Khasiat Terong Bagi Kesehatan

Khasiat Terong Bagi Kesehatan –  Terong ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10–20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5–10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya.

Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.

Khasiat Terong Bagi Kesehatan

Khasiat Terong Bagi Kesehatan

Kandungan gizi atau nutrisi dalam Terong mentah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, pada satu buah terong mengandung 20 kalori, 0,8 gram protein, karbohidrat 4,82 gram, lemak hanya 0,15 gram, dan mengandung 5 gram serat. Terong juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, Kalium, Zatbesidan magnesium, serta terkandung anthocyanin yaitu senyawa alami phytochemical atau yang lebih dikenal sebagai flavonoid. Baca juga Manfaat Dan Kandungan Gizi Pada Seledri

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel yang berkaitan dengan 20 Khasiat Terong Bagi Kesehatan. Perhatikan dan bacalah dengan seksama.

1. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Siapa orang yang tak ingin tulangnya tetap sehat dan kuat walaupun umurnya sudah tak muda lagi. Ternyata untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat, anda tak hanya bisa mengandalkannya pada susu saja, andapun bisa menjadikan terong sebagai makanan yang bisa membuat tulang anda kuat dan sehat. Manfaat terong untuk tulang ini tentunya akan anda rasakan saat anda mau mengonsumsinya secara rutin. Dalam terong memang mengandung banyak mineral dan zat-zat lain yang dipercaya dapat membuat tulang menjadi sehat. Itulah sebabnya mengapa anda harus memasukkan terong sebagai sayur wajib untuk keluarga anda.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Jangan salah, terong yang seringkali diremehkan oleh masyarakat ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Salah satu manfaat terong adalah bisa mencegah penyakit kanker. Mencegah penyakit kanker memang sangat perlu dan bisa dibilang wajib karena penyakit ini bisa membahayakan kesehatan tubuh anda. bahkan, tak jarang kanker juga bisa membuat anda meninggal dunia. Nah, mulai sekarang, jika anda tak ingin kanker menghantui hidup anda, anda bisa menjadikan terong sebagai sayur untuk keluarga anda. dalam terong mengandung antioksidan yang tentunya bisa mengusir zat asing, termasuk kanker pada tubuh.

3. Menyehatkan Jantung

Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Hal ini pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terus terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium dalam sayuran ini. Hal ini memastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.

4. Baik untuk mencegah Penuaan dini

Khasiat terong selanjutnya adalah untuk kulit secara menyeluruh. Terong mengandung vitamin E yang dapat berperan dalam membentuk dan mencegah penuaan dini. Konsumsi terong secara rutin di percaya dapat mengatasi kulit keriput dan mencegah penuaan dini.

5. Membantu Otak

Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori.

6. Menurunkan Berat Badan

Terong dianggap mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal adalah karakteristik seperti ini adalah salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin

7. Membantu pencernaan

Menjaga sistem pencernaan yang tetap sehat terdapat pada terong karena kandungan serat yang baik. Hal ini akan mencegah sembelit dan resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan.

8. Melembabkan Kulit Kepala

Terong mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit kepala untuk tetap sehat. Hal ini akan menghindari sejumlah masalah yang terkait terhadap kesehatan kulit kepala.

9. Mencegah Diabetes

Masih terkait dengan kemampuan terong dalam mengontrol gula darah, ia sangat aktif untuk berperan mencegah diabetes yang dapat menyerang tubuh manusia.

10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong adalah sumber yang sangat kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Baik juga untuk mengontrol gula darah.

11. Kulit bersinar

Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dan menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga membantu memberikan kulit yang baik.

12. Mengobati Nyeri Perut

Manfaat terong ungu dipercaya ampuh untuk mengobati nyeri perut. Dengan sayuran ini, berbagai nyeri perut akan berkurang secara perlahan. Baik nyeri perut karena maag atau yang lainnya sungguh bakal sembuh.

13. Mengontrol Asam Lambung Supaya Tidak Berlebihan

Terong Ungu juga diyakini akan mampu mengontrol produksi asam lambung anda. Supaya tidak berlebihan. Dengan sayuran ini, maka tubuh anda tidak lagi tersiksa karena naiknya asam lambung. Jangan sepelekan kenaikan asam lambung karena ini bahaya. Lagipula maag atau penyakit lambung ini biasanya kan menimpa seumur hidup. Kumat-kumatan.

14. Mengurangi Gejala Penyakit Penuaan Dini

Gejala penuaan dini yang paling mudah ditengarai adalah berubahnya kulit menjadi lebih kusam, muncul keriput di wajah dan menjadi lebih susah berpikir bahkan sering lupa. Untuk cegah penuaan dini ternyata terong ungu bisa diandalkan. Memori otak anda juga akan lebih mampu menampung informasi jadi tak mudah lupa.

15. Meningkatkan Ketajaman Bola Mata

Ketajaman bola mata sungguh bisa disiasati dengan banyak memakan terong. Manfaat sayuran ini memang bisa untuk meningkatkan ketajaman bola mata. Dengan sayuran buah ini, anda tidak lagi teracam kena rabun dan anda tak lagi merasakan gangguan-gangguan yang berhubungan dengan syaraf penglihatan.

16. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat Terong Ungu juga diyakini bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan sayuran ini, maka tubuh anda tidak lagi kena berbagai masalah yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Selain itu, penyerapan gizi juga jauh lebih baik karena usus berjalan dengan baik.

17. Melejitkan Kesuburan Pria dan Wanita

Khasiat terong ungu diyakini bisa melejitkan kesuburan pria dan wanita. Dengan sayuran ini, maka tubuh anda dan pasangan anda akan mampu memproduksi hormon yang lebih baik. Kualitas bercinta pun akan lebih meningkat. Dan pada akhirnya kebahagiaan bakal tercapai.

18. Memperbaiki Suasana Hati

Suasana hati bisa diperbaiki dengan terong ungu. Terong berwarna ungu ini memang bakal meningkatkan mood anda. Karena di dalam tubuh sudah banyak diproduksi hormon anti stress.

19. Mengatur Kadar Trigliserida

Manfaat terong ungu juga dipercaya bisa mengatur kadar trigliserida. Kandungan gizi yang terdapat dalam terong ini begitu ampuh sekali dalam menurunkan trigliserida yang merupakan lemak yang sering dianggap sebagai penyebab penyakit diabetes.

20. Dapat Melancarkan Urin

Terong Ungu juga ampuh dalam melancarkan urin. Anda akan lebih lancar kencingnya dan tidak merasakan sakit lagi kalau kencing. Cocok untuk mereka yang punya riwayat penyakit saluran kencing.

Demikianlah postingan artikel mengenai Khasiat Terong Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel tersebut, anda semakin sadar-sesadarnya untuk tetap mengkomsumsi sayuran dan buah-buahan satu ini.