Hari Bersejarah Di Bulan November

Hari Bersejarah Di Bulan Nopember – NoVember adalah bulan kesebelas tahun dalam Kalender Gregorian. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda yang mengambil dari bahasa Latin; novem yang berarti “sembilan” karena dahulu kala tahun bermula pada bulan Maret. Bulan ini memiliki 30 hari. Variasi pengejaan nonbaku yang kadang-kadang (namun tidak dianjurkan) dipakai adalah “Nopember”.

Hari Bersejarah Di Bulan November

Hari Bersejarah Di Bulan November

Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlwan. Namun, banyak juga peristiwa bersejarah yang diperingati di bulan ini. Berikut beberapa hari-hari penting nasional maupun internasional di bulan November yang akan dibagikan oleh admin adalah :

1 November: Hari Inovasi Indonesia

Pada tanggal 1 November merupakan hari inovasi bagi Indonesia. Hari inovasi merupakan suatau hari yang mengingatkan individu. Tentang pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia untuk menciptakan budaya inovatif. Untuk terciptanya produk dan layanan inovatif bagi kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia. Handi Irawan D, adalah seorang chairmen dari Tera Foundation yang melahirkan Penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) dan juga sebagai seseorang yang meresmikan Hari Inovasi Indonesia.

5 November: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Pada tahun 1993 untuk pertama kalinya hari cinta puspa dan satwa nasional diperingati. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa Indonesia.

06 November: Hari Internasional Bagi Penyelamatan Lingkungan Dari Perang dan Konflik Bersenjata

Pada tanggal 5 November 2001, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 6 November setiap tahunnya sebagai International Day for Preventing the Exploitation of the Environment in War and Armed Conflict melalui Resolusi 56/4. Peringatan ini untuk melindungi lingkungan dari berbagai kerusakan akibat konflik bersenjata.

8 November: Hari Perencanaan Kota Dunia

Penetapan dan peringatan Hari Perencanaan Kota Dunia atau biasa disebut dengan World Town Planning Day (WTPD) yang ditetapkan pada tanggal 8 November 1949 merupakan salah satu bentuk kebangkitan tata ruang kita. Kegiatan ini sebagai agenda rutin setiap tahunnya di 30 negara pada 4 (empat) benua sebagai ajang untuk mengangkat peran penataan ruang dalam menciptakan lingkungan perkotaan yang layak huni (livable environment). Secara historis, ide peringatan World Town Planning Day (WTPD) dicetuskan Prof Carlos Maria della Paolera dari University of Buenos Aires –Argentina pada tahun 1949. Sejak itu peringatan WTPD secara rutin dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran serta apresiasi publik dan profesional terhadap upaya penataan ruang, baik secara lokal maupun global.

9 November: Hari Penemu

Inventor’s Day merupakan hari yang dirayakan setiap tahun dibanyak negara untuk memberikan penghargaan atas kontribusi penemu. Tidak semua negara merayakannya, dan setiap negara merayakannya berbeda-beda.

9 November: Hari Kebebasan Sedunia

World Freedom Day dideklarasikan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush untuk memperingati runtuhnya tembok Berlin dan bebasnya Eropa Tengah dan Timur dari komunis. Peringatan ini dimulai pada tahun 2001 dan dirayakan setiap tanggal 9 November. Pada tanggal 9 November 1989, Tembok Berlin runtuh oleh kekuatan manusia yang menginginkan kebebasan.

Pada tahun 1993 untuk pertama kalinya hari cinta puspa dan satwa nasional diperingati. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa Indonesia.

10 November: Hari Pahlawan

10 November 1945 merupakan peristiwa penting yaitu Pertempuran Surabaya sebuah peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dengan pasukan Britania Raya, di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dan setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan.

10 November: Hari Ganefo

Ganefo (Game of New Emerging Forces) merupakan sebuah event pertandingan yang didirikan tahun 1960 oleh Indonesia sebagai kompetisi multinasional untuk Olimpiade Internasional dalam olahraga global. Ganefo secara resmi diakui tahun 1963 oleh 36 negara.

