Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Khasiatnya

Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Khasiatnya – Pada kali ini, admin langsung saja akan membagikan informasi dan artikel yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang selama ini anda derita. Karena obat yang digunakan adalah obat tardisional. Jadi aman untuk anda komsumsi. Di bawah ini adalah penjelasannya.

Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Khasiatnya

Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Khasiatnya

 

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.

1. Mencegah anemia

Anemia atau yang dikenal dengan penyakit kurang darah adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah akibat terhambatnya produksi hemoglobin.

Penyakit anemia biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi yang merupakan mineral penting dalam pembentukan hemoglobin dan sel darah merah.

Daun kelor mengandung kadar zat besi yang lebih tinggi dari daun bayam dan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit anemia pada seseorang.

2. Meringankan gejala penyakit autoimun

Penyakit autoimun atau autoimunitas adalah kegagalan sistem tubuh untuk mengenali bagian dari dirinya sendiri dan menyerang sel atau organ normal tersebut.

Penyakit autoimun meliputi penyakit Coeliac, arthritis, diabetes melitus tipe 1, dan penyakit lupus. Daun kelor mengandung senyawa Cystein yang dapat membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Racun inilah yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dan merangsang respon sistem imun yang berlebihan.

Proses detoksifikasi tersebut mampu menenangkan sistem imun atau kekebalan tubuh agar tidak terlalu kuat dalam merespon racun sehingga berakibat pada sel atau jaringan normal yang lainnya.

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu musuh terbesar kita karena penyakit ini dapat membunuh seseorang secara tiba-tiba, baik pada usia muda maupun tua.

Banyak faktor yang meningkatkan resiko penyakit jantung, diantaranya adalah kurangnya konsumsi asam lemak yang baik bagi jantung dan tingginya asupan kolesterol dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan sel dalam jantung dan pembuluh darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Tidak seperti sayuran lainnya, daun kelor mengandung kadar asam lemak omega 3 yang cukup tinggi bahkan 10 kali lebih banyak dibandingkan kadar asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon.

4. Merangsang produksi ASI

Banyak ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa daun kelor juga memiliki fungsi yang sama dengan daun tanaman katuk.

Studi membuktikan bahwa daun kelor mengandung senyawa Galactagogues yang mampu merangsang produksi hormon prolaktin pada ibu yang baru melahirkan. Hormon prolaktin adalah hormon yang berperan dalam produksi ASI dalam tubuh seorang wanita.

Daun kelor dapat diberikan pada ibu yang baru melahirkan setelah 3 hari untuk merangsang produksi ASI. Daun kelor juga direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui yang sulit mengeluarkan ASI dan ingin memberikan ASI ekslusif kepada bayinya tanpa tambahan susu formula.

5. Mencegah dan mengobati kanker

Julukan the tree of life memang pantas disandang oleh tanaman kelor karena ternyata daun tanaman kelor tidak hanya mencegah dan mengatasi penyakit ringan, akan tetapi membantu mencegah dan mengobati penyakit ganas seperti kanker.

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan yang terjadi pada sel dan menyebabkan sel tumbuh tidak terkendali dan menyerang sel pada organ tubuh lainnya. Daun kelor mengandung senyawa isothiocyanate benzil yang mampu mencegah pembentukan sel tumor dan kanker. Banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan efek daun kelor terhadap pertumbuhan sel tumor dan kanker.

Mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit kanker dan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Selain itu, daun kelor mengandung lebih dari 40 jenis antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi dan kelainan pada sel.

6. Menyembuhkan batu ginjal

Batu ginjal atau gallstone adalah salah satu kelainan yang terjadi pada organ ginjal akibat akumulasi zat-zat sisa yang tidak dapat disaring oleh organ ginjal.

Jika dibiarkan batu ginjal dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal atau yang dikenal dengan sebutan gagal ginjal. Daun kelor mengandung beberapa senyawa kimia seperti seperti alkalid moringin, moringinan dan pterigospermin.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mempelajari efek zat-zat tersebut dan penelitian tersebut melaporkan bahwa daun kelor memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu yang mengendap dalam ginjal.

Daun kelor juga mampu merangsang urinasi atau produksi urin serta menghancurkan batu yang terbentuk dalam kandung kemih.

7. Mengobati penyakit liver

Secara historis, daun kelor telah banyak digunakan di Eropa sebagai salah satu bahan alami pembersih liver atau organ hati.

Daun kelor disebut-sebut memiliki kemampuan Phytotherapy atau kemampuan melindungi organ hati dari kerusakan, seperti penyakit hepatitis dan sirosis. Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa ilmuwan di negara Jerman melaporkan bahwa daun kelor mengandung senyawa silymarin yang merupakan agen hepatotoksik atau senyawa yang dapat menetralkan racun penyebab kerusakan hati dan melindunginya dari infeksi penyakit.

Tidak hanya itu, senyawa aktif yang terkandung dalam daun kelor mampu merangsang pembentukan sel hati yang baru untuk menggantikan sel hati yang telah rusak. Jadi jika anda ingin menjaga hati anda dari kerusakan, jangan ragu untuk mengkonsumsi daun kelor setiap hari.

8. Mencegah diabetes

Penyakit diabetes adalah ancaman bagi masyarakat modern saat ini, dikarenakan pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Penyakit diabetes adalah akibat melemahnya atau menurunnya fungsi insulin, hormon pengatur kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang kekurangan Vitamin D memiliki resiko yang tinggi menderita penyakit diabetes karena vitamin ini diperlukan oleh sel islet dalam pankreas untuk memproduksi insulin.

Daun kelor mengandung kadar vitamin D yang tinggi dan asam askorbat yang juga berperan dalam proses sekresi insulin. Mengkonsumsi daun kelor setiap hari dapat membantu anda dan keluarga anda terhindar dari penyakit diabetes terutama jika anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tersebut.

9. Menghilangkan nyeri pada rematik

Penyakit rematik atau nyeri sendi dapat menyerang siapa saja dan rasa sakit yang ditimbulkannya dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Daun tanaman kelor mengandung senyawa kolkisin yang merupakan kelompok alkaloid. Senyawa ini mampu menurunkan rasa nyeri akibat penyakit rematik dikarenakan memiliki khasiat anti peradangan atau anti inflamasi. Efek yang ditimbulkan kolkisin cukup cepat yakni antara 0,5 – 2 jam setelah rasa sakit datang.

Saat terjadi peradangan dan timbul rasa sakit, anda bisa mengkonsumsi daun kelor untuk mengurangi rasa sakitnya. Dibanding dengan obat-obatan kimia, daun kelor tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

10. Memperkuat kekebalan tubuh

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh adalah salah satu sistem organ penting dalam tubuh yang berfungsi mempertahankan tubuh dari serangan penyakit, termasuk kuman dan paparan zat berbahaya seperti racun, radikal bebas maupun zat kimia.

Daun kelor mengandung senyawa klorofil atau zat hijau daun yang telah terbukti berperan dalam proses detoksifikasi racun dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Daun kelor mengandung klorofil dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibanding sayuran lainnya, dimana kadar klorofil yang tinggi tersebut bermanfaat sekali bagi kesehatan.

Penelitian menyebutkan bahwa daun kelor mengandung 162 mg klorofi; per 8 gram serbuk kering. Selain itu, daun kelor juga mengandung kadar polyfenol dalam konsentrasi yang cukup tinggi.

Senyawa polyfenol dikenal mampu meningkatkan respon imun atau reaksi sel kekebalan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan kuman penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

11. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor risiko utama penyebab serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi terjadi akibat menyempitnya pembuluh arteri yang disebabkan oleh plak atau akumulasi kolesterol. Daun kelor dapat membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung senyawa kalium yang mampu melebarkan pembuluh darah dan mempengaruhi hormon vasopressin atau hormon pengontrol tekanan darah.

Dalam penelitian juga disebutkan bahwa kadar kalium dalam daun kelor lima belas kali lipat lebih tinggi dibanding kalium pada pisang. Selain itu daun kelor juga kaya akan magnesium yang dapat merangsang relaksasi otot polos pada pembuluh darah.

12. Mencegah penuaan kulit

Salah satu manfaat daun kelor lainnya adalah mencegah penuaan pada kulit. Daun kelor mengandung sitokinin, suatu hormon alami dalam tubuh yang merangsang pembelahan, pertumbuhan sel, dan proses penuaan.

Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa hormon sitokinin mampu mencegah penuaan atau bertindak sebagai zat anti-aging dalam tubuh. Hormon ini bekerja dengan cara mempengaruhi siklus pergantian sel pada kulit dan mempercepat pergantian sel kulit mati dengan sel yang baru yang umumnya berlangsung sekitar 300 hari.

Hal inilah yang membuat daun kelor dapat mencegah munculnya kerutan pada wajah dan area kulit lainnya. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun kelor juga dapat merangsang produksi kolagen yang mampu menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit.

13. Menjaga kesehatan mata

Mungkin anda akan terkejut jika mengetahui bahwa daun kelor mengandung kadar vitamin A dan beta karoten empat kali lebih besar dibandingkan wortel.

Hal ini memang benar adanya karena daun kelor mengandung vitamin A dan beta karoten dalam konsentrasi yang tinggi. Vitamin A dan beta karoten yang terkandung dalam kelor memiliki peranan penting dalam menjaga struktur dan fungsi organ mata.

Sebagaimana diketahui bahwa Vitamin A adalah salah satu penyusun sel batang pada retina mata dan berfungsi mempertahankan penglihatan agar tetap normal.

Manfaat daun kelor tidak bisa dianggap sepele, kandungan nutrisinya dapat sangat membantu dalam proses penyembuhan. Anda dapat mengkonsumsi daun kelor sebagai sayuran atau mengkonsumsinya dalam bentuk ekstrak daun kelor.

Ada baiknya sebelum mengkonsumsi daun kelor, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang biasa menangani anda.

14. Meningkatkan Fungsi Ekskresi

Seduhan teh daun kelorjuga membantu fungsi ginjal dan hati. Tubuh dianggap bugar dan sehat hanya jika fungsi pembuangan limbah berjalan normal.

15. Menyediakan nutrisi

Selain sebagai minuman bergizi untuk seluruh tubuh, teh daun kelor juga memiliki peran penting dalam memelihara otak dan mata. Gizi otak membantunya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sulit.

Kandungan nutrisi daun kelor

1. Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C

Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.

2. Daun kelor mengandung potassium

Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang.

3. Daun kelor kaya akan Vitamin A

Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare,dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel.

4. Daun kelor mengandung kalsium

Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu. Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatan diabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Khasiat Dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, “Nangko Belando” (Palembang). Penyebutan “belanda” dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti “kantung asam”) didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti “kantung yang asam”.

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

1. Menurunkan kolesterol

Senyawa anti-hiperlipidemia yang terkandung dalam daun sirsak mampu menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol yang dalam bahasa medis disebut dengan istilah Low Density Lipoprotein (LDL) serta meningkatkan kadar lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) di dalam tubuh.

Kolesterol jahat dapat menembus dinding arteri dan menimbulkan plak pada pembuluh darah atau yang dikenal dengan sebutan atherosclerosis. Atherosclerosis atau penebalan dinding arteri dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

2. Mengurangi gejala arthritis

Daun sirsak mengandung senyawa anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi gejala arthritis. Arthritis adalah suatu gangguan pada persendian yang disebabkan oleh peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit autoimun atau rusaknya sistem imun yang terjadi dalam tubuh dimana sel darah putih justru menyerang sel normal dalam tubuh.

Meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis dan rasa nyeri pada persendian.

3. Mengatasi sakit maag

Penyakit maag atau radang lambung banyak diderita oleh masyarakat dewasa ini. Penyakit ini terjadi karena buruknya pola makan seseorang atau akibat adanya infeksi pada saluran cerna. Jika tidak ditangani, penyakit maag dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.

Daun sirsak mengandung senyawa anti-ulceritis atau anti peradangan yang dapat menghambat produksi asam lambung, melindungi dinding lambung serta membunuh bakteri penyebab infeksi dalam saluran cerna.

Rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dapat mengurangi infeksi pada lambung sekaligus meredakan sakit akibat infeksi tersebut.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Moghadamtousi et al membuktikan bahwa senyawa etil asetat dan antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Jika anda ingin luka anda segera sembuh, anda hanya perlu menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengaplikasikannya pada kulit yang terluka.

5. Mengatasi depresi dan stress

Siapa sangka jika daun sirsak dapat digunakan untuk mengatasi gangguan mental seperti depresi. Menurut penelitian, masalah depresi dan stress dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dan meningkatkan resiko berbagai macam penyakit. Daun sirsak mengandung senyawa alkaloids, anonaine, nornuciferine dan asimilobine yang berfungsi sebagai anti-depresant.

Senyawa-senyawa tersebut mampu menghambat terjadinya stress dan memicu otak untuk memproduksi senyawa serotonin yang dapat menenangkan saraf dan meredakan stress.

6. Meredakan demam

Demam adalah salah satu indikator atau tanda bahwa terjadi masalah dalam tubuh. Saat terjadi gangguan seperti peradangan, tubuh akan mengeluarkan sinyal dan merangsang otak untuk meningkatkan suhu badan seseorang.

Kenaikan suhu tersebut dimaksudkan untuk membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan. Meskipun demikian, demam dapat membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan terganggu sehingga jika seseorang mengalami demam, ia harus segera ditangani.

Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang mampu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat.

7. Mencegah kerusakan kulit

Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit diantaranya eksim dan jerawat. Senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada daun sirsak mampu menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat serta mencegah jerawat meninggalkan noda pada wajah.

Anda dapat menghilangkan eksim dan jerawat dengan cara menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama beberapa hari dan lihat hasilnya.

8. Mencegah dan mengobati kanker

Salah satu khasiat daun sirsak yang tak terduga adalah mencegah dan mengobati kanker. Banyak penelitian telah membuktikan pengaruh ekstrak daun sirsak terhadap perkembangan berbagai macam sel kanker dalam tubuh.

Daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous acetogenins yang hanya dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae. Senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia yang memiliki aktifitas anti kanker. Annonaceous acetogenins bekerja dalam tubuh dengan membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau yang dikenal dengan mekanisme bunuh diri sel.

Secara alami, sel tubuh yang rusak dalam tubuh akan membunuh dirinya sendiri agar tidak mempengaruhi sel lainnya, namun pada kasus penyakit kanker, sel kehilangan kendali dan tidak dapat mengendalikan pembelahannya.

Tidak hanya membunuh sel kanker, ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor.

9. Mencegah dan mengobati diabetes

Diabetes adalah penyakit metabolisme dimana tubuh kehilangan kontrol terhadap kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh akibat diabetes dapat merusak sel dan jaringan sehingga penyakit diabetes termasuk salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Penyakit diabetes atau kencing manis dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pola hidup yang tidak sehat dan genetis yang menyebabkan insulin resistance atau kerusakan fungsi hormon insulin.

Insulin adalah hormon yang bekerja mengatur kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal. Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah. Daun sirsak mengandung senyawa metanolik, streptozotocin yang dapat memicu sel-sel beta langerhans dalam pankreas untuk menghasilkan insulin dan meningkatkan sensitifias insulin terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari dapat membantu penderita diabetes dalam menetralkan kadar gula dalam darah.

10. Mengatasi peradangan

Peradangan dalam tubuh dapat terjadi karena infeksi maupun gangguan pada sistem organ. Senyawa aktif dalam daun sirsak mampu bekerja sebagai zat anti-inflammatori sekaligus sebagai analgesik atau pereda rasa sakit.

Oleh sebab itu, air rebusan maupun ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan radang, baik yang bersifat ringan maupun kronis seperti radang pada saluran cerna seperti usus dan lambung.

11. Mengobati malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui nyamuk Anopheles.

Angka kematian yang disebabkan oleh malaria cukup tinggi di Indonesia dan bila tidak segera ditangani, malaria dapat sangat berbahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pentana yang terkandung dalam daun sirsak mampu membunuh Plasmodium penyebab penyakit malaria secara efektif.

Inilah mengapa daun sirsak telah digunakan sejak dulu untuk mengobati malaria terutama di negara-negara beriklim tropis.

12. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh biasanya disebabkan karena pembuluh darah atau arteri yang menebal dan menyumbat aliran darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Kedari et al dalam American Journal of Research Communication pada tahun 2014 menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa antihypertensive yang dapat menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi kerja organ jantung.

Meminum rebusan daun sirsak setiap hari mampu membantu penderita hipertensi dalam mengontrol tekanan darahnya.

13. Mengobati jaundice

Ekstrak ethanol yang terkandung dalam daun sirsak atau A.muricata memiliki efek postif pada organ hati. Senyawa ini mampu melindungi liver atau hati dari racun dan efek radikal bebas. Di negara Ghana, daun sirsak sudah lama digunakan sebagai ramuan untuk membersihkan serta mengobati berbagai masalah kesehatan yang menyerang organ hati atau liver seperti penyakit kuning atau jaundice yang disebabkan oleh virus hepatitis.

