Khasiat Dan Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Daun Selada Untuk KesehatanSelada (Lactuca sativa) adalah tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika. Kegunaan utama adalah sebagai salad. Produksi selada dunia diperkirakan sekitar 3 juta ton,yang ditanam pada lebih dari 300.000 ha lahan.

Selada memiliki nama latin lactuca sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Selama ini, selada dimanfaatkan sebagai sayuran daun untuk salad dan disebut-sebut sebagai rajanya salad karena teksturnya yang sangat halus. Daun selada dikonsumsi secara mentah dan dapat ditemukan dalam salad atau hamburger. Penulis sendiri lebih senang mengkonsumsi selada sebagai lalapan teman makan sambal.

Khasiat Dan Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan

Selada memiliki beberapa jenis varian, namun yang dikenal secara luas hanya 5 jenis saja. Mereka adalah butterhead (Boston), selada cina, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, dan Summer Crisp (Batavia).

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi dan artikel yang berkaitan dengan Khasiat Dan Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan. Langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini :

1. Mempertahankan fungsi kandung empedu

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan air dalam manfaat selada air memiliki potensi untuk menurunkan risiko pembentukan batu empedu. Baca juga Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh Manusia

2. Mengobati anemia

Kandungan manfaat zat besi dalam selada air memiliki peran penting dalam sintesis hemoglobin serta produksi asam folat, dimana kedua elemen ini sangat penting untuk sel-sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin C dalam sayuran ini dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan benar. Sehingga nantinya akan mencegah anemia karena kekurangan zat besi.

3. Mengatur fungsi tiroid

Selada air juga mengandung yodium, yaitu mineral penting yang berfungsi untuk menjaga kelenjar tiroid. Kekurangan yodium dapat mengganggu sintesis hormon tiroid, yang dapat menimbulkan resiko hipotiroidisme atau gondok.

4. Mengurangi resiko kerusakan DNA

Menurut sebuah penelitian di University of Ulser menyatakan bahwa mengkonsumsi selada air setiap hari dapat membantu mengurangi kerusakan DNA pada sel-sel darah yang selanjutnya melawan kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas secara signifikan.

5. Dapat menurunkan resiko kanker

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, menemukan adanya senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air yang memiliki sifat anti kanker yang signifikan. Hasil percobaan yang melibatkan 60 pria dan wanita sehat yang mengkonsumsi sekitar 1 ½ cangkir selada air segar setiap hari selama delapan minggu, menunjukkan hasil positif yaitu penurunan kadar trigliserida darah dengan rata-rata 10%, dan (33% sampai 100%) peningkatan yang signifikan dalam lutein dan konten betakaroten dalam tubuh mereka.

Selain itu, hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air mampu menekan perkembangan sel kanker payudara. Kandungan manfaat vitamin A dan C pada selada air juga dapat melindungi kulit dari kerusakan berbahaya, yang di picu oleh paparan sinar matahari yang berlebih dan dipercaya sebagai penyebab terjadinya kanker kulit.

6. Pencegah tumor

Sebuah studi yang dilakukan di University of Southampton menemukan bahwa PEITC dalam selada air juga mampu menurunkan resiko terjadinya tumor. Saat tumor mulai berkembang dalam tubuh, senyawa tersebut dapat dengan cepat mengatasi pasokan darah yang ada.Hal ini akan membuat aktivitas jaringan tubuh menjadi normal dan dapat mengirimkan pembuluh darah baru ke tumor untuk memberikan manfaat oksigen dan nutrisi-nutrisi lainnya.

7. Menurunkan kolesterol dan berat badan

Selada air merupakan sejenis sayuran berdaun hijau sangat rendah kalori (hanya 11 kalori per daun mentah 100 g) dan nyaris tak ada lemak di dalamnya. Oleh karena itu para ahli gizi sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi selada air guna mengendalikan kolesterol dalam tubuh, serta pengendalian berat badan.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selada air yang masih segar memiliki konsentrasi asam karbonat (Vitamin C) yang lebih tinggi dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Dari 100 gram daun selada air segar mampu memberikan 47 mg atau sekitar 72% dari RDA vitamin C. Sebagai antioksidan, manfaat vitamin C berfungsi untuk membantu mengatasi radikal bebas.