11 November: Hari Bangunan Indonesia

Pada tanggal 11 November diusulkan sebagai Hari Bangunan Indonesia. 11 November dapat dipahami sebagai simbol yang kokoh dimana terdiri dari 4 angka satu (11-11), dimana bangunan yang kokoh setidaknya berdiri diatas 4 pilar yang kokoh tersebut.

12 November: Hari Ayah Nasional

Hari ayah adalah hari untuk menghormati ayah. walaupun hari ayah tidak seterkenal hari ibu, tetapi masyarakat tetap memperingati hari ayah sebagai bentuk kasih sayang terhadap sosok ayah. Indonesia sendiri memperingati hari ayah pada tanggal 12 November. Pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2016, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

12 November: Hari Kesehatan Nasional

Pada tanggal 12 November 1964, di desa Kalasan, Yogyakarta, Presiden Soekarno kala itu melakukan penyemprotan pertama secara simbolis dan hari itu ditetapkan sebagai hari kesehatan nasional. Penyemprotan dilakukan secara masal ke rumah-rumah penduduk yang ada di pulau Jawa dan Bali, sebagai bentuk pemberantasan penyakit Malaria.

14 November: Hari Brigade Mobil (Brimob)

Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa. Kesatuan ini pada mulanya diberikan tugas untuk melucuti senjata tentaraJepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibukota. Brimob turut berjuang dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Pada 14 November 1946 Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) atau Brigade Mobil (Brimob) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa.

14 November: Hari Diabetes Internasional

Hari Diabetes Sedunia adalah sebuah kampanye kesadaran diabetes terbesar di dunia yang menjangkau khalayak global ;ebih dari 1 miliar orang di lebih dari 160 negara. Pada tahun 1991, IDF dan Organisasi Kesehatan Dunia menciptakan hari diabetes sedunia sebagai tanggapan atas meningkatnya kekhawatiran tentang meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes.

Hari diabetes sedunia menjadi hari Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diresmikan di tahun 2006 dengan berlakunya United Nation Resolution 61/225.

16 November: Hari Toleransi Internasional

International Day for Tolerance merupakan perayaan tahunan yang dideklarasikan oleh UNESCO pada tahun 1995 untuk membangun kesadaran publik akan bahaya sikap tidak toleran.

17 November: Hari Suez

17 November: Hari Pelajar Internasional

Tanggal tersebut diperingati untuk mengenang peristiwa pada tahun 1939, saat Nazi menyerang Universitas Praha setelah terjadi demonstrasi menentang pembunuhan Jan Opletal dan hukuman mati kepada sembilan pemimpin mahasiswa, lebih dari 1200 mahasiswa dikirim ke kamp konsentrasi dan menutup seluruh universitas dan sekolah di Cek.

Hari tersebut pertama kali diperingati pada tahun 1941 di London oleh International Students’ Council. National Unions of Students di Eropa dan perkumpulan lainnya aktif menyuarakan agar hari tersebut dijadikan hari resmi oleh PBB.

17 November: Hari Kanker Paru-Paru Sedunia

Kanker paru-paru merupakan penyakit yang paling mematikan dari seluruh penyakit kanker. Kanker paru-paru yang mematikan ini sebenarnya bisa dicegah. Tujuan dari peringatan Hari Kanker Paru-paru sedunia difokuskan pada pemberian informasi mengenai pencegahan dari penyakit kronis ini.

19 November: Hari Pria Internasional

International Men’s Day merupakan perayaan internasional yang dirayakan setiap Sabtu pertama bulan November. Setiap negara merayakan peringatan ini berbeda-beda. Organisasi yang memperjuangkan hak-hak pria India, memulai kampanye untuk membangun konsensus agar IMD diperingati setiap tanggal 19 November. Sebagai langkah awal mereka merayakan IMD di India pada 19 November. Saat ini tak kurang dari 20% populasi dunia menerima tanggal tersebut sebagai tanggal peringatan International Men’s Day.

Peringatan ini diajukan oleh Mikhail Gorbachev dan didukung oleh Amerika Serikat di Vienna, serta organisasi lainnya. Tradisi tersebut dimulai pada tahun 1999. Peringatan tersebut merupakan hari besar untuk merayakan penghargaan ekonomi, politik dan sosial kepada pria.