Penyakit ini menyebabkan kulit dan sclera mata seseorang berwarna kuning akibat tingginya kadar bilirubin dalam darah. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun sirsak mampu menurunkan kadar bilirubin dalam darah penderita jaundice.

 14. Mengobati diare

Diare adalah suatu gangguan pencernaan yang ditandai dengan meningkatkan frekuensi buang air besar dan tinja yang cair.

Penyakit diare ini banyak diderita masyarakat Indonesia dan menempati peringkat ketiga belas penyebab kematian di Indonesia, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah infeksi parasit seperti bakteri Escherischia coli.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menyebutkan bahwa ekstrak methanol yang terkandung dalam daun sirsak mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan parasit termasuk bakteri Escheriscia coli yang merupakan penyebab diare.

15. Memperkuat sistem imun

Salah satu manfaat daun sirsak adalah memperkuat sistem imun pada tubuh kita. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu meningkatkan kemampuan sel imun atau sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, kandungan zinc dalam daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Saat anda merasakan gejala flu atau demam, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk memperkuat daya tahan tubuh anda.

Demikianlah postingan artikel mengenai Khasiat Dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda tidak repot-repot lagi memeriksakan penyakit anda ke dokter. Karena khasiat dan manfaatnya sungguh sangat luar biasa.

Khasiat Dan Manfaat Buah Pare

Pare adalah tanaman yang merambat, buahnya menyerupai mentimun akan tetapi memiliki kulit yang keriput dan rasa yang khas, pahit. Pare ternyata banyak jenisnya dan tumbuh subur di beberapa negara termasuk Indonesia. Pare ada 3 Jenis : Pare gajih, pare hijau, dan pare ular.

1. Membersihkan Darah

Pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah anda. Sering mengkonsumsi jus pare dapat membantu anda dalam membersihkan darah.

2. Membatasi Perkembangan HIV/AIDS

Kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 pada pare ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Penelitian tersebut dilakukan pada beberapa pasien yang mengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.

3. Melancarkan Pencernaan

Sayuran pare kaya dengan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten sehingga mampu mengatasi masalah pencernaan.

4. Mengatasi Asma

Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan masuknya aliran udara yang kuat.

5. Mengurangi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh

Pare ini mampu menghambat sel kanker yang terjadi pada organ Pankreas. Karena, sayuran tersebut dapat memberikan pengaruh pada metabolisme glukosa yang ada pada kanker itu. Dalam artian, konsumsi pare dengan menjadikan sebagai jus dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang terjadi pada organ tubuh pankreas ini.

6. Mengobati disentri

Bagi Anda yang menderita disentri, bisa disebuhkan dengan ramuan tradisional jus pare. Tapi tentunya rasanya sangat tidak enak. Bayangkan saja, rasa pahit pare dibuat sebagai jus. Caranya sih cukup mudah, buah pare segar dicuci lalu dibelah, isinya dibuang. Parut atau dijuice, airnya disaring dan diminum. Segera minum air matang setelah meninum ekstrak jus pare ini. Satu kali minum 200 cc, lakukan satu kali sehari saja.

7. Mengobati diare

Meskipun sama-sama menyebabkan sakit perut dan uang air besar, namun disentri dan diare memiliki penyebab yang berbeda. Maka dari itu, penanganannya juga berbeda. Di sini kita akan menggunakan akar pare, bukan daun maupun buahnya. Ambil akar pare yang masih segar sebanyak 30 g. Dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan gula pasir secukupnya lalu diminum.

8. Membantu program diet sehat

Dalam program diet ini dibutuhkan menu makanan yang rendah kalori dan sebagainya. Paria pun sangat cocok sebagai asupan yang mengandung rendah kalori, sehingga aman bagi program diet sehat tanpa menimbulkan lemak yang terus bertambah. Bahkan sangat baik pula untuk dikonsumsi pada penderita diabetes yang ingin menjalankan diet agar lebih lancar.

9. Sebagai ramuan herbal bagi diabetes

Bahwasannya, sayur paria ini memiliki kandungan dengan sifat hipoglikemik atau peran sebagai penurun kadar gula di dalam darah. Dalam artian, mengkonsumsi buah pare sama dengan menerapkan proses perawatan guna mendapatkan kadar gula dalam darah yang normal. Sayur pare tersebut dapat bekerja dengan rasa pahitnya sebagai penurun dari kadar gula yang lebih cenderung untuk naik. Untuk itu, Anda bisa mengkonsumsi pare sebagai pengontrol sekaligus penurun kadar gula dalam darah.

10. Melegakan pernafasan

Rasa sesak nafas yang ini seringkali pengganggu proses pernafasan pada diri seseorang. Dimana pada keadaan tak nyaman tersebut bisa segera hilang dengan pare. Bahwa sayur pahit ini mampu menjadikan sel-sel pengecap di saluran pernafasan untuk terbuka lebar. Pada kondisi seperti ini, membuat saluran terbuka lebar dan sirkulasi udara itu jauh lebih lancar dari sebelumnya. Baca juga artikel sebelumnya tentang obat asma tradisional.

11. Menyuburkan rambut

Siapa sangka kalau tanaman yang satu ini punya khasiat untuk menyuburkan rambut. Lalu bagaimana cara memanfaatkannya? Gampang, segenggam daun pare dicuci bersih. Daun pare tersebut kemudian ditumbuk sampai seperti bubur, tambahkan air 3/4 gelas. Ramuan ini kemudian diembunkan semalaman. Pagi-pagi ramuan ini disaring, airnya dipakai untuk membasuh kulit kepala.

12. Menghitamkan Rambut

Selain dapat menyuburkan rambut, daun pare juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut yang kemerahan akibat sering terapar sinar matahari atau bawaan lahir. Ambil daun pare yang masih segar secukupnya, lalu dicuci bersih. Daun pare tadi ditumbuk sampai halus, lalu diperas dengan sepotong kain. Airnya dipakai untuk melumas kulit kepala. Lakukan setiap hari. Ramuan ini terutama digunakan untuk bayi dan anak balita.

13. Biji pare obat cacingan

Anak anda cacingan? Pare bisa dimanfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya, Ambil dua sampai tiga biji pare. Giling sampai halus, aduk dengan sedikit air masak. Minum, disusul dengan minum air hangat. Ramuan ini untuk pengobatan infeksi cacing gelang. Bisa juga menggunakan daunnya. Daun pare segar sebanyak 7 gram, diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Setelah dingin airnya disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus sebelum makan pagi.

14. Mengobati bisul/abses

Daun pare juga bisa kita jadikan sebagai obat bisul tradisional. Ambil segenggam daun pare, cuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring, lalu minum. Lakukan pengobatan ini selama beberapa hari hingga bisul pecah atau kempes.

15. Mengobati kencing bernanah

Kencing bernanah bisa disebabkan adanya infeksi pada saluran kencing. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan ramuan tradisional dari daun pare. Siapkan 6 lembar daun pare, 2 jari akar jayanti, 2 jari kulit kemboja dan 1 jari rimpang temulawak. Semua bahan dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, lalu tambahkan gula aren secukupnya. Saring airnya dan minum 2 kali sehari.

16. Demam, malaria, sakit lever, sembelit

Penyakit-penyakit tersebut bisa diobati dengan ramuan daun pare berikut ini. Segenggam penuh daun paria dicuci bersih, lalu ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air matang, diaduk merata lalu disaring. Air saringannya ditambahkan sedikit garam, lalu diminum pada pagi hari sebelum makan.

17. Menghilangkan haus karena panas dalam

Saat menderita panas dalam, kadang kita suka merasa kehausan yang amat sangat. Untuk menghilangkannya bisa dengan mengkonsumsi ramuan herbal dari buah pare. Satu buah pare mentah yang masih segar dicuci bersih, lalu dibelah. Buang isinya, potong-potong secukupnya, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin airnya disaring, dan diminum.

Kandungan Gizi Pada 100 gr Buah Pare

  • Bagian Pare yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 77 %
  • Jumlah Kandungan Energi Pare = 29 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Pare = 1,1 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Pare = 0,3 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Pare = 6,6 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Pare = 45 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Pare = 64 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Pare = 1 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Pare = 180 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Pare = 0,08 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Pare = 52 mg

Kunyit Putih

Masyarakat sejak lama sudah mengenal 2 jenis kunir putih yaitu kunir putih gombyok atau kunir putih pepet. Kunir ini manfaatnya untuk therapi penyakit diare dan disentri saja, seperti yang ditulis dalam buku Obat Asli Indonesia karangan Prof. Dr. Seno Sastroamijoyo, jenis kedua adalah jenis kunir putih beraroma mangga, yaitu Curcuma Zedoaria & Curcuma Mangga. Keduanya bermanfaat menyembuhkan kanker & tumor .

Dari hasil penelitian Chan Minyi dkk dalam bukunya Anti Cancer Medical Herbs, ternyata Curcuma Zedoaria mempunyai efektifitas yang lebih tinggi untuk mengatasi kanker & tumor. Menurut hasil penelitian American Institute Cancer Report ( New York Time ) 1 Juni 1999 dan juga oleh pakar Fakultas Farmasi ataupun PAU Bioteknologi serta PPOT UGM Yogyakarta dalam kunir putih ini mengandung :

1. RIP ( Ribosome Inacting Protein ) berfungsi:

  • Mampu menonaktifkan perkembangan sel kanker.
  • Mampu merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitarnya.
  • Memblokir pertumbuhan sel kanker.

2. Zat Anti Oksidan, mencegah kerusakan gen.
3. Zat anti Curcumin, sebagai anti inflamasi ( anti peradangan ).

Curcuma Zeodaria dipadu dengan Curcuma Mangga dapat menyembuhkan :
4. Kanker : leher rahim , payudara, hati , paru-paru, leukimia, otak dan penyakit lain yang berhubungan dengan kanker dan tumor.
5. Peradangan dalam : maag, ambeien, radang tenggorokan, radang hati, bronkhitis, amandel, nyeri haid, keputihan, jerawat atau bisul, diabetes, asma.

6. Manfaat yang lain, Anti lemak : darah tinggi, stroke, jantung, asam urat, menurunkan kolesterol.

Dosis anjuran :

Kunir non gula : 1 sendok teh peres diseduh dengan ½ gelas air panas ( 100 cc ) kemudian diendapkan dan yang diminum hanya airnya.

  • Pencegahan : 1 kali sehari, diminum sebelum tidur malam.
  • Pengobatan : 3 kali sehari ( pagi, siang, dan sore hari ).

Kunyit putih ini mempunyai ciri tertentu, antara lain bintik umbinya seperti umbi jahe dan berwarna kuning muda (krem). Dalam keadaan segar baunya seperti buah mangga kweni dan bila telah diekstrak atau dijadikan bubuk, warnanya tetap kuning muda (krem).

Dr Maksum menjelaskan khasiat kunyit putih dalam melawan sel kanker masih sebatas penelitian in vitro (laboratorium) dan belum mencapai uji klinis. Namun kunyit putih sudah banyak dipakai sebagai obat alternatif untuk penyakit kanker.

Penelitian secara in vitro dilakukan dengan uji bioaktivasi. Sel kanker dikembangbiakkan dalam laboratorium dan setelah diberikan konsentrasi tertentu dari kunyit putih sel kanker tersebut menjadi mati. Selain itu didapatkan pula bahwa aktivitas kunyit putih dalam mematikan sel kanker lebih baik dibandingkan dengan tanaman Mahkota Dewa.

Pada tahun lalu sempat dilakukan penelitian terhadap pasien kanker di salah satu RS Kanker di Indonesia, sekitar 30-40 persen pasien kanker diberikan pengobatan herbal dengan kunyit putih yang digabung dengan pengobatan medis seperti kemoterapi atau pengobatan kanker lainnya.

Setelah diberikan terapi gabungan ini, banyak pasien yang menuturkan bahwa dirinya merasakan ada perbaikan pada kondisi kesehatannya. Tahap pengujian ini termasuk dalam testimoni klinis.

Daun tapak dara untuk obat kanker payudara :

Sementara tapak dara (Catharanthus roseus) telah teruji sebagai bahan pencegah dan penumpas sel kanker. Tanaman yang masih termasuk keluarga Apocynaceae atau kamboja-kambojaan ini mengandung dua senyawa golongan alkaloid vinka yakni vinkristin dan vinblastin yang berkhasiat menghambat perbanyakan dan penyebaran sel kanker.

Vinkristin digunakan sebagai bahan pengobatan kanker bronkial, tumor ganas pada ginjal, kanker payudara, dan berbagai jenis tumor ganas yang awalnya menyerang urat saraf maupun otot. Tanaman yang di Sumatera disebut rumput jalang itu juga mengandung alkaloid cabtharanthin yang diperkirakan dapat mendesak dan melarutkan inti sel kanker.

Ramuan :

rebus 22 lembar daun tapak dara dan buah adas (Foeniculum vulgare) serta kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardti) dengan tiga gelas air. Bubuhi gula merah secukupnya. Setelah mendidih sampai tinggal setengahnya, saring. Ramuan diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas. Pengobatan dilakukan paling tidak selama sebulan.

Keladi Tikus :

Keladi tikus (Typhonium Flagelliforme/Rodent Tuber) juga telah diteliti sebagai tanaman obat yang dapat menghentikan dan mengobati berbagai penyakit kanker.

Ramuan :

Untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, tiga batang keladi tikus lengkap dengan daunnya (kurang lebih 50 gram) direndam selama 30 menit, tumbuk halus dan peras. Air perasan ini disaring lalu diminum.

Di Malaysia, sudah ada uji ilmiah khasiat keladi tikus. Bahkan ekstrak keladi tikus dalam bentuk pil dan teh bubuk yang dikombinasikan dengan tanaman lainnya dalam dosis tertentu, sudah dipasarkan di negeri jiran tersebut.

Air perasan temu lawak (Curcuma Zedoaria) juga mujarab sebagai obat kanker. Menurut Andrew Chevallier Mnimh, herbalis asal London, dalam temulawak terkandung curcumol dan curdione yang berkhasiat antikanker dan antitumor. Di Cina, temulawak telah lama digunakan sebagai obat kanker leher rahim. Tanaman ini bisa meningkatkan efek mematikan sel kanker ketika dilakukan radioterapi dan kemoterapi.

Mengkudu juga tengah populer sebagai tanaman obat-obatan yang manjur. Daging buah mengkudu atau pace (Morinda citrifolia L.) mengandung dammacanthel, zat antikanker yang mampu melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium prakanker dan dapat mencegah perkembangan sel kanker. Sari dari perasan dua atau tiga buah mengkudu dapat dibubuhi madu agar rasanya lebih nikmat. Sebaiknya pilihlah mengkudu yang tidak terlalu masak karena alkohol yang terbentuk akibat proses fermentasi pada mengkudu yang terlalu masak merusak zat-zat penting yang terkandung di dalamnya.

Daun dewa (Gynura divaricata) juga merupakan tanaman yang telah dikenal sebagai tanaman antikanker.

Ramuan :

30 gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya dapat digunakan dalam pengobatan penyakit kanker. Dapat pula menggunakan bahan lain seperti 30 gram daun dewa segar, 30 gram tapak dara segar, 30 gram rumput mutiara, 30 gram rumput lidah ular direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 500 cc. Airnya disaring lalu tambahkan madu secukupnya, aduk kemudian diminum selagi hangat.

Daun ceremai (Phyllanthus acidus) juga dapat dapat digunakan sebagai obat antikanker.

Ramuan :

Segenggam daun ceremai muda, sejumput daun belimbing, bidara upas sejari, gadung cina sejari dan gula aren direbus dengan tiga gelas air hingga tinggal segelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari masing-masing satu gelas.

Benalu :

Sementara senyawa dalam benalu telah lama diperkirakan bekerja sebagai penghambat keganasan kanker. Benalu yang direbus menjadi teh terbukti dapat dipakai sebagai obat penunjang selama menjalani kemoterapi (terapi dengan mengonsumsi obat antikanker).

Bagi Anda yang belum terkena kanker, tumisan brokoli, sawi, kembang kol, wortel, tomat dan daging ikan dengan bumbu sedikit garam dan bawang putih, mampu menjadi masakan yang kaya akan zat antikanker. Penelitian Universitas Harvard terhadap 48.000 orang pada tahun 1995 menunjukkan risiko terkena kanker prostat bagi mereka yang memakan 10 kali hidangan yang mengandung tomat per minggu turun sampai hampir separuhnya.

Khasiat Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan 

Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.

Tanaman daun obat pegagan ini lebih dikenal dengan nama daun kaki kuda dan Antanan. Pegagan tumbuh liar di perkebunan, pematang sawah, ladang dan tepian jalan. Masyarakat Jawa Barat biasa memanfaatkan tanaman ini untuk lalapan.

