Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang berhubungan dengan Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini :

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

 

Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

1. Menambah kualitas sperma pria

Manfaat wortel untuk pria yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang ialah dapat menambah kualitas dari sperma. Hal ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University. Di dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa wortel mempunyai zat anti kanker bernama beta karoten yan tidak hanya membuat seorang pria terhindar dari penyakit kanker namun juga dapat memperbaiki kualitas setiap sel sperma seorang pria.

Kandungan beta karoten pada sayuran wortel rupanya juga dapat digunakan untuk zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bila antioksidan dalam tubuh seorang pria meningkat, maka racun yang menyerang kesehatan tubuh pun dapat ditekan. Dengan begitu, tubuh akan terbebas dari racun dan produksi sperma seorang pria dapat meningkat kualitasnya. Manfaat wortel untuk pria yang kedua ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi jus wortel secara teratur.

2. Kesehatan Mata

Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

3. Kolesterol

Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

4. Mengurangi presentase resiko kanker

Manfaat wortel untuk pria yang pertama ialah mengurangi adanya resiko penyakit kanker. Inilah manfaat tersembunyi dari sebuah sayuran wortel. Wortel diketahui memiliki berbagai macam kandungan dan vitamin. Salah satu kandungan pada wortel yang baik untuk mencegah penyakit kanker bagi pria ialah fosfor dan beta karoten serta hidrat arang.

Beta karoten yang terdapat pada sayuran wortel konon menjadi kandungan yang paling ampuh untuk mencegah tubuh seseorang agar tidak terkena serangan jantung secara mendadak. Bahkan di dalam sebuah penelitian, seseorang yang rutin mengkonsumsi sayuran wortel minimal dua kali dalam sehari dapat mengurangi presentase resiko penyakit kanker hingga kisaran 17 %.

5. Mencegah terkena penyakit jantung

Manfaat wortel untuk pria selanjutnya ialah dapat mencegah terkena penyakit jantung. Tidak banyak kaum pria yang menyadari bahwa sayuran wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dalam studi penelitian lagi-lagi ditemukan zat pada sayuran wortel yang baik untuk kesehatan pria terutama untuk jantung.

Adapun zat yang dimaksud ialah zat alpha karoten serta lutein. Kedua zat ini dipercaya dapat memperkecil kadar kolesterol dalam diri seseorang. Mengapa? Hal ini dikarenakan serat larut yang terdapat pada sayuran wortel segar efektif mengikat kuat asam empedu. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh seseorang dapat dikontrol sehingga resiko penyakit jantung bisa lebih mudah dihindari.

6. Memperkuat Gusi Dan Gigi

Pernahkah anda memakan wortel dengan mengunyahnya? Bila pernah, tentu anda akan merasakan gigi dan gusi kesat. Hal ini dikarenakan serat pada wortel mengikis segala plak yang ada pada gigi dan gusi. Tak hanya itu saja, manfaat wortel untuk pria lainnya yang masih ada kaitannya dengan gusi dan gigi antara lain untuk merangsang gusi seseorang agar mengeluarkan banyak air lir.

Air liur tersebut kemudian akan diubah menjadi alkali. Konon, alkali inilah yang berfungsi untuk membantu keseimbangan keluarnya bakteri pemicu lubang gigi dan pembentuk asam. Selain itu, manfaat wortel untuk pria juga didapat dari kandungan mineralnya yang dipercaya mampu mencegah adanya kerusakan pada gigi.

7. Sembelit

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

8. Mencegah Penyakit Stroke

Penelitian di Universitas Harvard menunjukan jika orang yang mengkonsumsi lebih dari enam buah wortel mentah dalam satu minggu memiliki resiko stroke jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi wortel satu buah wortel dalam bulan.

9. Wortel Mentah Sebagai Detoks Alami

Wortel dapat menjadi alternatif detoks yang ampuh. Wortel dapat membantu kerja hati dalam membersihkan racun di dalam tubuh. Kolesterol jahat sekaligus lemak juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi wortel. Hal ini juga yang menjadikan wortel sebagai makanan yang sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

10. Membantu Memperlambat Penuaan

Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel mati melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

11. Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi

Wortel memiliki kemampuan untuk mengobati luka luar dan mencegah terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel mentah, bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu selanjutnya tempelkan wortel yang sudah dihaluskan tersebut pada luka anda.

12. Menyehatkan Kulit Dari Luar

Ingin kulit sehat secara alami? Wortel mentah dapat menjadi alternatif masker yang harganya terjangkau sekaligus efektif untuk membuat kulit lebih sehat dari luar. Cukup dengan mencampurkan wortelyang sudah diparut dengan madu secukupnya, maka masker alami, aman, dan menyehatkan sudah bisa anda aplikasikan pada wajah anda.

13 Membuat kulit tampak bercahaya

Kulit bersih sekaligus bersinar merupakan salah satu idaman setiap orang, khususnya wanita. Penampilan seakan sempurna bila diperkokoh dengan warna kulit yang cerah. Namun, untuk memiliki kulit seperti yang Anda idamkan, butuh perawatan ekstra dan rutin agar membuahkan hasil yang manis.

Lakukanlah perawatan dengan meramu atau membuat masker wajah dari wortel yang dipadu dengan madu. Jangan lupa bantu dengan konsumsi wortel, Anda bisa makan begitu saja atau dijadikan jus, keduanya sama-sama berkhasiat. Konsumsi wortel akan membantu mencerahkan kulit dari dalam. Alasannya karena wortel sarat akan vitamin C dan antioksidan yang mampu membantu Anda mendapatkan kulit bersinar.

Baca juga

Demikianlah postingan artikel mengenai Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel ini, berusahalah untuk menyukai makanan sayuran terutama wortel yang sungguh banyak khasiat dna manfaatnya buat metabolisme tubuh kita. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.