20 November: Hari Anak-anak Sedunia

Hari anak-anak sedunia pertama kali diumumkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1954. Meskipun Hari Anak-Anak Sedunia jatuh pada tanggal 20 November, tapi setiap negara yang berpartisipasi dalam merayakan hari anak-anak sedunia memiliki tanggal tersendiri. Tujuan Sekertaris Jendral Ban Ki-moon dari Perserikatan Bangsa-Bangsa bercita-cita untuk jangkauan agar setiap anak memiliki akses terhadap pendidikan dan bisa bersekolah.

21 November: Hari Pohon Sedunia

Hari Pohon Sedunia diperingati pada tanggal 21 November. Tanggal 21 November dipilih untuk menghormati jasa-jasa dari J. Sterling Morton pada 1872, ia merupakan seorang pecinta alam yang berasal dari Amerika. Ia juga gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Alasannya adalah ia sangat berharap adanya pohon untuk berteduh, pemecah angin dan fungsi pohon lainnya. Tujuan hari pohon yaitu untuk meningkatkan manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup lainnya, untuk mengurangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna dan membuat iklim mikro yang baik.

21 November: Hari Halo Sedunia

Setiap tahun pada 21 November diperingati sebagai World Hello Day. Peringatan ini agar orang mau menyapa paling tidak 10 orang di hari itu. Dengan mengucapkan salam kepada orang, akan memberikan pesan kepada para pemimpin dunia untuk menggunakan komunikasi dibandingkan kekuatan bersenjata dalam menyelesaikan konflik.
Acara ini dimulai sejak tahun 1973 untuk menanggapi konflik antara Mesir dan Israel. Sejak saat itu hari tersebut diikuti pula oleh politisi, pemimpin agama, dan selebriti.

21 November: Hari Televisi Sedunia

Pada Desember 1996 PBB mencanangkan 21 November sebagai World Television Day untuk mengenang bahwa tanggal tersebut menjadi awal terbentuknya World Television Forum pada tahun 1996.

22 November: Hari Perhubungan Darat

24 November: Hari Evolusi

Evolution Day merupakan hari peringatan ulang tahun penerbitan pertama The Origin of Species karya Charles Darwin pada tanggal 24 November 1859.

25 November: Hari Guru

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Di dalam kongres ini, 25 November 1945, seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

25 November: Hari Internasional Kekerasan Terhadap Perempuan

Tanggal 25 November tahun 1960 di Dominika, dua perempuan aktivitas kakak beradik Mirabel, (Patricia dan Maria Theresia) disiksa dan dibunuh oleh diktator penguasa saat itu.

Tahun 1981 Kongres Feminis Latin Amerika dan Kep. Karibia mencatat dan memberi tekanan mengenai peristiwa itu. Kongres kemudian menyatakan bahwa kekerasan yang didasarkan pada jenis kelamin dan gender terjadi. Saat itu yang menjadi perhatian di antaranya adalah pemukulan dan kekerasan dalam rumah tangga. Kongres Feminis itu kemudian memutuskan untuk mengenang 25 November sebagai Hari Internasional anti Kekerasan terhadap Perempuan.

Tahun 1993, Kongres Feminis Internasional mencanangkan bahwa setiap tahunnya selama 16 hari mulai 25-10 Desember sebagai masa kampanye penghapusan kekerasan terhadap perempuan.
Sedangkan di Kanada, setiap tanggal 6 Desember diperingati sebagai hari mengenang terbunuhnya 14 mahasiswi politeknik yang dibunuh karena dianggap mengambil alih pendidikan laki-laki.

26 November: Hari Tanpa Belanja

Hari Tanpa Belanja diperingati sebagai sebuah bentuk perlawanan terhadap budaya konsumerisme dan telah dimulai sejak 1993 oleh Adbuster, sebuah organisasi nirlaba yang berpusat di Kanada yang bertujuan meningkatkan kesadaran kritis konsumen. Ide awal kegiatan ini berasal dari Ted Dave, pendiri Adbusters. Kini Hari Tanpa Belanja telah dirayakan secara internasional di lebih dari 30 negara.

Amerika Serikat dan Kanada memperingati Hari Tanpa Belanja pada 28 November 2003, sehari setelah perayaan Thanksgiving.

