Dasar Pengobatan Ala Rasulullah Saw

Dasar Pengobatan Ala Rasulullah Saw -Alhamdulillah pada kesempatan yang sama-sama berkah ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang membahas tentang Dasar Pengobatan Ala Rasulullah Saw. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini :

Rasulullah Saw adalah suri tauladan terbaik bagi kita umat islam (QS.33:21). Suri tauladan tersebut mencakup semua aspek kehidupan kita, termasuk dalam memelihara kesehatan atau berobat dan mengobati orang sakit.

Dasar Pengobatan Ala Rasulullah Saw

Dasar Pengobatan Ala Rasulullah Saw

Allah Swt berfirman :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya : “ Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS.33:21). Baca juga Cara Pola Hidup Sehat Ala Rasululullah Saw

  1. Keyakinan bahwa allah swt yang maha penyembuh
  2. Menggunakan obat halalan wa thoyyiban
  3. Tidak menimbulkan mudharat
  4. Pengobatan tidak bersifat tbc (tahayul, bid’ah & churafat)
  5. Selalu mencari yang lebih baik (ikhtiar & tawakal)

Doa Rasululullah Saw ketika beliau sedang jatuh sakit :

Muhammad Rosulullah saw. menerangkan, “Ada tiga orang yang sekali- kali tidak akan ditolak doanya oleh Allah SWT, ialah orang yang sedang berpuasa sampai waktu menjelang berbuka, kepala negara yang adil, dan orang yang teraniaya.” (HR. Tirmidzi dari Abu Huroiroh ra.)

Doa Rasululullah Saw ketika beliau sedang jatuh sakit

Doa Rasululullah Saw ketika beliau sedang jatuh sakit

Jika doa-doa yang telah kita panjatklan belum terkabulkan, bukan berarti bahwa doa kita tersebut ditolak. Muhammad Rosulullah saw. bersabda: “Apabila seorang muslim menyungkurkan wajahnya (sujud) kepada Allah dalam memohon sesuatu, pasti Allah memberinya. Dan pemberian itu disegerakan atau menjadi simpanan di akhirat”. (HR. Ahmad dari Abu Huroiroh ra.).

Sumber-sumber pengobatan Rasulullah Saw :

  • Dalam Shahih Al-Bukhari diriwayatkan dari Said Bin Jubair, dari Ibnu Abbas, dari Nabi Sholallahu alaihi wasalam “Kesembuhan itu ada 3, dengan meminumkan madu (bisyurbata ‘asala), sayatan pisau hijamah (syurthota mihjam), dan dengan besi panas (kayta naar) dan aku melarang ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas.”
  • “Gunakanlah dua penyembuh; Al Qur’an dan Madu” (HR. Ath Thabrani dari Abu Hurairah)

Demikianlah Dasar Pengobatan Ala Rasulullah Saw yang kami bagikan pada kesempatan yang sama berkah ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, kita semua semakin mendekatkan diri kita kepada Allah Swt Aamiin…