  1. Mengobati penyakit sariawan disentri dan masalah usus
  2. Melancarkan peredaran/sirkulasi darah dalam tubuh
  3. Menurunkan panas tubuh yang disebabkan deman
  4. Anti bakteri, tonik, antispasma, dan antiinflamasi
  5. Mencegah osteoporosis/mengeroposnya tulang
  6. Mengobati penyakit maagh dan kembung
  7. Pengobatan Tradisional dan Kontemporer
  8. Sebagai pembersih darah secara alami
  9. Anti alergi dan juga sebagai stimulan
  10. Penambah tenaga dan stamna tubuh
  11. Mempercepat Penyembuhan Luka
  12. mencegah varises serta salah urat
  13. Mencegah stress dan depresi
  14. Sebagai obat nafsu makan
  15. Meningkatkan daya ingat
  16. Mengurangi Kecemasan
  17. Mengobati penyakit tipes
  18. Sebagai obat sakit kepala
  19. Penambah darah
  20. Antioksidan

Kandungan Senyawa Kimia Daun Pegagan Buat Kesehatan Tubuh Manusia :

Beragamnya kandungan kimia pada daun pegagan menunjukkan bahwa kekayaan manfaat daun pegagan yang melimpah di dalamnya. Berikut ini kandungan senyawanya terdiri dari asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak). Senyawa kmia seperti glikosida triterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat anti lepra.

Nama Lokal Tanaman Obat Herbal Daun Pegagan :

Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok).

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep

Nama Lokal tanaman ini adalah : Jarong, kembang landep (Sunda), landep (Jawa). Bunga landak (Sumatera). landhep (Madura). Katshare’ya, kurantak (India, Pakistan), Percufine flower (Inggris).

  • Menyembuhkan penyakit kulit seperti kurap dan panu
  • Mengatasi gusi bengkak, nyeri dan berdarah
  • Meringangkan rematik dan sakit pinggang
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mengatasi nyeri saat sakit perut
  • mengeluarkan caci dalam tubuh
  • Meringangkan radang telinga
  • Menurunkan deman
  • Peluruh kencing
  • Dan lain sebagainya

Ciri-ciri Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia :

Tanaman Landep berasal dari daerah Asia Tropis dan daerah Afrika Selatan. Landep biasa tumbuh di tempat yang beriklim kering, di Indonesia tanaman Landep bisa ditemui di daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Tanaman Landep tergolong jenis tanaman perdu, tingginya bisa mencapai 1,5 – 2 meter, tak heran kalau tanaman ini ditanam untuk digunakan sebagai pagar.

Batangnya berkayu, berbuku-buku dan terdapat duri pada setiap ketiak daunnya. Tanaman landep mengandung beberapa senyawa kimia seperti flavonoid, saponi, polifenol dan tannin.

Bagian dari tanaman Landep yang biasa digunakan untuk pengobatan yaitu daun dan akarnya. Daun tanaman Landep bermanfaat untuk pengobatan sakit perut, beser mani, nyeri pada gusi gigi, kudis, kencing kurang lancar, demam sakit pinggang dan rematik. Sedangkan akarnya bermanfaat untuk mengatasi cacingan.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis :

  • Daun memiliki bau yang lemah, rasa agak kelat.

Kandungan kimia Tanaman Obat Herbal Landep :

  • Daun landep mengandung saponin, flavonoida, tanin, garam kalium, dan silikat sedangkan akar mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol.

Efek farmakologis dan hasil penelitian :

  1. Rebusan daun landep dan daun kumis kucing yang diberikan pada tikus putih menunjukkan kenaikan pengeluaran air kencing secara bermakna. Antara rebusan daun landep konsenttasi 20%, 40%, dan rebusan daun kumis kucing konsentrasi 10%, 40% tidak menunjukkan perbedaan bermakna (trifena fenny gowinda, fak. Farmasi univ. Widya mandala, 1992).
  2. Lebih tinggi konsentrasi infus daun landep terhadap kelarutan batu ginjal kalsium dan kalium secara in vitro, bahan yang terlarut semakin banyak, kecuali kalsium, konsentrasi tertinggi 7,5% (sudarmono, fak. Farmasi ugm, 1990).

Tanaman Obat Herbal Kanker Payudara

Pengobatan tradisional kanker payudara menjadi alternatif untuk anda menekan perkembangan sel-sel kanker payudara. Meskipun membutuhkan penanganan medis untuk mengetahui sejauh mana perkembangan sel kanker pada payudara anda akan tetapi pengobatan tradisional ini dapat mendampingi pengobatan medis pada kanker payudara.

Berikut adalah tumbuhan yang memiliki khasiat untuk anda dalam membantu pengobatan kanker payudara :

1. Kunyit

Kunyit ternyata mempunyai kandungajn curcumol yang dapat membantu anda melawan kanker payudara. Caranya anda dapat menggunakan rimpang kunyit putih yang dikupas kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Kemudian diminum secara teratur dua kali sehari. Atau anda dapat mencampurkan 6 gram kunyit putih dengan 10 gram benalu tae tambahkan 5 gram rumput mutiara dan 5 gram waru landak serta 3 gram keladi tikus kemudian rebus dengan 3-4 gelas air hingga tersisa 2 gelas air. Dinginkan sebentar sebelum diminum .

2. Daun sirsak

Pengobatan tradisional kanker dengan bahan-bahan alami ternyata tidak kalah dengan pengobatan medis, kemoterapi. Daun sirsak yang ternyata memiliki khasiat untuk kanker payudara , studi ini didukung dengan penelitian yang dilakukan di negara-negara Eropa. Bahkan para peneliti meyakini daun sirsak bisa mengobati penyakit kanker payudara lebih dari kekuatan kemoterapi.

Kandungan dari sirsak seperti acetogenins, muricapentocin, annocatacin, linoleic acid, annocatalin,gigantetroin dan senyawa lainnya yang ternyata mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara. Anda dapat membuat teh daun sirsak dengan cara 10 lembar daun sirsak tua yang direbus dengan 3 gelas air kemudian sisakan sehingga menjadi 1 gelas kemudian anda dapat meminum 2 kali setiap hari.

3. Bunga Rosella

Rosela berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, Selain itu dapat membantu anda dalam mengendalikan tekanan darah dan lain-lain. Bunga rosella sendiri mengandung vitamin C, vitamin D, B1 dan B2 . Bunga rosella sendiri mengandung kalsium yang begitu tinggi sekitar Selain itu juga mengandung Magnesium, Omega 3 , Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen & Asam Esensial. Melihat kandungannya saja sudah terlihat begitu besar manfaat yang akan didapat.

4. Tapak dara

Mengandung 70 jenis alkaloid yang dapat membantu anda dalam pengobatan kanker payudara. Anda dapat merebus 15 gram daun tapak dara degan 3 gelas air sampai mendidih kemudian saring ambil airnya. Anda dapat meminumnya secara rutin, dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Atau anda juga dapat mencampurkan 22 helai daun tapa dara, kulit kunyit pulasari dan buah adas kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Anda dapat menambahkan gula merah secukupnya. Lakukan 3 kali sehari setiap kali dengan dosis setengah gelas.

5. Kulit Manggis

Adanya kandungan dari buah manggis yang memiliki anti kanker, menghambat sel kanker pada payudara. Terdapat kandungan xanthone yang bermanfaat luar biasa untuk kesehatan terutama untuk anda dalam menjaga kesehataan dalam membantu mencegah kanker payudara. Kandungan Xanthone dapat membantu memperluas pembuluh darah sehingga dapat memperlancar peredaran darah anda. Selain itu buah manggis memiliki kandungan mineral dan kaliaum yang ternyata dapat membantu metabolisme energi.

Dalam penelitian yang lanjut ternyata tidak saja sekedar antioksidan akan tetapi adanya kandungan anti kanker dan zat xanthone dalam bauh manggis mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara. Ekstrak yang dihasilkan dari kulit manggis mampu bersifat antiproliferasi yang dapat menghambat perkembangan sel sel kanker, termasuk kanker payudara. Dan ekstrak kulit manggis mampu bersifat apoptosis yaitu mampu menghancurkan sel kanker.

Manfaat Tanaman Obat Blustru Buat Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit

Tanaman blustru biasanyan ditanam di perkebunan, ladang atau dirambatkan pada pagar halaman. Blustru juga tumbuh liar di tepian sungai dan semak-semak belukar. Seluruh bagian dari tanaman blustru bisa digunakan untuk pengobatan herbal.

  • Meredakan migrain Sakit kepala sebelah
  • Meredakan sakit pinggang
  • Mengatasi sesak nafas
  • Sebagai Pelancar ASI
  • Mengobati wasir
  • Mengobati batuk
  • Mengobati bisul
  • Mengatasi haid

Manfaat lain Tanaman Obat Blustru Buat Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit :

  • Daunnya dapat meluruhkan kencing,merangsang muntah,memberantas
    cacing perut,meluruhkan haid,menurunkan panas,menurunkan panas badan,dan mengobati luka gigitan ular.
  • Akarnya dapat menghilangkan bengkak dan mempelancar sirkulasi darah.
  • Batangnya dapat membunuh cacing perut dan memperlancar sirkulasi
    darah.
  • Bunganya dapat menyembuhkan sinusitis,bisul,batuk,dan sakit
    tenggorokan.
  • Buahnya dapat mengatasi batuk,cacing perut ,haid tidak lancar,tumor
    Sipilis,dan membersihkan darah.

Kandungan Senyawa Tanaman Obat Blustru :

  • Cucurbitacin, luffein, citrulline dan saponin triterpen yang berkhasiat untuk penghenti perdarahan (hemostatis), peluruh dahak, keputihan, sukar buang air besar, haid tidak teratur , bisul, mimisan, batuk sesak dan pencahar ringan (laksatif).

Nama Lokal Tanaman Obat Blustru  :

NAMA DAERAH: Sumatera: blustru (Melayu),- hurung jawa, ketola, timput (Palembang). Jawa: lopang, oyong (Sunda), bestru, blestru, blustru (Jawa). Maluku: dodahala (Halmahera), petola panjang, p. cina. NAMA ASING: Si gua luo (C), patola, taboboc (Tag.), sponskomkommer, zeefkomkommer (B), sponge gourd, gourd towel, loofah (I). Nama simplisia Retinervus Luffae Fructus (sabut buah blustru), Luffae Folium, (daun blustru).

Ciri-ciri Tumbuhan/Tanaman Obat Blustru :

  • Panjang batangnya dapat mencapai 2-10 m, memanjat dengan sulur-sulur (alat pembelit) yang keluar dari ketiak daun. Daun tunggal, panjang tangkai daun 4-9 cm, dan letak berseling. Helaian daun bulat telur melebar, berlekuk menjadi 5-7 buah, pangkal daun berbentuk jantung, tulang daun menonjol di bawah, warna permukaan atas daun hijau tua, warna permukaan bawah daun hijau muda, panjang 6-25 cm,serta lebar 7,5-27 cm.
  • Bijinya gepeng dengan tepi berbentuk sayap, licin, berwarna hitam. Blustru banyak dimanfaatkan oleh masyarakat mulai dari buah yang mudanya hingga sabutnya. Buah muda dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayur, sedang daun muda dapat digulai atau dibotok. Sabutnya dapat digunakan untuk mencuci perabotan rumah tangga.
  • Buah tergantung atau tergeletak di atas tanah, bentuknya silindris atau bulat memanjang, panjang 10-50 cm dengan garis tengah 5-10 cm, jika sudah tua berwarna cokelat.
  • Bagian dalam buah yang sudah masak terdapat anyaman sabut yang rapat.
  • Bunga berkelamin tunggal, terdapat dalam satu pohon.
  • Mahkota bunga berwarna kuning.

Khasiat Tanaman Obat Daun Pepaya

Tanaman ini dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi karena sifatnya yang manis dan menyegarkan.

Pohon pepaya sering kita ditemui dimana-mana, di pekarangan rumah atau di kebun-kebun. Orang sunda biasa menyebutnya “gedang”, kalau orang jawa biasa menyebutnya “kates”.

Daging pepaya yang masih muda biasa digunakan sebagai sayuran, atau bisa juga dirujak. Dagingnya yang sudah matang sangat enak untuk dimakan. Daun pepaya yang muda bisa juga digunakan sebagai lalapan makan dengan sambal.

Buah pepaya banyak dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Jumlah zat yang terkandung dalam 100 gram daun pepaya :

Vitamin A 18250 SI

Vitamin B1 0,15 miligram

Vitamin C 140 miligram

Kalori 79 kal

Protein 8,0 gram

Lemak 2,0 gram

Hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram

Kalsium 353 miligram

Air 75,4 gram

Manfaat Biji Buah Pepaya Menyembuhkan Berbagai Macam Jenis Penyakit:

  • Menetralisir Racun dalam hati
  • Biji Pepeya sebagai antibakteri
  • Menghilangkan Parasit di Usus
  • Mengobati cacingan
  • Melindungi Ginjal

Manfaat Akar Pepaya Menyembuhkan Berbagai Macam Jenis Penyakit:

  • Mengatasi gangguan saluran kencing
  • Untuk mengobati rematik
  • Mengobati Cacingan
  • Kesehatan Ginjal

Khasiat lain Tanaman Obat Daun Pepaya :

  • Khasiat Tanaman Obat Daun Pepaya Mengatasi Cacing gelang.

Cara Membuat : (a) 2 sendok makan biji pepaya, giling halus, seduh dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, minum panas-panas. (b) 2 sendok biji pepaya, lumatkan, seduh dengan 1/2 gelas air, beri 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat sekali sehari.

  • Mengobati Jengkolan (susah buang air karena terlalu banyak makan jengkol).

Cara Membuat : (a) Setengah tankai daun pepaya, 10 lembar daun kacang panjang dan 6 tangkai daun singkong dicuci, tumbuk hingga halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak, remas, tambahkan 1 sendok madu, peras, saring. Minum 1-2 kali sehari. (b) 1/2 tangkai daun pepaya, 10 helai daun kacang panjang, 6n tangkai daun singkong dicuci, lumatkan, beri 1/2 gelas air matang, peras. Beri 1 sendok makan madu sebelum diminum. Minum 2 kali sehari.

  • Mengatasi Rambut Beruban.

Cara Membuat : (a) Gongseng 30 biji pepaya, tumbuk sampai halus, campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa, gosokkan pada kulit kepala yang beruban; (b) Jemur 2 sendok makan biji pepaya sampai kering, sangrai sampai hangus, tumbuk sampai halus, campurkan sedikit minyak kelapa, aduk rata. Oleskan pada kulit kepala yang sudah dikeramas. Gunakan sebelum tidur.

  • Buang air besar tidak teratur, Maag, Sariawan, dan sembelit.

Cara Membuat : Makan buah pepaya segar 3 kali sehari.

  • Merangsang nafsu makan.

Cara Membuat : Sehelai daun pepaya dicuci, lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras. Minum airnya sekaligus.

  • Mengobati Flu.

Cara Membuat : Cuci 2-3 helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum 2 kali sehari untuk anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dewasa.

  • Mencegah demam nifas.

Cara Membuat : Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama 2 hari berturut-turut.

  • Melancarkan air seni dan mengeluarkan batu ginjal.

Cara Membuat : 3 jari akar pepaya dipotong-potong, rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari 3/4 gelas. Boleh diberikan sesendok madu.

  • Mengobati Hipertensi.

Cara Membuat : Parut sebuah pepaya muda, peras. Minum airnya 2 kali sehari. Lakukan selama 3 hari.

  • Mengobati Keputihan.

Cara Membuat : Sehelai daun pepaya dicuci, iris halus, beri 50 gram akar alang-alang yang bersih, pulasari, rebus dengan 1,5 liter air, didihkan, saring. Minum sekali sehari segelas.

  • Mengatasi Diare.

Cara Membuat : Keringkan segenggam biji pepaya, tumbuk halus. Seduh seperti menyeduh teh. Minum 3 kali sehari  1 gelas.

  • Menghilangkan Jerawat.

Cara Membuat : Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Oleskan sarinya pada jerawat.

  • Melancarkan haid.

Cara Membuat : 2 helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus 1 kali sehari.

  • Melancarkan ASI.

Cara Membuat : Beberapa helai daun pepaya dicuci, layukan di atas api. Hangat-hangat ditaruh di sekeliling payudara.

  • Digigit serangga berbisa.

Cara Membuat : 5 jari akar pepaya dicuci, lumatkan. Tempelkan pada bagian yang sakit, balut dan perban.

  • Pengobatan Luka bakar.

Cara Membuat : Sebuah pepaya muda dicuci, gores-gores agar getahnya keluar. Oleskan getah pada luka.

  • Mengeluarkan pecahan kaca.

Cara Membuat : Beberapa daun pepaya dicuci, lumatkan, beri garam. Oleskan pada kulit yang terkena pecahan kaca, balut. Pecahan kaca akan keluar dan luka akan mengering.

  • Mengobati Kutil.

Cara Membuat : Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.

  • Luka kecil.

Cara Membuat : Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.

  • Tumit pecah-pecah.

Cara Membuat : Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan 1/4 jam, lalu cuci. Lakukan sekali sehari.

  • Mengobati Sakit gigi.

Cara Membuat : Getah pepaya muda diteteskan ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas.

  • Kulit melepuh karena panas.

Cara Membuat : Toreh kulit buah pepaya, tampung getahnya dan oleskan, diamkan sehari semalam. Bila bagian yang melepuh agak luas, parutlah pepaya dan daging buahnya ditempelkan.

  • Malaria dan demam.

Cara Membuat : Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.

  • Mengobati gigitan ular berbisa.

Cara Membuat : 5 jari akar pepaya, cuci, tumbuk sampai halus, tempelkan pada bagian yang terkena, balut. Ganti 2 kali sehari.

Khasiat Tanaman Obat Daun Miana

Tanaman Miana tumbuh sumbur di daerah dataran tinggi dengan ketingian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut. Tanaman Miana hidup liar dan juga bisa ditemui di dataran rendah di sekitar sungai, pematang sawah, ladang dan kebun-kebun.

Sebagian masyarakat memelihara tanaman miana ini sebagai tanaman hias karena warna daunnya cukup indah. Bentuk daunnya seperti bulat telur dengan ujung daunnya yang runcing dan pangkalnya membulat. Permukaan daunnya berambut, warnanya hijau keunguan dan ditepian daunnya bergerigi.

Daun miana adalah tanaman yang biasanya dimanfaatkan untuk kecantikan rumah atau tanaman hias, mungkin karena corak warna tanaman yang satu ini terkesan sangat indah dan menerik. Disisi lain jika kita lebih jeli memanfaatkan daun miana sebagai obat herbal khasiat dan manfaat daun miana sangat luar biasa untuk kesehatan. Tanaman ini mempunyai Nama latin (Coleus atropurpureus Benth) dan di indonesia sendiri daun miana lebih populer dengan nama daun iler, atau daun jawer.

Sedangkan untuk ciri-ciri daun miana yaitu mempunyai daun yang mirip dengan hati, dilengkapi dengan lekukan indah pada bagian pinggir daun, warna daun miana tergantung dari varietas atau jenis bunga tersebut, namun pada umumnya daun miana berwarna cerah.

Selain dipercaya masyarakat jaman dahulu untuk mengobati beberapa penyakit, Daun iler atau daun miana dapat dibuktikan secara ilmu medis dapat berkhasiat untuk kesehatan maupun pengobatan, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat-zat yang cukup penting yang ada dalam daun tersebut, salah satunya adalah kalsium oksalat, tannin, fitosterol, pectic substances, eugenol, etil salisilat, dan karvakrol yang berfungsi sebagai antibiotik.

Khasiat Tanaman Obat Daun Miana :

  1. Sebagai pereda mulas dan sakit perut
  2. Mengatasi mata merah akibat iritasi
  3. Mengontrol kadar gula darah
  4. Mengobati flu dan batuk
  5. Menangkal radikal bebas
  6. Melancarkan menstruasi
  7. Sebagai tanaman hias
  8. Mengobati luka borok
  9. Mengobati diabetes
  10. Mengobati ambeien
  11. Menurunkan demam
  12. Mengobati konstipasi
  13. Mengobati bisul
  14. Mengobati tifus
  15. Mengatasi sembelit

Klasifikasi Tanaman Obat Daun Miana atau biasa disebut dengan Iler :

Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas Asteridae
Ordo Lamiales
Famili Lamiaceae
Genus Coleus
Spesies Coleus atropurpureus (L) Benth

Senyawa kimia yang terkandung dalam daun miana (Coleus benth):

  • Golongan minyak atsiri
  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Steroid
  • Tanin
  • Dan saponin

Secara empiris daun miana ini dapat berefek farmakologis antara lain :

  • Sebagai penambah nafsu makan
  • Antimalaria
  • Penambah darah
  • Sebagai terapi penyakit jantung. Bagian yang digunakan atau dimanfaatkan adalah daunnya.

12 Khasiat Tanaman Obat Tradisional Daun Pacar Cina :

  1. Mengatasi masalah perut dan lambung layaknya perut kembung, mual dan maag
  2. Mengobati luka memar pada bagian tubuh yang sakit
  3. Mengatasi susah menelan dan sakit tenggorokan
  4. Mempercepat proses persalinan bagi ibu hamil
  5. Mengatasi batuk dan menyembuhkan dahak
    Mengobati sulit menelan/memakan sesuatu
  6. Terlalu banyak darah saat menstruasi
  7. Sebagai bahan biopestisida
  8. Mampu menyembuhkan bisul
  9. Mengobati Penyakit Kelamin
  10. Mengobati penyakit diare
  11. Mengatasi bau badan
  12. Mengatasi pusing

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis Tanaman Obat Tradisional Daun Pacar Cina :

  • Pacar cina bersifat pedas, manis, netral, masuk meridian paru, lambung, dan hati.

Kandungan Kimia anaman Obat Tradisional Daun Pacar Cina :

  • Daun pacar cina mengandung minyak asiri, alkaloid, damar, garam mineral, dan tanin.

Tanaman Obat Tradisional Daun Pacar Cina merupakan tanaman asli Asia Tenggara, tersebar di Sumatera, Jawa dan beberapa negara tetangga. Tanaman ini biasa ditanam di pekarangan rumah, ada juga yang tumbuh liar di kebun-kebun yang mendapat sinar matahari yang cukup.

Tanaman pacar cina (Aglaia odorata Lour.) merupakan tanaman obat berbentuk perdu yang diduga berasal dari Asia Tenggara khusunya Indonesia. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 2-6 meter dengan batang berkayu, bercabang banyak dengan tangkai berbinti-bintik berkelenjar warna hitam.

Nama Lokal anaman Obat Tradisional Daun Pacar Cina :

  • Culan (Sunda). pacar culam (Jawa).; Pacar cina, culan (Sumatera). Mi zi lan (China).

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Obat Daun Saga Rambat

Daun saga rambat adalah salah satu tumbuhan liar yang dapat kita temukan di pinggiran jalan atau di pekarangan rumah. Daun saga rambat memiliki nama ilmiah (Abrus Precatoruis), karena naman yang sama terkadang orang masih rancu antara daun saga rambat dan pohon saga (Adenanthera Pavonina).

Hal ini sebenarnya disebebkan karena orang-orang pada umumnya menyebut kedua tumbuhan tersebut dengan nama saga saja, disisi lain tidak banyak orang yang tahu persis mengenai manfaat daun saga rambat.

Saga rambat termasuk jenis tanaman gulma dan tumbuh secara liar. Daun saga rambat dianggagap mengganggu tanaman yang sengaja ditanam maupun karena merusak keindahan. Khasiat daun saga rambat diantaranya adalah untuk mengobati sariawan dan penyakit lainnya.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Obat Daun Saga Rambat :

  • Ddapat Mengobati Tekanan Darah Tinggi
  • Dapat  Mengobati Penyakit Jantung
  • Dapat  Mengobati Panas Dalam
  • Dapat  Mengobati Batuk Kering
  • Dapat  Mengobati Radang Mata
  • Sebagai Obat Amandel
  • Dapat  Menyehatkan Rambut
  • Mengobati Hipertensi
  • Mengatasi Sariawan
  • Mengatasi Parasit
  • Obat Bronchitis

Apa saja kandungan yang terdapat pada daun dan akar saga buat kesehatan :

  • Polygalacturomic acid dan petosan
  • Vitamin A, C, B1, B16
  • Kalsium Oksalat
  • Protein
  • Glisirizin
  • Flisirizinat

Kandungan apa saja yang terdapat pada daun dan bija saga ?

  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Saponin
  • Tanin

Kandumgan kimia yang terdapat pada daun saga buat kesehatan tubuh :

  • Abruquinone D, E, F
  • Abrussaponin 1, 2
  • Precatorin 1, 2, 3
  • Isoorientin
  • L-abrine
  • Luteolin

Tanaman Herbal Saga Rambat :

  • Nama Ilmiah : Abrus Precantorius L.
  • Nama Daerah : thaga (Aceh), Saga rambat, saga telik (Jawa), ghak-saghakan lakek (Madura), saga areuy,
  • Saga leutik (Sunda), saga biji (Melayu), kanderi (Lampung)
  • Nama Asing : xiang siji (Cina), crab’s eyes, bead tree (Inggris), Paternosterboontjes, jequirity, gunchi.

Manfaat Tanaman Obat Daun Dewa Dan Khasiatnya

Daun Dewa mempunyai nama latin (Gynura divaricata), orang China menyebutnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitar 30-40 cm, merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar.

Daun Dewa memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm, dengan tangkai pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip, bertoreh pada tepi daun serta warna hijau keunguan. Daun dewa juga memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.

Manfaat Tanaman Obat Daun Dewa Dan Khasiatnya :

  • Mengobati perdarahan atau pembengkakan payudara
  • Menghambat pertumbuhan Kista pada rahim wanita
  • Mengobati pendarahan pasca melahirkan normal
  • Membantu menyembuhkan penyakit TBC
  • Menghilangkan flek hitam pada wajah
  • Penghambat pertumbuhan tumor
  • Membantu menurunkan kolesterol
  • Mengobati gigitan binatang buas
  • Sebagai obat pencegah kanker
  • Membantu meluruhkan urine
  • Mengobati kejang pada anak
  • Mengobati demam berdarah
  • Mengatasi gangguan haid
  • Mengobati tulang patah
  • Digigit binatang berbisa
  • Membersihkan racun.
  • Mengobati hipertensi
  • Mengobati ganglion
  • Mengobati keseleo
  • Mengobati kanker
  • Mengobati wasir
  • Mengobati kutil
  • Mengobati luka
  • Kencing manis

Manfaat Daun Tanaman Obat Daun Dewa :

Khasiat Daun Dewa Luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan perdarahan (Batuk darah, muntah darah, mimisan), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, digigit binatang berbisa.

Manfaat Umbi Tanaman Obat Daun Dewa :

Menghilangkan bekuan darah (haematom) pembengkakan, tulang patah (Fraktur), perdarahan sehabis melahirkan.

Cara Pemakaian Tanaman Obat Daun Dewa :

  • Pemakaian dalam: 15-30 gram daun segar, direbus atau ditumbuk kemudian diperas, lalu minum.
  • Pemakaian luar: Secukupnya tumbuhan ini dilumatkan sampai seperti bubur, ditempelkan ke tempat yang sakit.

Kandungan zat Tanaman Obat Daun Dewa :

  • asam p-hidroksi benzoate
  • alkaloid, triterpenoid
  • asam klorogenat
  • asam p-kumarat
  • minyak astiri
  • Vitamin K.
  • saponin
  • polifenol
  • flavonoid
  • tannin
  • vanilat
  • sterol

Seputar penjelasan Tanaman Obat Daun Dewa :

Daun dewa bisa juga digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, menurunkan tekanan darah tinggi, menghentikan pendarahan, pereda rasa nyeri (analgesik), penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai obat pembersih racun dalam tubuh.

Pengobatan dengan daun dewa bisa dengan daun segar yang disajikan secara langsung atau dalam bentuk ekstraknya.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, ambil tujuh lembar daun dewa yang cukup lebar dan siap panen, kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa kira-kira dua gelas.

Air rebusan yang tersisa bisa diminumkan dua kali dalam sehari sesudah makan. Atau bisa juga daun dewa dijadikan sebagai lalapan makan.

Untuk obat luka memar, gunakan daun dan umbi daun dewa seberat 20 gram dan daun daun jarak yang masih segar 10 lembar. Lalu, haluskan ketiganya sampai halus, setelah itu tapalkan pada daerah yang memar.

Ciri-ciri Tanaman Obat Daun Dewa :

  • Daunnya memiliki panjang hingga 20 cm dengan lebar 10 cm. Berbentuk bulat lonjong, berbulu halus, ujung daun lancip. Tepian daun berwarna hijau keunguan
  • Memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, kelopak bungan berbentuk cawan warna hijau, dengan benang sari berbentuk jarum warna kuning
  • Batang daun pendek, lunak, dan berbentuk segi lima, penampang berbentuk lonjong, dan berambut pada sisi luar
  • Memiliki tinggi antara 30 hingga 40 cm
  • Memiliki batang yang tegak
  • Memiliki tangkai daun yang pendek
  • Dapat berkembang biak dengan stek batang maupun umbi.

Pengolahan Tanaman Obat Daun Dewa :

Pengolahan obat yang berasal dari daun dewa, bisa dengan daun segar yang disajikan langsung ataupun dalam bentuk ekstrak, yaitu daun disterilkan dan dikeringkan. Setelah benar-benar kering, daun digiling hingga menjadi tepung atau simplisia. Kemudian tepung disaring agar halus rata, lalu siap dimasukkan dalam kapsul.

Manfaat Akar Wangi Untuk Kesehatan

Akar wangi atau narwastu (serai wangi, rumput akar wangi, vetiver, Chrysopogon zizanioides syn. Vetiveria zizanioides, Andropogon zizanioides) adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, dan masih sekeluarga dengan serai atau padi.

Akarnya yang dikeringkan secara tradisional dikenal sebagai pengharum lemari penyimpan pakaian atau barang-barang penting, seperti batik dan keris. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar.

Tumbuhan ini merupakan komoditas perdagangan minor walaupun cukup luas penggunaan minyaknya dalam industri wangi-wangian.

Mencegah batu ginjal :

Anda juga bisa menggunakan akar wangi sebagai ramuan penghancur batu ginjal secara alami. Pengobatan alami memang sedang menjadi primadona saat ini karena sudah terbukti ampuh dan aman dalam mengobati penyakit. Penyakit batu ginjal termasuk dalam salah satu jenis penyakit yang berbahaya dimana jika dibiarkan dapat merusak fungsi organ ginjal seluruhnya dan ini adalah hal yang sangat fatal. Jika ginjal rusak maka seluruh racun dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dan membuat gangguan lain pada ogan lainnya hingga kemudian menjadikan masalah komplikasi penyakit yang lebih serius lagi.

Oleh karena itu, anda harus segera mengobatinya. Caranya adalah dengan membuat ramuan dari akar wangi yang direbus. Rebusan tersebut anda konsumsi secara rutin setiap pagi dan sore hari dan diminum dalam masih hangat. Lakukan hal tersebut sampai batu ginjal pecah dan keluar melalui urin. Proses keluarnya batu ginjal melalui urin ini memang akan menyakitkan namun itu tandanya anda sudah mulai sembuh dan mendapatkan ginjal sehat anda kembali.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut memang sangat menganggu apalagi jika anda harus melakukan interaksi dengan orang lain tentunya dengan bau mulut ini bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri anda. Nah, untuk mengatasi masalah bau mulut anda juga bisa menggunakan ramuan dari akar wangi dan beberapa jenis tanaman herbal lainnya. caranya adalah dengan membuat ramuan dari akar wangi, daun pegagan, daun sirih dan kapulaga dan dijadikan sebagai obat kumur. Kumurlah secara rutin menggunakan ramuan yang sudah dibuat tadi setiap pagi dan malam hari atau saat anda merasa mulut anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Dengan menggunakan ramuan tersebut dijamin nafas anda akan menjadi segar dan bau mulut menghilang serta tingkat kepercayaan diri anda kembali seperti semula.

Sebagai pengharum alami :

Seperti dengan namanya manfaat dari akar wangi ini tidak jauh dari fungsinya sebagai bahan wewangian atau pengharum ruangan. Akar wangi menghasilkan minyak vetiveria atau minyak esensial yang sudah sejak lama digunakan dalam industri kosmetik seperti parfum, sabun, bedak dan lainnya. aroma dari akar wangi ini mirip dengan aroma kayu cendana yang sudah banyak digunakan sebagai bahan parfum kelas tinggi.

Mengatasi rematik :

Penyakit rematik merupakan penyakit yang biasanya diderita oleh orang lanjut usia baik wanita maupun pria. Penyakit rematik sama dengan penyakit asam urat dimana gejalanya adalah adanya rasa sakit yang amat terasa terutama di bagian persedian tulang. Nah untuk membantu mengatasi penyakit rematik ini anda dapat menggunakan tanaman akar wangi. Caranya juga sangat mudah yaitu hanya dengan menggosok-gosokkan saja akar wangi pada bagian sendi yang sakit dan tunggu beberapa saat sampai rasa sakit mereda. Lakukan hal ini ketika rematik atau asam urat kambuh supaya rasa sakit tidak begitu menyiksa.

Mengatasi encok dan pegal linu :

Encok dan pegal linu juga biasanya lebih banyak dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun untuk pegal linu sepertinya bagi anda yang masih muda juga sudah sering mengalaminya ya. nah, rasa sakit karena encok dan pegal linu juga bisa diredakan dengan menggunakan akar wangi ini. caranya pun sama dengan cara mengatasi rematik yaitu dengan menggosok-gosokkan akar wangi pada bagian tubuh yang terasa encok dan pegal linu. Kandungan alami yang ada di dalam akar wangi ini akan langsung masuk ke dalam tulang dan meredakan encok serta pegal linu yang anda rasakan.

Mengobati luka :

Manfaat lainnya yang ada di dalam akar wangi bagi kesehatan adalah mampu mengobati luka luar karena pendarahan yang lebih cepat kering. Caranya adalah dengan menumbuk akar wangi sampai halus dan kemudian dibalurkan ke area luka. Kemudian jangan lupa ditutupi atau dibalut dengan menggunakan perban atau kain kasa supaya zat dari akar wangi yang berfungsi sebagai penyembuh luka menjadi cepat masuk ke dalam luka dan membunuh semua bakteri. So, jadi jangan lupa untuk mempersiapkan persediaan akar wangi di rumah anda ya.

Mengatasi bengkak :

Selain mampu mengobati luka, manfaat lainnya dari akar wangi adalah untuk membantu mengatasi bengkak. Bengkak yang terjadi bisa karena dari luka itu sendiri atau karena tubuh sedang pegal hingga membuat tubuh bengkak. Cara yang digunakan pun anda hanya tinggal menggosok-gosokan akar wangi pada bagian tubuh yang bengkak saja. terus ulangi sampai bengkak mereda dan anda bisa mengulanginya lagi jika tubuh bengkak kembali.

Mengatasi panas demam :

Kemudian manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari akar wangi adalah mampu membantu menurunkan panas dan demam. Terutama pada anak-anak sebaiknya anda menggunakan ramuan dari akar wangi ini untuk mengatasi demam dibandingkan dengan menggunakan obat kimia dari pabrik yang sudah banyak beredar di pasaran. Hal ini disebabkan karena obat kimia tidak begitu baik bagi tubuh terutama bagi anak-anak yang sistem metabolisme tubuhnya belum stabil. Selain itu dengan menggunakan akar wangi juga akan mengeluarkan aroma terapi alami sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang sehingga proses penyembuhan pun bisa dilakukan lebih cepat dan anak tidak rewel.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Temulawak  adalah merupakan salah satu tanaman temu-temuan, yakni tanaman. berbentuk akar dan rimpang (batang di bawah tanah) yang digunakan untuk membuat obat. Temulawak hidup didaerah dengan ketinggian 5 – 750 meter diatas permukaan laut.

Tanaman temulawak dapat mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati. Sebenarnya masih banyak jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan tanaman obat ini. bila penggunaannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain, tentu khasiatnya akan semakin terasa.

1. Menurunkan lemak darah

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu temulawak dapat menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid, ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Hati / Liver

Manfaat temulawak yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah untuk memelihara fungsi hati agar tetap sehat. Kandungan kalagoga yang ada dalam temulawak berfungsi untuk memproduksi empedu di dalam hati dan merangsang pengosongan pada kandung empedu.

3. Obat Penyembuhan Hepatitis

2 jari temulawak, lalu cuci dan kupas. Iris dan rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Minum dua kali sehari.

4. Meredakan Derita Asma

Setengah rimpang temulawak, cuci bersih. Kupas dan iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air dan campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengah. diminum 3 kali sehari.

5. Pengobatan Untuk Sakit Ginjal

Temulawak dicuci bersih dan dikupas. Siapkan 4 gelas air lalu rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus sampai airnya tersisa setengah. diminum tiga kali sehari.

6. Dapat mengatasi kanker

Jamu temulawak juga sangat efektif untuk mengatasi penyakit kanker payudara, kanker usus, dan juga kanker prostat. Kandungan curcumin yang terdapat pada kandungan yang dimiliki oleh temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Serta dijelaskan juga bahwa hal tersebut mampu menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

7. Manfaat Temulawak Untuk Melancarkan ASI

Temulawak ternyata dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI untuk ibu menyusui . Dikarenakan antioksidan Temulawak bermanfaat untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi seperti protein dan asam lemak yang diperlukan untuk memproduksi ASI . Oksidasi nutrisi jika terjadi bisa membuat produksi ASI menurun dan mengurangi kualitas ASI.

8. Mengatasi gangguan pencernaan

Ramuan ini juga dapat mengatasi ataupun mengobati berbagai gangguan sistem pencernaan yang menyerupai perut kembung, dyspepsia, serta indisgetion. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi ramuan ini demi mendapatkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Hasil pengujian memberikan hasil perbaikan pada penderita radang sendi.

Di India, telah lama menggunakan tanaman herbal selama ribuan tahun untuk mengobati dan mencegah peradangan seperti arthritis. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine , pasien yang diperiksa bermasalah pada radang sendi lutut meminum ekstrak temulawak dan ibuprofen setiap hari selama enam minggu. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ekstrak temulawak bekerja sama dengan baik oleh ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis tanpa mengalami efek samping yang merugikan.

10. Menyehatkan jantung

Temulawak atau yang juga disebut curcuma ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

11. Mengatasi penyakit maag

Untuk mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 rimpang. Cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin.

Manfaat Sambiloto Dan Cara Mengolahnya 

Sambiloto adalah salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit pada tubuh manusia, di antaranya adalah.

1. Mengobati kencing manis

Siapkan daun sambiloto segar kira-kira sebanyak 1/2 genggam kemudian dicuci sampai bersih dan direbus dengan menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa dua seperempat gelas. Setelah dingin kemudian disaring, setelah itu diminum setelah makan 3 kali dalam sehari masing-masing 3/4 gelas.

2. Mengobati tifus

Ambil 10 hingga 15 daun sambiloto dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas kemudian diminum air rebusannya setelah dingin.

3. Mengobati radang tenggorokan

Ambil 10 hingga 15 lembar daun sambiloto dan rebus dengan menggunakan 2 hingga 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersebut tersisa sekitar 1 gelas. Setelah itu dinginkan dan minum air rebusannya. Lebih baik lagi jika ramuan ini ditambahkan dengan 3 hingga 5 lembar daun sirih merah.

4. Mengobati Tifoid

Daun sambiloto kira-kira sebanyak 10 hingga 15 lembar. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, tambahkan madu asli secukupnya, setelah itu minum sekaligus. Lakukan hal itu 3 kali sehari.

5. Mengobati Disentri basiler, Mengobati diare, Mengobati radang saluran napas, Mengobati radang paru

Ramuan untuk nomor 2-5 di atas gunakan daun sambiloto yang sudah dikeringkan sebanyak 9 hingga 15 gr. Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring. Air rebusannya tersebut diminum sehari sebanyak 2 kali, masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

6. Mengobati disentri, Mengobati influenza, Mengobati sakit kepala

Mengobati influenza dan sakit kepala gunakan bubuk kering daun sambiloto sebanyak 1 gram kemudian diseduh dengan mengunakan secangkir air panas. Setelah dingin, kemudian diminum sekaligus, Lakukan 3 hingga 4 kali sehari.

7. Mengobati demam

Sambiloto yang masih segar sebanyak 1 genggam, kemudian ditumbuk. Tambahkan sekitar 1/2 cangkir air bersih, setelah itu saring lalu minum airnya sekaligus. Daun sambiloto segar yang digiling dengan halus juga dapat digunakan sebagai kompres badan yang panas.

8. Mengobati TB paru

Sambiloto yang sudah kering dan digiling menjadi serbuk. Tambahkan madu asli secukupnya kemudian diaduk hingga rata menggunakan air matang 2 hingga 3 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 15 hingga 30 pil.

9. Mengobati batuk rejan atau pertusis, Mengobati darah tinggi

Untuk no 7 dan 8 diatas siapkan daun sambiloto segar sebanyak 5 hingga 7 lembar yang diseduh dengan menggunakan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan saja madu asli secukupnya dan diaduk hingga rata. Setelah dingin kemudian Anda minum sekaligus. Lakukan ini sehari 3 kali saja.

10. Mengobati radang paru, Mengobati radang mulut, Mengobati radang tonsilitis

Untuk ketiga penyakit ini siapkan bubuk kering herba daun sambiloto sebanyak 3 hingga 4,5 gram yang diseduh dengan menggunakan air panas. Setelah dingin Anda dapat menambahkan madu asli secukupnya kemudian diminum sekaligus.

11. Mengobati Faringitis atau radang amandel

Siapkan daun sambiloto segar sebanyak 9 gram yang telah dicuci dan dibilas dengan menggunakan air matang. Kunyah daun tersebut dan aimya ditelan saja.

Mengobati hidung berlendir atau rinorea, Mengobati infeksi telinga tengah (OMA), Mengobati sakit gigi :
Untuk ketiga penyakit diatas siapkan daun sambiloto yang masih segar sebanyak 9 hingga 15 gram direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, setelah itu diminum 2 kali sehari masing-masing1/2 gelas saja. Untuk OMA, gunakan daun sambiloto yang masih segar yang telah dicuci kemudiandigiling hingga halus dan kemudian diperas. Gunakan airnya untuk tetes telinga.

Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam

Habbatussaudah biasa juga disebut nigella sativa alias jintan hitam adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Pengertian lain Habbatussauda adalah salah satu jenis tanaman yang sering kita temukan di indonesia, tanaman ini sering digunakan untuk dijadikan sebagai bumbu masakan. Tanaman herbal ini telah dimanfaatkan untuk pengobatan sejak 2000 sampai 3000 SM, sejak itulah tanaman jantan hitam ini mulai dikembangkan untuk dijadikan sebagai obat herbal yang mujarab.

  1. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat membantu mengembalikan fungsi organ penglihatan dari mata kabur atau menerangkan pemandangan
  2. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat menghambat lemak dan membakar lemak berlebih dalam tubuh yang dibakar menjadi tenaga
  3. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat mengatasi penyakit atau gangguan kesehatan yang berkaitan dengan perut
  4. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat melancarkan aliran darah dan mencairkan bekuan darah yang tersumbat
  5. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat mengembalikan sistem kekebalan tubuh
  6. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat memulihkan dan menyegarkan tubuh kembali setelah sakit
  7. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam sebagai penambah stamina dan tenaga
  8. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat mengembalikan fungsi kerja dari sel-sel urat besar pada otot tubuh
  9. Manfaat Habbatussaudah Jintem Hitam dapat membantu menjaga keseimbagan tubuh
  10. Habbatussauda dapat merangsang tenaga batin
  11. Habbatussauda sebagai penambah darah bagi yang menderita anemia
  12. Habbatussauda dapat membersihkan darah dari toksin atau racun
  13. Habbatussauda dapat mengoptimalkan fungsi kerja dari jantung
  14. Habbatussauda dapat mengatasi tekanan darah tinggi/hipertensi
  15. Habbatussauda dapat menjaga bentuk tubuh tetap ideal
  16. Habbatussauda dapat memudahkan buang air kecil dan air besar
  17. Habbatussauda dapat memulihkan penyakit yang berkepanjangan
  18. Habbatussauda dapat mengobati luka bekas operasi atau sayatan
  19. Habbatussauda dapat mengobati batuk rejan, batuk kering
  20. Habbatussauda dapat mencegah tubuh darai rasa letih, lesu dan mudah lelah

Karakteristik Habbatussauda :

Jenis tanaman Habbatussauda memiliki ciri-ciri seperti berikut, diantaranya yaitu :

  • Tanaman Habbatussauda merupakan jenis tanaman herbal yang berdiri tegak
  • Tanaman ini memiliki ketinggian mencapai 70 cm
  • Tanaman ini memiliki bentuk batang yang bercabang-cabang
  • Daun tanaman Habbatussauda memiliki ciri-ciri seperti daunnya yang berseling, berbulu halus dan memiliki tangkai yang kuat.
  • Memiliki warna daun yang hijau dan dapat berubah warna menjadi cokelat kemerah-merahan.
  • Tanaman Habbatussauda dapat tumbuh bunga disekitar ujung batang atau disekitar cabangnya, serta memiliki tangkai bunga yang panjang dan dipenuhi dengan bulu-bulu halus.
  • Bunga yang tumbuh pada tanaman jintan, memiliki warna putih kekuning-kuningan
  • Buah yang dihasilkan menyerupai bentuk kapsul dengan warna buah hijau keabu-abuan
  • Dari setiap buah jintan, terdapat biji buahnya sekitar 3-4 biji yang berwarna hitam
  • Bentuk biji buah Habbatussauda berbentuk segitiga dan memiliki aroma yang sangat khas serta memiliki kandungan minyak di dalamnya.

Kandungan Senyawa :

Kandungan senyawa yang terdapat pada Habbatussauda cukup banyak, tanaman ini memiliki senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa kandungan senyawa yang terkandung di dalam biji buah Habbatussauda, diantaranya yaitu :

  • Minyak asiri
  • Saponin
  • Thimoquinone
  • Minyak padat
  • Nigellone
  • Minyak lemak, dan
  • Alkaloid

Manfaat Dan Kandungan Gizi Pada Seledri 

Seledri telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai unsur pengobatan dan penyedap masakan. salman Tua telah menuliskannya sejak awal penanggalan modern. Linnaeus mendeskripsikannya pertama kali dalam edisi pertama Species Plantarum. Ia memasukkan seledri dalam suku Umbelliferae, yang sekarang dinamakan Apiaceae (suku adas-adasan).

Seledri adalah terna kecil, kurang dari 1m tingginya. Daun tersusun gemuk dengan tangkai pendek. Tangkai ini pada kultivar tertentu dapat sangat besar dan dijual sebagai sayuran terpisah dari emaknya. Batangnya biasanya sangat bantet. Pada kelompok budidaya tertentu membesar membentuk umbi, yang juga dapat dimakan. Bunganya tersusun majemuk berkarang. Buahnya kecil-kecil berwarna coklat gelap.

Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata.
Seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C, yang sangat penting untuk metabolisme yang optimal.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang membahas tentang Manfaat Dan Kandungan Gizi Pada Seledri. Simak dan perhatikanlah dengan seksama.

  1. Daun dan biji-bijian mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup terpen, limonene dan humulene. Namun aroma khas seledri ini disebabkan senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidro-nya) di dalamnya.
  2. Seledri merupakan tanaman herbal yang sangat rendah kalori. Daun seledri hanya berisi 16 kalori per 100 g dan mengandung serat non larut , yang bila dikombinasikan dapat menurunkan berat dan kadar kolesterol dalam darah.
  3. Mencegah dan mengatasi obesitas.Seluruh nutrisi yang ada pada seledri mampu menekan rasa lapar sehingga membuat seseorang dapat mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Selain itu, seledri dapat menstabilkan bobot tubuh seseorang dan membuatnya tidak mudah gemuk dan terserang obesitas.
  4. Sumber yang kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten, yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker.
  5. Minyak atsiri yang diperoleh dari ekstraksi tanaman seledri telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu bagian biji, dan akarnya memiliki sifat diuretik (membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine), galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan, dan sifat tonik. Seledri merupakan sumber vitamin A dan juga zat besi lainnya seperti zat besi, kalium, dan mineral.
  6. Banyak sayuran yang akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak. Namun seledri berbeda. Kandungan vitamin seledri akan tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak.
  7. Menurunkan kadar kolesterol. Nutrisi pada daun seledri mampu memecah kolesterol agar tidak menyumbat aliran darah dan mampu pula menecegah penumpukan kolesterol berlebih pada tubuh.
  8. Seledri bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.
  9. Apabila Anda merasa gerah karena sinar matahari, Anda dapat mendinginkan tubuh dengan jus seledri.
  10. Seledri dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan makanan yang dapat membuat berat badan tubuh Anda bertambah.
  11. Seledri dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik.
  12. Seledri mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan juga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.
  13. Seledri juga baik untuk menghindarkan Anda dari kanker perut.
  14. Seledri akan menenangkan sistem saraf Anda dan juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi.
  15. Akar seledri efektif untuk mengembalikan nafsu makan Anda yang hilang.

Manfaat lain Dari Seledri Buat Kesehatan

Kandungan bahan kimia alami yang terdapat pada seledri juga bisa membuat kantuk, bisa mengurangi gejala arhritis, menurunkan gula darah, menurnkan pembekuan darah dan juga menurunkan retensi cairan tubuh.

Selain daripada itu, seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa gel yang memiliki kandugngan 5% hingga 25% pada ekstrak seledri pada kulit bisa mengusir nyamuk sekitar 4,5 jam.

Meskipun mamiliki bentuk yang kecil, seledri ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga tak ada salahnya untuk memasukan seledri kedalam menu sehat harian Anda.

Namun, konsumsi seledri juga tetap harus hati-hati karena seledri berpotensi menimbulkan alergi pada sejumlah orang yang peka. Penderita radang ka’al tidak dianjurkan mengonsumsinya.

Kandungan Gizi Pada Seledri

Kandungan utama pada seledri adalah butilftalida dan butilidftalida sebagai pembawa aroma utama. Ada juga sejumlah flavonoid seperti graveobiosid A (1-2%)dan B (0,1 – 0,7%), serta senyawa golongan dari fenol. Kandungan lainnya apiin, isokuersitrin, furanokumarin, serta isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama dalah asam petroselin (40-60%). Daun dan tangkai daun mengandung steroid seperti stigmasterol dan sitosterol. Suatu enzim endonuklease yang disebut Cel1 juga diekstrak dari seledri dan dipakai dalam suatu teknik biologi molekular yang disebut Tilling.