Hari Tanpa Belanja meminta kita untuk memikirkan kembali berbagai pertanyaan sebelum berbelanja di antaranya :

Apakah saya benar-benar memerlukannya?
Berapa banyak yang sudah saya punya?
Seberapa sering saya akan memakainya?
Akan habis berapa lama?
Bisakah saya meminjam saja dari teman atau keluarga?
Bisakah saya melakukannya tanpa barang ini?
Akankah saya bisa membersihkan dan/atau merakitnya sendiri?
Akankah saya bisa memperbaikinya?
Apakah barang ini berkualitas baik?
Bagaimana dengan harga? Apakah ini barang sekali pakai?
Apakah barang ini ramah lingkungan?
Dapatkah didaur-ulang?
Apakah barang ini bisa diganti dengan barang lain yang sudah saya miliki?

28 November: Hari Menanam Pohon Indonesia

Pada tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Berdasarkan hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh masyarakat Indonesia dalam menanam pohon melalui Aksi Penanaman Serentak dan Gerakan Perempuan Tanam Pohon sejak tahun 2007 lalu.

29 November: Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai Badan Usaha Mandiri Negara (BUMN), Badan Usaha Mandiri Daerah (BUMD) serta anak perusahaan dan perangkat Pemerintah Desa. Korpri didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia.

29 November: Hari Solidaritas Internasional Bagi Rakyat Palestina

International Day of Solidarity with the Palestinian People merupakan hari yang dilaksanakan oleh PBB. Peringatan tersebut diadakan di markas PBB di New York, juga di kantor PBB di Jenewa dan Wina. Pada umumnya diperingati setiap tanggal 29 November untuk menandai kelahiran dari Resolusi 181, tetapi pada tahun 2003 diperingati pada tanggal 1 Desember.

Selain Hari Bersejarah Di Bulan Nopember, ternyata bulan nopember juga mempunyai 8 Karakteristik orang yang lahir bulan November di bawah ini :

1. Punya dedikasi yang tinggi

Orang yang lahir di bulan November dikenal karena dedikasinya yang tinggi. Mereka memiliki tujuan hidup yang jelas dan berusaha menghabiskan seluruh waktu mereka untuk mengejar impian itu.

2. Jujur

Mereka yang lahir di bulan November dikenal sebagai pribadi yang jujur dan sangat terbuka. Mereka selalu memiliki keberanian untuk menyampaikan isi pikiran mereka kepada orang lain.

3. Setia

Orang yang lahir di bulan November tidak hanya setia pada cinta, tetapi juga pada persahabatan, persaudaraan, dan ikatan lainnya. Sikap itu membuat orang-orang di dekatnya selalu ada untuk mereka, ketika mereka menghadapi suatu masalah.

4. Bersemangat

Orang yang lahir di bulan November selalu terlihat bersemangat karena mereka dianugerahi banyak energi. Setiap kali mereka menemukan kesempatan atau hal baru yang menantang, mereka akan menjadi sangat antusias dan bersemangat. Oleh karena itu, mereka jarang mengeluh karena kelelahan.

5. Intuisi

Mereka yang lahir di bulan November memiliki kekuatan intuitif yang sangat kuat. Itu membantu mereka untuk meramalkan kesulitan atau hal-hal negatif yang kemungkinan terjadi di masa depan. Hal ini membuat mereka tidak gampang ditipu.

6. Berani

Mereka selalu siap menghadapi tantangan karena mereka adalah orang yang berani. Sikap itu berhasil membuat orang-orang di sekitar mereka merasa segan dan sekaligus kagum pada mereka.

7. Penuh strategi

Orang yang lahir di bulan November dikenal sebagai seorang ahli strategi yang hebat. Oleh karena itu, mereka sering dijadikan pemimpin di perusahaan atau organisasi yang menaungi mereka.

8. Tidak suka dikekang

Mereka tidak suka dikekang atau dikendalikan oleh orang lain. Mereka sangat mencintai kebebasan dan akan memberontak jika ada orang yang melanggar kebebasan mereka.

Itulah postingan yang admin bagikan pada kali ini, mengenai Hari Bersejarah Di Bulan November. Semoga bermanfaat dan semoga di hari november ini, kita juga mengalami hari atau momen spesial dalam hidup kita masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *