Khasiat Tanaman Obat Daun Miana

Khasiat Tanaman Obat Daun Miana – Pada kesempatan yang sama-sama berbahagia ini, admin akan membagikan informasi dan artikel tentang Khasiat Tanaman Obat Daun Miana. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

Tanaman Miana tumbuh sumbur di daerah dataran tinggi dengan ketingian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Tanaman Miana hidup liar dan juga bisa ditemui di dataran rendah di sekitar sungai, pematang sawah, ladang dan kebun-kebun.

Khasiat Tanaman Obat Daun Miana

Khasiat Tanaman Obat Daun Miana

Sebagian masyarakat memelihara tanaman miana ini sebagai tanaman hias karena warna daunnya cukup indah. Bentuk daunnya seperti bulat telur dengan ujung daunnya yang runcing dan pangkalnya membulat. Permukaan daunnya berambut, warnanya hijau keunguan dan ditepian daunnya bergerigi. Baca juga Khasiat Tanaman Obat Daun Pepaya

Daun miana adalah tanaman yang biasanya dimanfaatkan untuk kecantikan rumah atau tanaman hias, mungkin karena corak warna tanaman yang satu ini terkesan sangat indah dan menerik. Disisi lain jika kita lebih jeli memanfaatkan daun miana sebagai obat herbal khasiat dan manfaat daun miana sangat luar biasa untuk kesehatan. Tanaman ini mempunyai Nama latin (Coleus atropurpureus Benth) dan di indonesia sendiri daun miana lebih populer dengan nama daun iler, atau daun jawer.

Sedangkan untuk ciri-ciri daun miana yaitu mempunyai daun yang mirip dengan hati, dilengkapi dengan lekukan indah pada bagian pinggir daun, warna daun miana tergantung dari varietas atau jenis bunga tersebut, namun pada umumnya daun miana berwarna cerah.

Selain dipercaya masyarakat jaman dahulu untuk mengobati beberapa penyakit, Daun iler atau daun miana dapat dibuktikan secara ilmu medis dapat berkhasiat untuk kesehatan maupun pengobatan, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat-zat yang cukup penting yang ada dalam daun tersebut, salah satunya adalah kalsium oksalat, tannin, fitosterol, pectic substances, eugenol, etil salisilat, dan karvakrol yang berfungsi sebagai antibiotik.

Khasiat Tanaman Obat Daun Miana :

  1. Sebagai pereda mulas dan sakit perut
  2. Mengatasi mata merah akibat iritasi
  3. Mengontrol kadar gula darah
  4. Mengobati flu dan batuk
  5. Menangkal radikal bebas
  6. Melancarkan menstruasi
  7. Sebagai tanaman hias
  8. Mengobati luka borok
  9. Mengobati diabetes
  10. Mengobati ambeien
  11. Menurunkan demam
  12. Mengobati konstipasi
  13. Mengobati bisul
  14. Mengobati tifus
  15. Mengatasi sembelit

Klasifikasi Tanaman Obat Daun Miana atau biasa disebut dengan Iler :

Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas Asteridae
Ordo Lamiales
Famili Lamiaceae
Genus Coleus
Spesies Coleus atropurpureus (L) Benth

Senyawa kimia yang terkandung dalam daun miana (Coleus benth):

  • Golongan minyak atsiri
  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Steroid
  • Tanin
  • Dan saponin

Secara empiris daun miana ini dapat berefek farmakologis antara lain :

  • Sebagai penambah nafsu makan
  • Antimalaria
  • Penambah darah
  • Sebagai terapi penyakit jantung. Bagian yang digunakan atau dimanfaatkan adalah daunnya.

Sekian informasi dan artikel pada kesempatan kali ini, yang bekaitan dengan Khasiat Tanaman Obat Daun Miana. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin mengerti dan memahami mana tanaman yang bermanfaat buat kesehatan dan mana yang tidak bermanfaat.