Khasiat Dan Manfaat Makan Bawang Merah

Tanaman kuliner ini serbaguna dapat memberikan dorongan real kesehatan kepadasiapa pun. Tapi persis mengapa bawang merah baik bagi Anda ? Artikel ini menyoroti manfaat kesehatan dari bawang bawang, terutama merah, dan menjelaskanbagaimana nutrisi dalam bawang termasuk quercetin, allicin dan kromium dapat melindungi terhadap kanker, memerangi jamur dan bakteri, meningkatkan kesehatankardiovaskular, mengurangi tekanan darah tinggi dan resistensi insulin dan membantu penurunan berat badan.

Bawang merah dan kuning adalah salah satu sumber alam terbaik quercetin,hubungan antara kanker yang sangat cocok untuk mengais-ngais bebas radikal. Selainsifat antioksidan, quercetin telah ditemukan memiliki kanker berkelahi, anti jamur, anti bakteri, dan sifat anti-inflamasi.

Telah menunjukkan menjanjikan potensi untukmencegah dan mengendalikan pembentukan polip usus, menekan infeksiosa yangmendasari penyebab flu, mengobati psoriasis, dan menghambat replikasi virustermasuk herpes simplex virus yang dapat menyebabkan luka dingin. Itu juga telahditunjukkan untuk mengurangi risiko kanker perut: menurut sebuah studi, setengah bawang sehari dapat mengurangi risiko kanker perut sebesar 50%.

1. Allicin di bawang perkelahian penyakit regeneratif dan jamur

Selain quercetin, bawang merah menyediakan allicin, ampuh meningkatkan kesehatansenyawa yang ditemukan dalam bawang dan anggota lain dari keluarga Allium ketikatanaman hancur atau cincang. Allicin telah ditunjukkan untuk mempromosikankesehatan jantung, mencegah dan mengobati kanker, dan mengurangi tekanan darahtinggi. Ini juga telah disarankan allicin yang dapat membantu untuk orang denganketombe karena sifat anti-jamur.

2. Kromium bawang membuat makanan besar untuk mengatasi resistensi insulin

Bawang merupakan sumber yang kaya dari kromium, mineral jejak yang dapatmembantu mengontrol kadar glukosa. Ini adalah berita bagus bagi mereka yangmenderita dari resistensi insulin sebagai Kromium adalah penting untuk aktivitasinsulin dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Kurangnya makanan kaya kromium, seperti bawang, dalam diet dapat menyebabkan resistensi insulin dankontrol gula darah terganggu dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dandiabetes tipe 2. Selain itu, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kekuranganKromium parah dapat membuat berat badan lebih sulit atau bahkan menyebabkankenaikan berat badan.

3. Manfaat kesehatan tambahan yang terkait dengan bawang merah rendah GI rating

Dengan rating (GI) indeks glikemik 10, bawang dianggap makanan glikemik rendah.Indeks glisemik peringkat karbohidrat yang berisi makanan berdasarkan seberapacepat mereka meningkatkan kadar gula darah. Makanan dinilai antara 0 dan 100, dan semakin tinggi peringkat, semakin cepat makanan akan melepaskan energi dan menyebabkan kadar glukosa darah untuk bangkit.

Indeks glisemik awalnya diciptakanuntuk membantu penderita diabetes memutuskan apa makanan terbaik untukmereka, tapi sekarang juga banyak berat sadar orang yang menggunakan konsepindeks glikemik untuk membantu mereka menurunkan berat badan danmeningkatkan kesehatan mereka.

Dengan memilih makanan GI yang rendah seperti bawang merah atas tinggi GI karbohidrat, Anda dapat mengatur gula darahdan insulin, yang pada gilirannya menyebabkan tubuh untuk menyimpan sedikitlemak. Studi juga menunjukkan bahwa insulin stabil tingkat dapat memberikan kontribusi untuk penuaan lebih lambat, menurunkan tekanan darah dan kadarkolesterol baik.

Fakta nutrisi bawang merah

  1. Indeks Glikemik (GI) Rating / Glycemic Load: bawang merah memiliki rating indeksglikemik sangat rendah (10).
  2. Kalori: Bawang merah sangat rendah kalori, dengan 1 ons bawang (28 gram) yang mengandung hanya 11 kalori.
  3. Macronutrients: Bawang merah terutama terbuat dari karbohidrat dan air. Merekamengandung lemak nol.
  4. Vitamin mineral &: Bawang merah memberikan sejumlah besar vitamin C dan vitaminB6. Mereka adalah juga salah satu sumber makanan terbaik kromium.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. awang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentaht erasa getir atau angur.

1. Mencegah HIV AIDS

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa bawang putih mengandung berbagai senyawa aktif yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh termasuk dari infeksi virus seperti HIV.

Penelitian menyebutkan bahwa bawang putih biasa dikonsumsi oleh penderita AIDS di Amerika dan telah menunjukkan hasil yang positif.

Konsumsi bawang putih secara rutin telah terbukti dapat meningkatkan harapan hidup penderita AIDS dan mengurangi gejala yang ditimbulkan.

2. Melindungi organ hati

Hati adalah organ penting dalam tubuh yang salah satu fungsinya adalah menetralkan racun.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Sener et al 2005 menunjukan bahwa bawang putih dapat menangkal pengaruh buruk obat-obatan kimia dan nikotin dengan merangsang produksi senyawa glutathione.

Glutathione adalah senyawa yang dihasilkan oleh liver atau organ hati yang berfungsi dalam proses detoksifikasi racun. Jadi jika anda menyayangi hati anda maka jangan ragu untuk selalu menambahkan bawang putih pada resep masakan anda sehari-hari.

3. Mengobati malaria

Malaria adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh mikroorganisme Plasmodium, dan ditularkan oleh nyamuk Anopheles.

Penyakit malaria banyak diderita masyarakat yang tinggal di daerah tropis termasuk di Indonesia sendiri angka kematian yang disebabkan oleh malaria cukup tinggi. Meskipun demikian ternyata bawang putih yang sering kita sepelekan telah terbukti efektif dalam mencegah dan mengobati penyakit malaria.

Senyawa Ajoene dan chloroquine dalam bawang putih terbukti mampu membunuh kuman plasmodium dan mencegah infeksi malaria. Saat seseorang menderita malaria, pemberian ekstrak bawang putih atau konsumsi bawang putih mentah secara langsung dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan dalam waktu yang relatif singkat.

4. Mencegah penyakit kanker

Siapa sangka jika bumbu yang sering kita gunakan saat memasak ini mampu mencegah penyakit kanker.

Kanker adalah mimpi buruk bagi masyarakat saat ini karena penyakit ini sulit disembuhkan. Penyakit kanker dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya pola hidup yang tidak sehat, virus, bakteri, zat kimia maupun paparan radikal bebas. Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan mutasi pada sel tubuh yang sehat dan menyebabkan sel kehilangan kendali atas pembelahannya. Sel yang termutasi atau sel kanker akan tumbuh tak terkendali dan merusak sel lain dalam tubuh.

Bawang putih kaya akan antioksidan yang dapat mencegah efek radikal bebas yang merupakan penyebab utama penyakit kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan berkebangsaan Belanda, Dorant et al pada tahun 2006 menyebutkan bahwa pria yang rutin mengkonsumsi bawang putih memiliki resiko yang lebih rendah menderita kanker prostat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

5. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian atau mortalitas nomor satu di dunia, bahkan jumlah penduduk Amerika yang meninggal akibat penyakit jantung lebih banyak dibanding mereka yang meninggal dalam perang dunia kedua.

Penyakit jantung dewasa ini banyak diderita akibat gaya hidup tidak sehat, konsumsi makanan yang tidak sehat dan kurangnya aktifitas fisik. Sebuah penelitian di India menyatakan bahwa konsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Hasil penelitian melaporkan bahwa mereka yang tidak diberi asupan bawang putih setiap hari memiliki angka kematian dua kali lebih besar dibandingkan mereka yang rutin mengkonsumsi bawang putih.

6. Mengobati diabetes

Diabetes adalah penyakit metabolisme yang banyak diderita masyarakat dewasa ini. Penyakit yang juga disebut penyakit kencing manis ini ditandai dengan melemahnya fungsi insulin dan hilangnya kontrol tubuh terhadap kadar gula dalam darah. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas dan berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah karena kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak jaringan tubuh.

7. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih telah banyak dikenal sebagai obat alami penurun tekanan darah. Bahkan Capraz et al, 2006 mengemukakan bahwa bawang putih adalah tanaman herbal yang paling efektif untuk terapi. Sebuah penelitian juga dilakukan oleh Benevides et al pada tahun 2006 menemukan bahwa senyawa polisulfida dalam bawang putih mampu merangsang vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan menurunkan tekanan diastol.

Selain itu, ekstrak bawang putih juga dapat berfungsi sebagai blood thinner atau pengencer darah sehingga dapat mengalir lancar tanpa membentuk plak pada arteri.

8.  Memperkuat sistem imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh adalah salah satu sistem dalam tubuh yang bekerja menangkal dan mencegah datangnya penyakit serta membantu proses penyembuhan saat sakit.

Jika kerja sistem ini terganggu maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Bawang putih mengandung allicin, alliin, asam amino dan sulfur yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang pembentukan sel imun seperti makrofage dan sel natural killer.

9. Mencegah atherosklerosis

Atherosklerosis adalah penyakit penyempitan pembuluh arteri yang disebabkan oleh timbunan plak kolesterol. Penyempitan pembuluh arteri dapat meningkatkan tekanan darah dan resiko penyakit jantung serta stroke. Senyawa allicin dalam bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau yang dikenal dengan sebutan Low Density Lipoprotein (LDL).

Selain itu, serat dan antioksidan yang terkandung dalam bawang putih dapat menghambat akumulasi kolesterol dan mencegah menempelnya plak pada pembuluh arteri.

10. Mengatasi masalah kulit

Bawang putih tidak hanya berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit degeneratif, tetapi juga bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan penyakit herpes.

Senyawa antibakteri yang terkandung dalam bawang putih mampu membunuh bakteri penyebab jerawat atau P.acne sekaligus mengurangi peradangan pada kulit. Demikian juga pada kasus herpes, senyawa antiviral dalam bawang putih mampu meredakan infeksi virus dan membantu proses penyembuhan kulit.

11. Mencegah dan meredakan influenza

Penelitian yang dipublikasikan oleh Tsai pada tahun 2011 dan melibatkan dua studi yang melibatkan responden dari negara Jepang dan Rumania, melaporkan bahwa senyawa allicin dalam bawang putih mampu menangkal virus influenza 1 dan 2.

Oleh karena itu mengkonsumsi makanan atau obat alami yang mengandung bawang putih dapat membantu mencegah flu dan mengurangi gejalanya.

12. Menyembuhkan diare

Senyawa allicin yang diyakini merupakan senyawa antibakteri terkuat dalam putih mampu menghasilkan enzim allinase yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri pathogen seperti Helicobacter pylori dan enterobacter yang merupakan penyebab penyakit diare.

Jika anda menderita diare, cobalah untuk mengkonsumsi bawang putih mentah atau bawang putih yang telah dikeringkan minimal satu butir dalam sehari.

13. Mengobati infeksi jamur

Selain mengandung senyawa antibakteri dan antiviral, bawang putih juga mengandung senyawa antifungal yang dapat mengatasi penyakit akibat infeksi jamur atau fungi.

Ledezma dan Apicastro, 2006 menyebutkan bahwa senyawa antifungal yang aktif dalam bawang putih dikenal dengan sebutan Ajoene. Senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida Candida albicans, Aspergillus, Cryptococcus dan jenis jamur Candida lainnya.

Umumnya jamur ini menyebabkan penyakit pada kulit dan organ genitalia. Lemar et al., 2007 juga menyebutkan bahwa bawang putih mampu mencegah peradangan pada otak atau meningitis yang disebabkan oleh infeksi jamur Cryptococcus meningitis.

14. Mengobati cacingan

Bawang putih telah lama digunakan untuk mengobati cacingan atau infeksi parasit dalam pengobatan tradisional di Cina.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Kalyesa et al., pada tahun 1975. Penelitian tersebut melaporkan bahwa bawang putih dapat membunuh parasit yang masuk dalam sistem pencernaan termasuk cacing Entamoeba histolytica, Ascaris lumbricoides dan Giardia lamblia.

15. Ampuh Memangkas Kolesterol Jahat (LDL)

Salah satu kehebatan lain dari herbal/bumbu masakan paling terkenal di Indonesia ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat. Ia mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%. Jangan khawatir dengan HDL (kolesterol baik) anda, walaupun bawang putih ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL, sehingga anda akan tetap sehat.

Produksi insulin dapat dipacu bengan mengkonsumsi bawang putih, hal ini sama seperti manfaat kopi yang dikonsumsi dengan bijak. Peningkatan insulin ini mengurangi kadar gula dalam darah.

16. Menghilangkan Sakit Gigi Sangat Ampuh

Bawang putih terkadang dapat bermanfaat pada saat kritis atau mendesak ketika anda mengalami sakit gigi, wahh ?? kenapa yah ? Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.

17. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Riset terkini mengenai bawang putih telah menunjukkan bahwa ia sangat ampuh dalam memboost metabolisme zat besi. Zat besi disimpan dalam sel yang terdapat pada tubuh kita, aktivitas selanjutnya adalah pemindahan keluar dari sel dan kembali dalam sirkulasi tubuh yang tentu membutuhkan protein yang dinamakan ferroportin. Ferroportin adalah protein yang berjalan melintasi membran sel, dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyeberang dan meninggalkan sel. Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga membantu menjaga zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

18. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

Kok bisa bawang putih sampai pada mencegah penyakit syaraf seperti demensia dan alzheimer ini ? Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Suplemen bawang putih telah terbukti untuk meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Kandungan Gizi Bawang Putih

khasiat bawang putihKandungan gizi bawang putih sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis bawang lainya, berikut merupakan kandungan gizi yang terdapat dalam bawang putih :

  • Vitamin C
  • Mineral P, Ca dan K
  • Fe dan Vitamin B

Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia 

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

1. Menambah kualitas sperma pria

Manfaat wortel untuk pria yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang ialah dapat menambah kualitas dari sperma. Hal ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University. Di dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa wortel mempunyai zat anti kanker bernama beta karoten yan tidak hanya membuat seorang pria terhindar dari penyakit kanker namun juga dapat memperbaiki kualitas setiap sel sperma seorang pria.

Kandungan beta karoten pada sayuran wortel rupanya juga dapat digunakan untuk zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bila antioksidan dalam tubuh seorang pria meningkat, maka racun yang menyerang kesehatan tubuh pun dapat ditekan. Dengan begitu, tubuh akan terbebas dari racun dan produksi sperma seorang pria dapat meningkat kualitasnya. Manfaat wortel untuk pria yang kedua ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi jus wortel secara teratur.

2. Kesehatan Mata

Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

3. Kolesterol

Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

4. Mengurangi presentase resiko kanker

Manfaat wortel untuk pria yang pertama ialah mengurangi adanya resiko penyakit kanker. Inilah manfaat tersembunyi dari sebuah sayuran wortel. Wortel diketahui memiliki berbagai macam kandungan dan vitamin. Salah satu kandungan pada wortel yang baik untuk mencegah penyakit kanker bagi pria ialah fosfor dan beta karoten serta hidrat arang.

Beta karoten yang terdapat pada sayuran wortel konon menjadi kandungan yang paling ampuh untuk mencegah tubuh seseorang agar tidak terkena serangan jantung secara mendadak. Bahkan di dalam sebuah penelitian, seseorang yang rutin mengkonsumsi sayuran wortel minimal dua kali dalam sehari dapat mengurangi presentase resiko penyakit kanker hingga kisaran 17 %.

5. Mencegah terkena penyakit jantung

Manfaat wortel untuk pria selanjutnya ialah dapat mencegah terkena penyakit jantung. Tidak banyak kaum pria yang menyadari bahwa sayuran wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dalam studi penelitian lagi-lagi ditemukan zat pada sayuran wortel yang baik untuk kesehatan pria terutama untuk jantung.

Adapun zat yang dimaksud ialah zat alpha karoten serta lutein. Kedua zat ini dipercaya dapat memperkecil kadar kolesterol dalam diri seseorang. Mengapa? Hal ini dikarenakan serat larut yang terdapat pada sayuran wortel segar efektif mengikat kuat asam empedu. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh seseorang dapat dikontrol sehingga resiko penyakit jantung bisa lebih mudah dihindari.

6. Memperkuat Gusi Dan Gigi

Pernahkah anda memakan wortel dengan mengunyahnya? Bila pernah, tentu anda akan merasakan gigi dan gusi kesat. Hal ini dikarenakan serat pada wortel mengikis segala plak yang ada pada gigi dan gusi. Tak hanya itu saja, manfaat wortel untuk pria lainnya yang masih ada kaitannya dengan gusi dan gigi antara lain untuk merangsang gusi seseorang agar mengeluarkan banyak air lir.

