.

Namun demikian, hal-hal seperti itu sebenarnya tidak hanya terjadi di Indonesia, namun telah menjadi bagian dari budaya semua negara di dunia. Hanya saja mungkin implementasi dan penerapannya saja yang berbeda.

Cerita Legenda Tujuh Manusia Harimau

Cerita Legenda Tujuh Manusia Harimau

Di Afika misalnya, hal-hal yang berbau mistis seperti santet lebih dikenal dengan istilah Voodo, di Negara-bagara barat seperti di Amerika yang sudah terkenal sebagai negara modern dan maju masih percaya istilah ‘Black Magic’, sedangkan di Arab lebih dikenal dengan sebutan ‘sihir’ dan sudah ada sejak zaman Nabi.

Di Indonesia dikenal dengan berbagai istilah seperti teluh, santet, pelet dan lain-lain tapi memiliki tujuan berbeda sesuai keingian mereka yang melakukan. Lelaku atau perbuatan seperti memanfaatkan kekuatan ghaib yang umumnya melibatkan makhluk halus berupa jin dan setan. Untuk memanfaatkan makhluk halus (jin) seseorang harus melakukan lelaku yang tidak ringan sehingga bisa menaklukan jin dan setan sebagai kaki tangan

Latar Belakang Kisah 7 Manusia Harimau

Kisah 7 manusia harimau diambil dari sebuah novel Karya Motinggo Boesje, Lahir di Kupang Kota, Lampung 21 November 1937. Novel karangan Motinggo Boesje berlatar belakang sebuah budaya yang ada di sebuah Desa bernama Desa Kumayan Jati di wilayah pedalaman Sumatera Selatan.

Kisah itu menceritakan tentang 7 manusia harimau yang ada di Desa Kumayan. Sepak terjang mereka membuat desa tersebut sebagai desa yang paling di segani dan ditakuti semua orang terutama orang-orang orang baru yang hendak menetap didesa tersebut.

Karena bagi mereka yang hendak tinggal di Desa tersebut harus tunduk dengan segala aturan yang berlaku sesuai kehendak penguasa yang ada di sana yang tak lain adalah orang-orang pintar yang bisa menjelma menjadi manusia harimau. Kisah itu bermula sejak kedatangan seorang pemuda bernama ‘Gumara’ seorang pemuda berprofesi sebagai guru SMA yang di tugaskan di Desa tersebut.

Gumara sendiri tak lain adalah salah satu dari 7 manusia harimau atau cikal bakal Manusia harimau Desa Kumayan. Hanya saja Gumara yang sejak kecil tinggal di Jakarta bersama ibunya tidak menyadari kalau dirinya adalah bagian dari harimau yang ada di Desa tersebut.

Sosok pemuda ganteng dan rendah hati itu tak pernah menampakkan bahwa dirinya memiliki kelebihan dan bisa menjelma menjadi harimau, sehingga ia selalu bersikap rendah hati dan ramh pada siapapun. Ia juga selalu berusaha untuk menahan diri agar tidak marah yang dapat memicu dirinya berubah wujud menjadi manusia harimau.

Namun sejak Gumara tinggal di Desa Kumayan dan menjadi guru di salah satu sekolah menengah atas, ada banyak hal yang menimpa dirinya dan termasuk harus menghadapi orang-orang yang tidak menginginkan kehadirannya di Desa tersebut seperti di teluh oleh istri mantan guru tempat ia mengajar dan dimusuhi pemuda yang menaruh hati pada anak Lebai Karat karena cemburu.

Untuk mengetahui kisah legenda 7 manusia harimau bisa anda melihatnya langsung di salah satu tv swasta dan tayang setiap hari. Cerita legenda 7 manusia harimau merupakan sebuah kisah fantasi berlatar belakang budaya Indonesia dengan tema hal-hal ghaib yang dipercaya hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Demikianlah postingan artikel mengenai Cerita Legenda Tujuh Manusia Harimau. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai berbagai macam cerita legenda yang ada di negeri tercinta kita Indonesia ini.