Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang

Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang – Kebanyakan diantara sebagian orang mereka tak tahu bahwa ternyata yang namanya kentang ini berasal dari Amerika Selatan,dan sejak ribuan tahun yang lalu sudah dibudidayakan oleh penduduk disana,tanaman yang satu ini merupakan herba atau tanaman pendek yang tidak berkayu.

Kentang (Solanum tuberosum L.) di Negara Eropa adalah merupakan makanan pokok,orang pertama yang membawa kentang ke Eropa iyalah penjelajah Spanyol dan Portugis,kemudian mengembangbiakan tanaman yang satu ini di Negara tersebut.

Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang

Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang

Kentang adalah jenis tanaman dari suku solanaceae yang memiliki umbi batang dan daun , bunga kentang sangat sempura tersusun majemuk ukuranya cuku besar dengan diameternya kurang lebih 3cm warnanya ungu hingga putih.tanaman semusim ini sangat menyukai iklim yang sejuk,untuk daerah tropis cocoknya ditanam di dataran tinggi. Baca juga Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Berdasarkan penelitian yang namanya kentang ini di Indonesia sudah ada sejak tahun 1794 konon katanya awal mulanya ditanam di daerah Cimahi Jawa Barat,kemudian di pegunungan Tengger ( Seputaran Gunung Bromo ) Jawa Timur sekitar tahun 1812,sedangkan di Sumatera sudah ada sejak tahun 1811.

Di Indonesia sendiri kentang merupakan makanan tambahan ( walaupun ada sebahagian orang yang menjadikanya sebagai makanan pokok ) dengan cara diolah menjadi macam-macam masakan,disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung saat itu.

Mengingat banyak sebagian besar masyarakat tidak tau maka sangat wajar jika mereka memilih untuk mengupas dan membuang kulit kentang. maka dari itu, kami harapkan setelah membaca artikel dan informasi menarik ini kita bisa memaksimalkan manfaat kentang termasuk bagian kulitnya.

Baiklah, langsung saja anda menyimak artikel berikut di bawah ini, yang ada hubungannya dengan Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang. Simak dan perhatikanlah dengan sebaik-baiknya.

1. Kaya akan Vitamin B6

Selain kandungan vitamin C ternyata kulit kentang juga mengandung Vitamin B6. Bagi yang belum tau apa manfaat Vitamin B6 bagi tubuh yaitu jenis vitamin yang berfungsi untuk menunjang kerja sistem kardiovaskular manusia. Selain itu vitamin yang satu ini mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Pada 1 buah kentang beserta kulitnya mampu memenuhi setengah dari kebutuh Vitamin B6 dalam sehari.

2. Sumber Kalium

Jika seserang membutuhkan asupan kalium maka buah pisang adalah buah yang paling disarankan karena kaya akan kandungan kalium. Ternyata selain buah pisang kulit kentang juga kaya akan kandungan kalium. Pada kulit 1 butir kentang mengandung 1.600 mg kalium yang mana jumlah tersebut adalah setengah dari jumlah asupan kalium yang dibutuhkan manusia dalam sehari.

3. Mengandung Vitamin C

Sumber vitamin C biasanya buah yang berwarna kuning dengan rasa yang asam. Maka bisa dipastikan banyak yang tidak menyangka jika kulit kentang juga mengandung vitamin C. Maka dari itu apabila kita mengkonsumsi kentang tanpa dikupas kulitnya bisa dipastikan bahwa kebutuhan Vitamin C tubuh kita telah terpenuhi setengahnya, luar biasa bukan.

4. Kandungan Mangan

Salah satu zat penting lainnya yang terkandung dalam kulit kentang yaitu Zat mangan. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh meskipun bukan dalam jumlah yang besar. Zat mangan ini berperan penting dalam mengolah protein, karbo, dan kolesterol. Saat seseorang mengonsumsi 1 butir kentang beserta kulitnya, maka kebutuhan sepertiga kebutuhan zat mangan untuk tubuh telah terpenuhi.

Demikianlah postingan artikel mengenai Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang. Semoga bermanaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin memperbanyak mengkomsumsi yang namanya buah-buahan khususnya untuk kentang. Karena mengingat khasiat dan manfaatnya sungguh sangat luar biasa.