Kosmetik Pelindung

Kosmetik Pelindung – Kosmetik pelindung adalah kosmetik yang dikenakan pada kulit yang sudah bersih dengan tujuan untuk mempertahankan kondisi kulit sebaik-baiknya dan untuk melindungi kulit dari berbagai pengaruh lingkungan yang dapat merugikan kulit, terutama melindungi kulit dari radiasi sinar ultra violet matahari (tabir surya). Syarat-syarat preparat kosmetik tabir surya (sunscreen) adalah mudah dipakai, jumlah preparat yang menempel mencukupi kebutuhan, bahan dasar dan bahan aktif dalam preparat ini mudah tercampur serta bahan dasarnya mampu mempertahankan kelembutan dan kelembaban kulit.

Kosmetik Pelindung

Kosmetik Pelindung

Bentuk-bentuk preparat tabir surya (sunscreen) dapat berupa preparat anhidrous, emulsi (non-greasy O/W, semi greasy dual emulsion dan fatty W/O), preparat tanpa lemak (greaseless preparation). Preparat jenis anhidrous tahan terhadap air sehingga tidak terganggu oleh perspirasi dan air kolam renang atau air laut. Preparat jenis emulsi umumnya kandungan lemaknya tinggi sehingga tampak mirip minyak, penampakannya menarik serta konsistensinya yang menyenangkan hingga memudahkan pemakaian. Bahan – bahan tabir surya emulsi O/W larut dalam air dan emulsi W/O larut dalam minyak.

Kosmetik Pelindung biasa digunakan untuk menjaga dan merawat kulit kering. Untuk memudahkan dalam penggunaan kosmetik pelindung berikut ini beberapa tips yang dapat membantu.

Menjaga dan Merawat Kulit Kering

  1. Hindari mencuci muka terlalu sering atau mencuci muka dengan menggunakan air panas. Air panas menyebabkan kulit menjadi kering. Terlalu sering membersihkan wajah juga menyebabkan kulit kehilangan banyak minyak yang berguna dalam menjaga kelembabannya. Pilihlah sabun pencuci muka atau sabun mandi yang cocok untuk jenis kulit kering, gosok lembut melalui ujung jari dengan gerakan memutar. Keringkan dengan ditepuk-tepuk dan biarkan kulit sedikit lembab dengan air.
  2. Hindari mencuci muka terlalu sering atau mencuci muka dengan menggunakan air panas. Air panas menyebabkan kulit menjadi kering. Terlalu sering membersihkan wajah juga menyebabkan kulit kehilangan banyak minyak yang berguna dalam menjaga kelembabannya. Pilihlah sabun pencuci muka atau sabun mandi yang cocok untuk jenis kulit kering, gosok lembut melalui ujung jari dengan gerakan memutar. Keringkan dengan ditepuk-tepuk dan biarkan kulit sedikit lembab dengan air.
  3. Gunakan pelembab wajah atau lotion badan yang mengandung emollients setiap harinya. Oleskan setiap kali selesai mandi atau sehabis mencuci tangan dan pada setiap aktifitas apapun yang membuat Anda harus bersentuhan dengan air. Pakai juga di bagian wajah dan leher, juga sebelum Anda hendak tidur. Gunakan pada saat tubuh masih dalam keadaan lembab bukan pada saat sudah kering.
  4. Memakai tabir surya / sunscreen yang memiliki setidaknya SPF 15. Bubuhkan secara berkala agar kulit senantiasa terlindung dari sinar matahari agar sinar matahari tidak membuat kulit kering menjadi semakin kering.
  5. Kebiasaan merokok berpengaruh sebagai penyebab kulit kering. Kandungan nikotin pada rokok dapat mempersempit pembuluh darah yang membuat kulit menjadi semakin sulit memperoleh nutrisi yang diperlukan.
  6. Perawatan masker wajah atau facial setidaknya sekali dalam seminggu akan merawat kulit kering Anda. Masker membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi kulit kering / mati yang telah berakumulasi pada wajah. Hal ini biasa disebut dengan exfoliasi. Pada wajah dilakukan dengan menggunakan scrub sedangkan pada badan dilakukan dengan melakukan lulur.
  7. Kurangi penggunaan bahan yang mengandung alkohol pada produk perawatan wajah maupun kulit Anda. Alkohol membuat kulit menjadi semakin kering dan bersisik. Alkohol juga bertanggung jawab akan hilangnya kelembaban kulit karena meangangkat minyak yang berfungsi sebagai pelembab alami.