Air liur tersebut kemudian akan diubah menjadi alkali. Konon, alkali inilah yang berfungsi untuk membantu keseimbangan keluarnya bakteri pemicu lubang gigi dan pembentuk asam. Selain itu, manfaat wortel untuk pria juga didapat dari kandungan mineralnya yang dipercaya mampu mencegah adanya kerusakan pada gigi.

7. Sembelit

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

8. Mencegah Penyakit Stroke

Penelitian di Universitas Harvard menunjukan jika orang yang mengkonsumsi lebih dari enam buah wortel mentah dalam satu minggu memiliki resiko stroke jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi wortel satu buah wortel dalam bulan.

9. Wortel Mentah Sebagai Detoks Alami

Wortel dapat menjadi alternatif detoks yang ampuh. Wortel dapat membantu kerja hati dalam membersihkan racun di dalam tubuh. Kolesterol jahat sekaligus lemak juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi wortel. Hal ini juga yang menjadikan wortel sebagai makanan yang sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

10. Membantu Memperlambat Penuaan

Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel mati melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

11. Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi

Wortel memiliki kemampuan untuk mengobati luka luar dan mencegah terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel mentah, bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu selanjutnya tempelkan wortel yang sudah dihaluskan tersebut pada luka anda.

12. Menyehatkan Kulit Dari Luar

Ingin kulit sehat secara alami? Wortel mentah dapat menjadi alternatif masker yang harganya terjangkau sekaligus efektif untuk membuat kulit lebih sehat dari luar. Cukup dengan mencampurkan wortelyang sudah diparut dengan madu secukupnya, maka masker alami, aman, dan menyehatkan sudah bisa anda aplikasikan pada wajah anda.

13 Membuat kulit tampak bercahaya

Kulit bersih sekaligus bersinar merupakan salah satu idaman setiap orang, khususnya wanita. Penampilan seakan sempurna bila diperkokoh dengan warna kulit yang cerah. Namun, untuk memiliki kulit seperti yang Anda idamkan, butuh perawatan ekstra dan rutin agar membuahkan hasil yang manis.

Lakukanlah perawatan dengan meramu atau membuat masker wajah dari wortel yang dipadu dengan madu. Jangan lupa bantu dengan konsumsi wortel, Anda bisa makan begitu saja atau dijadikan jus, keduanya sama-sama berkhasiat. Konsumsi wortel akan membantu mencerahkan kulit dari dalam. Alasannya karena wortel sarat akan vitamin C dan antioksidan yang mampu membantu Anda mendapatkan kulit bersinar.

Manfaat Daun Sisik Naga Buat Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit

1. Koreng

Bahan : 60 gram daun sisik naga

Caranya : Cuci terlebih dahulu daun sisik naga sampai bersih. Setelah itu daun sisik naga tersebut direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Angkat, saring dan biarkan dingin. Gunakan air rebusan sisik naga tersebut untuk mencuci koreng. Lakukan secara teratur sampai sembuh.

2. Menghentikan pendarahan

Bahan : Daun sisik naga 30 gram

Caranya : Pertama-tama daun sisik naga dicuci sampai bersih. Daun sisik naga tersebut selanjutnya dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling. Jika sudah halus selanjutnya disaring dan diperas untuk diambil airnya. Minumlah air daun sisik naga tersebut secara rutin yaitu sehari 3 kali.

3. Rematik jaringan lunak

Bahan : Daun sisik naga 30 gram

Caranya : Cuci bersih terlebih dahulu 30 gram daun sisik naga. Selanjutnya daun sisik naga tersebut direbus dengan air sebanyak 3 gelas. Jika air rebusan daun sisik naga tersebut tinggal 1 gelas angkat dan saring. Minumlah air rebusan daun sisik naga tersebut 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari dengan aturan minum ½ gelas tiap kali minum.

4. Sakit kuning

Bahan : Daun sisik naga 30 gram

Caranya : Cuci 15-30 g daun Picisan segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya siap untuk diminum, sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

5. Sariawan

Bahan : Daun sisik naga segenggam

Caranya : Cuci terlebih dahulu daun sisik naga sampai benar-benar bersih. Setelah itu daun sisik naga tersebut direbus selama 15 menit dengan 2 gelas air. Angkat, saring dan biarkan hangat. Jadikan air rebusan tersebut sebagai obat kumur selagi air rebusan tersebut masih hangat.

6. Radang gusi

Bahan : Daun sisik naga secukupnya

Caranya : Cuci terlebih dahulu daun sisik naga yang akan digunakan. Setelah itu daun sisik naga tersebut selanjutnya dikunyah dengan catatan saat mengunyah diposisikan pada gusi yang mengalami sakit. Lakukan pengunyahan tersebut beberapa lama. Ulangi cara tersebut secara rutin 3 kali sehari sampai radang gusinya sembuh.

7. Kurap

Bahan : Daun sisik naga secukupnya

Caranya : Cuci bersih terlebih dahulu daun sisik naga sebelum diproses. Selanjutnya daun sisik naga tersebut dihaluskan dengan cara digiling. Bubuhkan daun sisik naga tersebut pada kulit yang terdapat kurap secara merata. Balut supaya tidak lepas. Jika sudah kering ganti dengan ramuan baru. Lakukan sampai penyakit kurapnya sembuh.

8. Sebagai Obat Anti kanker

Manfaat daun sisik naga untuk tubuh selanjutnya yaitu sebagai daun yang berfungsi untuk mencegah penyakit kanker. Siapa sangka jika duan yang ukurannya kecil ini bisa melawan sel kanker yang ada di dalam tubuh.

9. Meredakan mimisan

Mimisan adalah keadaan dimana keluaranya darah dari dalam hidung karena faktor kelelahan. Darah yang keluar dari dalam hidung ini bisa diredakan dan dihentikan dengan menggunakan daun sisik naga.

10. Obat gondokan

Satu lagi penyakit yang bisa Anda sembuhkan dengan daun sisik naga, yaitu penyakit gondokan. Campuran senyawa dalam daun ini sangat cocok untuk mengatasi penyakit gondokan jika digunakan dengan rutin.

Penjelasan singkat megenai Tanaman Sisik Naga

Sisik Naga merupakan salah satu tumbuhan berkhasiat yang disediakan oleh alam. Sisik Naga merupakan tanaman khas dari Asia Tropik yang memiliki bentuk yang tergolong unik.

Sisik Naga ini merupakan tumbuhan epifit dan biasanya tumbuh subur di hutan-hutan, ladang, daerah-daerah yang agak lembab sampai pada ketinggian maksimal 1.000 meter di atas permukaan air laut (dpl).

Sisik Naga ini memliki ciri jarak antara daun yang satu dengan daun yang lainnya tak begitu berjauhan, bertangkai pendek, akarnya rimpang panjang, dan dapat diperbanyak dengan cara spora dan pemisahan akar. Sedangkan sifat dari Sisik Naga ini ialah memiliki rasa yang manis, dingin, dan sedikit pahit.

Manfaat Obat Tradisional Kumis Kucing 

Kumis kucing merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini telah lama dikenal sebagai tanaman obat. Kumis kucing tergolong tanaman dari keluarga Lamiaceae/Labiatae yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus.

  1. Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Memperlancar pengeluaran air kemih
  2. Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Nyeri Buang Air Kecil
  3. Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Endema (Bengkak)
  4. Daun Kumis Kucing Ampuh Mengobati Diabetes
  5. Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Gatal Alergi
  6. Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Hipertensi
  7. Daun Kumis Kucing Mengatasi Masuk angin
  8. Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati batuk
  9. Daun Kumis Kucing Mengobati kencing batu
  10. Daun Kumis Kucing Mengobati albuminuria
  11. Daun Kumis Kucing Mengobati Keputihan
  12. Daun Kumis Kucing Mengobati hipertensi
  13. Kumis Kucing Mengobati sakit pinggang
  14. Daun Kumis Kucing Mengobati sembelit
  15. Daun Kumis Kucing Mengobati Rematik
  16. Kumis Kucing Mengobati Radang ginjal
  17. Daun Kumis Kucing Mengobati Sipilis
  18. Kumis Kucing Mengobati Asam urat

Ciri-ciri Obat Tradisional Kumis kucing :

  1. Biji yang masih muda berwarna putih kehitaman, sedangkan yang sudah tua berwarna coklat kehitaman.
  2. Daun bundar / lonjong, panjangnya sekitar 1 s/d 10 cm
  3. Benang sari mencuat keluar mirip dengan kumis kucing
  4. Mahkota berupa tandan dengan panjang 7 hingga 29 cm
  5. Mahkota bunga berwarna putih atau putih keunguan
  6. Tangkai bulat berwarna ungu kehijauan
  7. Posisi daun pada batang berselang seling
  8. Panjang tangkai daun 7 s/d 29 cm
  9. Bagian bawah berakar tunggang
  10. Tulang daun bercabang- cabang
  11. Berbatang basah dan tegak

Kandungan Senyawa Kimia Daun Kumis Kucing :

Kandungan senyawa kimia pada bagian daun bisa dibilang cukup kompleks. Beberapa senyawa penting yang berkhasiat sebagai obat tradisional berbagai penyakit diantaranya adalah :

  • orthosiphonin glikosida
  • minyak atsiri
  • aponin
  • garam kalium
  • zat samak
  • minyak lemak
  • sapofonin
  • mioinositol
  • dan sinensetin.

Cra pengolahan Tumbuhan Kumis Kucing Ini Sebagai Obat Tradisional :

  1. Untuk mengobati penyakit pada saluran air kencing dan batu ginjal ialah dengan memetik tangkai dan daun kumis kucing sebanyak 30 gram, kemudian ditambahkan daun meniran dan commelia communis masing-masing sebanyak 30 gram. Ketiga daun tersebut direbus sampai mendidih. Sesudah matang diamkan sampai dingin, lalu minum.
  2. Untuk mengobati masalah pengeluaran air kemih (deuretik) serta kencing nan tersendat disertai dengan rasa sakit, pengobatannya ialah dengan daun kumis kucing kering. Daun nan kering tersebut diseduh seperti membuat teh, dan tambahkan gula aren.
  3. Untuk mengobati darah tinggi, siapkan daun kumis kucing nan basah dan kering sebanyak 50 gram. Bersihkan, kemudian rebus dengan air. Sesudah mendidih, saring hingga satu gelas. Minum satu gelas sehari.
  4. Untuk mengobati demam, siapkan akar kumis kucing sebanyak 100 gram, kemudian rebus dalam air dan diamkan sampai mendidih. Sesudah mendidih diamkan sejenak sampai terasa hangat, saring hingga satu gelas. Cukup diminum satu gelas sehari.
  • Untuk meredakan gejala rematik, lumatkan 1 sendok kecil daunnya, campurkan dengan daun meniran sebanyak 1 sendok makan lalu rebus. Minum secara berkala.
    Untuk mengobati sakit pinggang, ambil 2 pangkas akar dan 7 lembar daun, cuci hingga bersih. Rebuslah dalam air sebanyak 1 gelas lalu biarkan semalaman. Minum di pagi hari.

Selain mengobati penyakit-penyakit di atas, tanaman herbal ini juga ampuh mengobati infeksi batu ginjal, radang batu ginjal, sifilis, dan menambah nafsu makan. Inti mengolah tanaman kumis kucing menjadi obat ialah dengan mengolahnya menjadi teh; yakni dengan merebus daunnya atau dikeringkan daunnya kemudian didiamkan atau diperas terlebih dahulu, lalu diminum.

Khasiat Dan Manfaat Keji Beling Buat Kesehatan Tubuh

Keji beling merupakan salah satu tanaman semak yang memiliki tinggi kira-kira 1 hingga 2 meter. Keji beling (Stachytarpheta mutabilis) biasa juga diartikan sebagai adalah suatu jenis tumbuhan yang berbatang basah dan sepintas lalu menyerupai rumput berbatang tegak.

1. Batu kandung empedu

Daun keji beling segar 5 lembar, daun ungu segar 7 lembar, dicuci bersih lalu di rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas Minum seperti teh.

2. Kencing manis

Daun segar 20 ‑ 50 gram, direbus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas, dinginkan, disaring. Minum 3 kali 1 gelas per hari.

3. Batu ginjal

Daun keji Beling 50 gram, meniran segar 7 batang, daun ungu 7 lembar. Dicuci dulu direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas dinginkan, saring, minum 3 kali 2/3 gelas per hari. atau Daun keji beling 5 lembar, daun tempuyung segar 5 lembar tongkol jagung 6 buah, dicuci lalu direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum, habis dalam sehari. Lakukan setiap hari sampai rasa sakit menghilang.

4. Kencing batu

Daun Keji beling 1 gram; daun tembuyung 10 gram; Air 100 ml, Dibuat infus; diseduh; dipipis, Diminum 1 kali sehari 100 ml; Apabila dipipis diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir

5. Kencing kurang lancar

Daun segar 25 gram dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air bersih selama 15 merit. Setelah dingin disaring lalu minum sekaligus. Lakukan pada pagi atau siang hari.

6. Batu kandung kencing

Segenggam daun keji beling dan 1 tongkol jagung muda dicuci, lalu direbus dengan 2 liter air bersih sampai tersisa 1 liter. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan pagi dan sore hari, masing-masing I/2 gelas.

7. Sembelit

Ambil 1/2 genggam daun keji beling segar, cuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

8. Wasir

Daun segar 20 ‑ 50 gram, di rebus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas, dinginkan, saring. Minum 3 kali 1 gelas per hari.

9. Tumor

Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar. Cara pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Pantangan: Ikan Asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alkohol dan tape, limun dan vitzin.

10. Diabetes mellitus

Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar. Cara Pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.

11. Liver (sakit Kuning)

Daun Keeji Beling mentah dan segar 3 lembar. Cara Pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Pantangan: makanan yang mengandung lemak.

12. Kolesterol tinggi

Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar. Cara Pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Pantangan: makanan yang berlemak.

13. Maag

Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar. Cara Pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Pantangan: makanan pedas atau asam.

14. Kena Bisa Ulat dan Semut Hitam

Daun Keji Beling mentah dan segar 1 lembar. Cara Pemakaian: digosokkan pada bagian tubuh yang gatal hingga daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Dilakukan 2 kali setelah berselang 2 jam.

15. Obat disentri, diare

Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”. Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaannya sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol. Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal. Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari.

16. Untuk mengatasi gatal

Daun tanaman ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut.

Kandungan Tanaman Keji Beling Buat Kesehatan Tubuh :

Pecah Beling mengandung kalium, kalsium, dan natrium serta unsur mineral lainnya. Di samping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida.

Ciri-Ciri Tanaman Keji Beling Buat Kesehatan Tubuh :

Tanaman perdu tinggi 1-2 m; daun berbulu kasar, panjang daun ± 5-8 cm dan lebar ± 2-5 cm; daun tunggal, bertangkai, letak berhadapan, helaian daun bentuknya bulat telur, ujung runcing, pangkal rompang, tepi bergerigi, pertulangan menyirip. Bunga majemuk, berkumpul dalam rangkaian berupa bulir, keluar dari ujung batang, mahkota bentuk corong, warnanya kuning.

Manfaat Daun Adas Buat Kesehatan

Adas mempunyai nama latin Foeniculum vulgare Miller ada juga sebagian yang menyebut jintan atau adas pulosari. Banyak manfaat dari biji dan daun adas yang biasanya digunakan sebagai penyegar mulut, makanan penutup, pasta gigi, antasida dan berbagai aplikasi kuliner.

Adas mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya untuk mengatasi anemia, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, gangguan menstruasi serta perawatan mata. Adas juga dapat digunakan dalam bentuk minyak esensial sebagai stimulan untuk merangsang sekresi pencernaan dan asam lambung. Selain yang sudah disebut diatas.

1. Menjaga Tekanan Darah

Biji das kaya akan potasium salah satunya adalah kalium berfungsi sebagai vasodilator, yang dapat mengendurkan ketegangan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah. Tekanan darah tinggi dihubungkan ke berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan artherosclerosis .

Untuk pasien diabetes, masalah tekanan darah dapat membuat pengelolaan insulin dan kadar glukosa sangat sulit dan menjadi penyebab komplikasi yang berpotensi mematikan. Secangkir adas manis dalam diet harian Anda akan memompa Anda penuh kalium dan semua manfaat yang datang bersama dengan itu.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kalium kadar tinggi dalam biji adas adalah elektrolit yang memfasilitasi peningkatan konduksi listrik di seluruh tubuh. Potassium dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan kognitif yang berarti lebih banyak oksigen mencapai otak sehingga aktivitas saraf dapat bekerja pada fungsi yang optimal .

3. Menjaga Sistem kekebalan

Vitamin C pada adas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memproduksi dan memperbaiki jaringan kulit, membantu pembentukan kolagen dan melindungi dinding pembuluh darah sebagai antioksidan efek berbahaya dari radikal bebas yang sering dapat menyebabkan penyakit jantung !