Studi laboratorium menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya vitamin C secara teratur dapat membantu menjaga jaringan ikat normal, mencegah kekurangan zat besi, serta dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan, sinusitis, dan lain sebagainya.

9. Mejaga kesehatan tulang

Selada air merupakan sumber penghasil alami vitamin K dan manfaat kalsium. Dari 100 gram sajian selada air mampu memberikan lebih dari 200% asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin K memiliki potensi untuk membantu kesehatan tulang dengan cara mempromosikan aktivitas osteotrophic (pembentukan dan memperkuat tulang).

10. Mengurangi resiko kerusakan pada saraf otak (Alzheimar)

Kadar vitamin-K dalam selada air membantu mengurangi resiko kerusakan saraf di otak, dengan demikian selada air dapat berperan dalam pengobatan pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

11. Menjaga fungsi metabolisme tubuh

Manfaat selada air juga kaya akan manfaat vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat yang penting untuk fungsi metabolisme agar tetap optimal.

12. Mengontrol fungsi jantung dan tekanan darah

Selada air juga merupakan jenis sayuran yang kaya akan mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

13. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan pada sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology, makanan yang mengandung nitrat makanan seperti selada air telah terbukti memiliki beberapa manfaat vaskular. Hal ini termasuk mengurangi tekanan darah, menghambat agregasi platelet, dan melestarikan atau memperbaiki disfungsi endotel.

14. Menjaga fungsi saluran pencernakan

Selada air mengandung zat klorofil dalam jumlah yang banyak. Klorofil adalah sumber daya yang luar biasa dari berbagai enzim yang mendukung dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Enzim ini membantu tubuh dalam menyerap berbagai nutrisi dan memastikan pencernaan berlangsung dengan cara yang benar.

15. Mengobati diabetes

Manfaat selada air mengandung alpha-lipoic acid antioksidan, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien diabetes. Sebuah studi terhadap asam alpha-lipoic menunjukkan penurunan neuropati perifer atau neuropati otonom pada penderita diabetes. Berikut ini jenis sayuran lain yang berkhasiat mengobati diabetes :

16. Menurunkan resiko gangguan kardiovaskular

Selada air sangat kaya akan kandungan lutein. Karotenoid antioksidan ini memiliki potensi untuk mencegah timbulnya berbagai kondisi kardiovaskular, seperti penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa leutin dalam diet dapat melindungi arteri dari kerusakan yang disebabkan oleh plak.

17. Menghilangkan mabuk

Dalam selada air juga terkandung enzim yang berfungsi untuk detoksifikasi dan pembersihan hati. Kandungan diuretik alami dalam manfaat sayur sayuran seperti ini, dapat melindungi dari kerusakan hati dan mabuk akibat minuman beralkohol.

18. Menghilangkan racun dalam tubuh

Sebagai antidiuretik alami, selada air merupakan agen detoksifikasi dalam meningkatkan diuresis, sehingga memungkinkan usus besar akan dibersihkan dengan mendorong racun keluar dari tubuh.

19. Mengobati depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa depresi dapat memicu orang memiliki tingkat folat yang rendah. Salah satu penyebab depresi adalah karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Selada air memiliki dampak positif pada depresi yang dipicu oleh kondisi tersebut.

20. Menurunkan resiko stroke

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi folat dalam diet mereka, memiliki peluang yang lebih rendah untuk mengembangkan stroke. Mengkonsumsi 2s ampai 3 porsi selada air, akan memberikan jumlah folat yang diperlukan oleh tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko stroke.

Demikianlah postingan artikel mengenai Khasiat Dan Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan artikel tersebut, bisa menjadi salah satu bahan bacaan dan referensi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan di dunia kesehatan.