4. Mencegah penyakit Jantung

Adas merupakan sumber serat yang membantu menjaga kadar kolesterol sehat dalam aliran darah. Kolesterol merupakan faktor utama dalam penyakit jantung, artherosclerosis dan stroke.

5. Kanker

Kandungan ekstrak dari daun adas tidak hanya menghambat pertumbuhan tumor tapi juga sebagai pelindung radiasi kemoterapi selama pengobatan kanker.

Ini terjadi karena adas mengandung konsentrasi yang flavonoid, alkaloid dan fenol yang menjadi pencegahan berbagai kanker payudara dan kanker hati.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Kol

Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat (terdiri dari beberapa kelompok kultivar dari Brassica oleracea) adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu berdaun, ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran untuk kepala padat berdaunnya. Erat kaitannya dengan tanaman cole lainnya, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel, itu diturunkan dari B. oleracea var. oleracea, kubis lapangan liar.

Kepala kubis umumnya berkisar 0.5 to 4 kilogram (1 to 9 lb), dan dapat berwarna hijau, ungu dan putih. Kubis hijau berkepala keras berdaun halus adalah yang paling umum, dengan kubis merah berdaun halus dan kubis savoy berdaun crinkle dari kedua warna terlihat lebih jarang. Kubis adalah sayuran yang berlapis-lapis. Dalam kondisi hari diterangi matahari panjang seperti yang ditemukan di garis lintang utara di musim panas, kubis dapat tumbuh jauh lebih besar. Beberapa rekor dibahas pada akhir bagian sejarah.

Sulit untuk melacak sejarah yang tepat dari kubis, tapi itu kemungkinan besar didomestikasi di suatu tempat di Eropa sebelum 1000 SM, meskipun savoy tidak dikembangkan sampai abad ke-16. Pada Abad Pertengahan, kubis telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa.

Kepala kubis umumnya diambil selama tahun pertama dari daur hidup tanaman, tetapi tanaman yang dimaksudkan untuk benih dibiarkan tumbuh tahun kedua, dan harus terus dipisahkan dari tanaman cole lain untuk mencegah penyerbukan silang. Kubis rentan terhadap beberapa kekurangan gizi, serta beberapa hama, dan penyakit bakteri dan jamur.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization, FAO) melaporkan bahwa produksi dunia kubis dan brassica lainnya untuk 2011 hampir 69 juta metrik ton (68 juta ton panjang; 75 juta ton singkat). Hampir setengah dari tanaman ini ditanam di Cina, di mana kubis cina adalah sayuran Brassica paling populer.

Kubis disusun dalam berbagai cara untuk makan. Mereka dapat diacar, difermentasi untuk hidangan seperti sauerkraut, dikukus, direbus, ditumis, atau dimakan mentah. Kubis merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan serat pangan. Kubis terkontaminasi telah dikaitkan dengan kasus-kasus penyakit karena makanan pada manusia.

1. Antioksidan

Sayur kol juga dikenal sebagai pelawan kanker. Kol penuh fitonutrien, yang menghasilkan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi tubuh. Enzim ini membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker yang berbeda, termasuk paru-paru dan kanker prostat.

2. Mencegah kanker kanker

Kubis memiliki beberapa sifat yang efektif untuk melawan kanker seperti lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indol-3-karbinol (I3C), dan juga sulforaphane. Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita di China ditemukan bahwa, mengkonsumsi kubis akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

3. Meningkatkan sistem imun

Kubis mengandung Vitamin C yang berkhasiat untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

4. Mengurangi resiko katarak

Kandungan beta karoten yang cukup tinggi pada kubis bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko seseorang terkena penyakit katarak.

5. Mencegah Sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada kubis berfungsi sebagai perangsang sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

6. Mengatasi radang lambung

Jus kubis mampu mengatasi gejala radang lambung. Hal ini disebabkan adanya kandungan glutamin yang tinggi di dalam kubis.

7. Merawat kulit

Kubis banyak mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas tersebut berpotensi menghadirkan tanda-tanda penuaan.

8. Membantu pembentukan sel darah merah

Zat besi merupakan komponen yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga menghindarkan diri dari gejala anemia. Mengkonsumsi kol dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol.

9. Mengandung vitamin C

Tidak hanya buah-buahan seperti pada jeruk, anggur atau pada apel terdapat kandungan vitamin C, kol juga memilikinya sehingga akan menjadikan sistem imun yang lebih kuat. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit seperti juga pada manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond.

10. Menurunkan Berat Badan

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami yang sehat. Kol memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat, mineral, dan zat gizi lainnya, anda dapat memakan kol dalam jumlah yang banyak karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, ia tidak akan menyebabkan berat badan anda.

11. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dan sulfur dalam kol dapat membantu menghilangkan racun (radikal bebas). Radikal bebas ini adalah salah satu faktor penyebab utama arthritis, penyakit kulit, rematik dan asam urat.

12. Baik Untuk Otak

Kol atau kubis sumber sayuran yang sangat banyak vitamin K dan antosianin yang dapat membantu kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga dapat mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia. Oleh karenanya kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan otak anda.

13. Baik Untuk Mata

Kubis adalah sumber sayuran yang kaya beta-karoten, sebagian besar orang, terutama yang sudah ‘berumur’, beralih rutin mengkonsumsi kubis karena kemampuannya untuk mencegah degenerasi makula dan dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah pembentukan katarak. Zat beta karoten dari beberapa penelitian dapat mengurangi kanker prostat.

14. Anti Inflamasi

Kubis memiliki zat Anti-inflamasi dan merupakan sumber utama glutamin. Glutamine adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit seperti peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan berbagai gangguan kulit.

15. Kesehatan Tulang

Kol, sayuran yang sangat banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang manusia.

16. Mengatasi Sakit Kepala

Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.

17. Melancarkan BAB

Seperti manfaat sayuran lainnya, kubis atau kol juga dapat menjadi sayur yang memudahkan melancarkan BAB, kandungan serat sayuran sangat membantu melancarkan BAB.

18. Sehat untuk pencernaan

Sayuran kaya akan serat, termasuk kubis, untuk itu jenis kol akan membantu menyehatkan pencernaan di bandingkan dengan konsumsi daging.

19. Baik untuk janin

Setiap janin membutuhkan asam folat, untuk itu ibu hamil yang mengkonsumsi kol juga dapat membantu kebutuhan gizi asam folat dengan konsumsi kol.

20. Mengontrol tekanan darah tinggi

Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.

Kandungan gizi kubis mentah setiap 100 gramnya :

  • Energi 103 kJ (25 kcal)
  • Karbohidrat 5,8 g
  • Gula 3,2 g
  • Diet serat 2,5 g
  • Lemak 0,1 g
  • Protein 1,28 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0,061 mg (5%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,040 mg (3%)
  • Niacin (Vit. B3) 0,234 mg (2%)
  • Asam pantotenat (B5) 0,212 mg (4%)
  • Vitamin B6 0,124 mg (10%)
  • Folat (Vit. B9) 53 mg (13%)
  • Vitamin C 36,6 mg (61%)
  • Kalsium 40 mg (4%)
  • Besi 0,47 mg (4%)
  • Magnesium 12 mg (3%)
  • Fosfor 26 mg (4%)
  • Kalium 170 mg (4%)
  • Seng 0,18 mg (2%).

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang sangat erat kaitannya dengan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Simak dan perhatikanlah dengan seksama berikut di bawah ini :

1. Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf, yakni dengan menciptakan zat kimia otak, termasuk serotonin, dopamin, dan norepinephrine. Dengan kata lain, mengkonsumsi kentang akan membatu mengurunkan depresi dan stres. Di lain pihak, karbohidrat di dalam kentang dapat mempertahankan tingkat glukosa yang diperlukan untuk menjaga kinerja otak.

2. Mengurangi resiko batu ginjal

Memang pada kentang kandungan kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Kentang mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Komisi Kentang Kota Washington mengatakan mengkonsumsi kentang secara teratur akan menjaga tubuh dari serangan flu dan penyakit kudis.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kentang kaya akan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Sayuran ini juga mengandung zat kimia yang disebut kukoamines, yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, serat yang ditemukan dalam kentang dapat mengikat kolesterol dalam darah.

5. Melancarkan pencernaan

Serat yang tinggi membuat kentang menjadi salah satu sayuran yang baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, kandungan tinggi karbohidrat dalam kentang juga membuat sayuran ini mudah dicerna sehingga tidak menambah beban kerja sistem pencernaan kita.

6. Pencegahan kanker

Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

7. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

8. Kesehatan Tulang

Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

9. Kesehatan Jantung

Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

10. Membantu kinerja atletik

Ahli gizi dari Fitness Institute Universitas Texas Amerika Serikat, Victoria Jarzabkowski, mengatakan kentang membantu pemenangan para atlet. Sodium dan potasium yang dikandungnya akan membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit setelah para atlet kehilangan cairan tubuh mereka lewat keringat.

11. Perawatan kulit

Kentang mengandung vitamin C, B6, kalium, magnesium, seng, dan fosfor. Semua bahan ini dapat membantu menjaga kulit untuk tetap halus dan sehat.

12. Membangun dan pembentukan sel

Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

13. Mengurangi kusam pada kulit wajah

Disini kusam berarti, kulit wajah yang kering karena kurangnya vitamin E pada wajah. Sebab wajah cantik berseri membutuhkan tingkat kelembapan kulit normal yang bisa Anda dapat dari Vitamin E tadi. jadi, masker kentang bisa mengurangi dan mencegah munculnya kulit kering di wajah Anda.

14. Mengobati kulit terbakar akibat matahari

Panasnya sinar matahari biasanya akan merubah warna kulit Anda, jadi bukan terbakar seperti api hanya tampak kehitam-hitaman seperti habis terbakar. Terapkan irisan atau jus kentang pada kulit yang terbakar. Umbi-umbian ini bisa mendinginkan dan menenangkan kulit akibat dari sengatan sinar matahari.

15. Mencegah kulit wajah keriput

Kentang dapat mencegah keriput dan juga meminimalkan keriput di wajah. Terapkan konsumsi jus kentang secara teratur dan oleskan pada wajah Anda sebagai masker saat menjelang tidur malam.

16. Mengobati Wajah Berjerawat

Keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya dengan cara Kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih. Irisan kentang tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Dapat digunakan saat ingin tidur malam.

17. Mengurangi lingkaran hitam mata

Anda dapat menggunakan kentang untuk menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Oleskan beberapa tetes kentang yang telah dihancurkan dan pijat daerah mata dengan lembut.

18. Mengobati mata bengkak

Setelah menangis atau terkena serangga maupun terlalu banyak tidur biasanya akan timbul bengkak di sekitar mata. Mengoleskan kentang dan mentimun bisa membantu mengurangi mata bengkak.

Oleskan pada bagian kelopak mata, atau bisa juga dipotong tipis-tipis dan ditempelkan menutupi mata. Lakukan sambil tiduran untuk memperoleh khasiatnya.

19. Mengurangi bintik gelap di wajah

Kentang dapat mengurangi bintik gelap bekas jerawat. Dimana keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya dengan cara Kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih.

Irisan kentang tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Cocok Anda terapkan daat menjelang tidur malam.

20. Mengurangi rambut rontok

Kentang juga bisa mengurangi rambut rontok. Blender kentang dan tambahkan madu. Terapkan pada batang rambut secara teratur dan lihat hasilnya. Hal ini hampir sama dengan manfaat biji kemiri, yang dapat melebatkan dan memperkuat akar rambut.

Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang

Kebanyakan diantara sebagian orang mereka tak tahu bahwa ternyata yang namanya kentang ini berasal dari Amerika Selatan,dan sejak ribuan tahun yang lalu sudah dibudidayakan oleh penduduk disana,tanaman yang satu ini merupakan herba atau tanaman pendek yang tidak berkayu.

Kentang (Solanum tuberosum L.) di Negara Eropa adalah merupakan makanan pokok,orang pertama yang membawa kentang ke Eropa iyalah penjelajah Spanyol dan Portugis,kemudian mengembangbiakan tanaman yang satu ini di Negara tersebut.

Kentang adalah jenis tanaman dari suku solanaceae yang memiliki umbi batang dan daun , bunga kentang sangat sempura tersusun majemuk ukuranya cuku besar dengan diameternya kurang lebih 3cm warnanya ungu hingga putih.tanaman semusim ini sangat menyukai iklim yang sejuk,untuk daerah tropis cocoknya ditanam di dataran tinggi.

Berdasarkan penelitian yang namanya kentang ini di Indonesia sudah ada sejak tahun 1794 konon katanya awal mulanya ditanam di daerah Cimahi Jawa Barat,kemudian di pegunungan Tengger ( Seputaran Gunung Bromo ) Jawa Timur sekitar tahun 1812,sedangkan di Sumatera sudah ada sejak tahun 1811.

Di Indonesia sendiri kentang merupakan makanan tambahan ( walaupun ada sebahagian orang yang menjadikanya sebagai makanan pokok ) dengan cara diolah menjadi macam-macam masakan,disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung saat itu.

Mengingat banyak sebagian besar masyarakat tidak tau maka sangat wajar jika mereka memilih untuk mengupas dan membuang kulit kentang. maka dari itu, kami harapkan setelah membaca artikel dan informasi menarik ini kita bisa memaksimalkan manfaat kentang termasuk bagian kulitnya.

Baiklah, langsung saja anda menyimak artikel berikut di bawah ini, yang ada hubungannya dengan Kandungan Gizi Pada Kulit Kentang. Simak dan perhatikanlah dengan sebaik-baiknya.

1. Kaya akan Vitamin B6

Selain kandungan vitamin C ternyata kulit kentang juga mengandung Vitamin B6. Bagi yang belum tau apa manfaat Vitamin B6 bagi tubuh yaitu jenis vitamin yang berfungsi untuk menunjang kerja sistem kardiovaskular manusia. Selain itu vitamin yang satu ini mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Pada 1 buah kentang beserta kulitnya mampu memenuhi setengah dari kebutuh Vitamin B6 dalam sehari.

2. Sumber Kalium

Jika seserang membutuhkan asupan kalium maka buah pisang adalah buah yang paling disarankan karena kaya akan kandungan kalium. Ternyata selain buah pisang kulit kentang juga kaya akan kandungan kalium. Pada kulit 1 butir kentang mengandung 1.600 mg kalium yang mana jumlah tersebut adalah setengah dari jumlah asupan kalium yang dibutuhkan manusia dalam sehari.

3. Mengandung Vitamin C

Sumber vitamin C biasanya buah yang berwarna kuning dengan rasa yang asam. Maka bisa dipastikan banyak yang tidak menyangka jika kulit kentang juga mengandung vitamin C. Maka dari itu apabila kita mengkonsumsi kentang tanpa dikupas kulitnya bisa dipastikan bahwa kebutuhan Vitamin C tubuh kita telah terpenuhi setengahnya, luar biasa bukan.

4. Kandungan Mangan

Salah satu zat penting lainnya yang terkandung dalam kulit kentang yaitu Zat mangan. Zat ini dibutuhkan oleh tubuh meskipun bukan dalam jumlah yang besar. Zat mangan ini berperan penting dalam mengolah protein, karbo, dan kolesterol. Saat seseorang mengonsumsi 1 butir kentang beserta kulitnya, maka kebutuhan sepertiga kebutuhan zat mangan untuk tubuh telah terpenuhi.

Manfaat Dan Kandungan Gizi  Sayur Tauge

Kecambah atau tauge adalah tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan.

Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama: radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon (daun lembaga). Dua kelas dari tumbuhan berbunga dibedakan dari cacah daun lembaganya: monokotil dan dikotil. Tumbuhan berbiji terbuka lebih bervariasi dalam cacah lembaganya. Kecambah pinus misalnya dapat memiliki hingga delapan daun lembaga. Beberapa jenis tumbuhan berbunga tidak memiliki kotiledon, dan disebut akotiledon.

1. Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi.

Jika Anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka Anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi.

2. Manfaat tauge untuk kesehatan hati

Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Liver maksudnya, bukan menyehatkan hati yang galau dan risau. Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.

3 Meningkatkan kesuburan pria

Toge memiliki kandungan vitamin E dan proteinnya yang sangat tinggi, kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria karena berbagai hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat mengkonsumsi tauge. Bahkan sejak dahulu ini beberapa orang telah percaya dengan mengkonsumsi tauge maka akan mampu meningkatkan keperkasaan pria.

4. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Di balik penampilannya yang kecil, pada tauge telah ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh kita, dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu, vitamin C yang juga dikandung di dalamnya juga memiliki fungsi hampir serupa, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari – hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.

5. Meningkatkan kandungan vitamin secara dramatis

Toge dapat meningkatkan kandungan vitamin A, B kompleks, C, dan E. Kandungan vitamin dalam biji-bijian, kacang-kacangan, atau meningkat kacang hingga 20 kali nilai asli hanya dalam beberapa hari saat tumbuh. Penelitian menunjukkan bahwa selama tauge tumbuh peningkatan vitamin B1 hingga 285 persen, vitamin B2 hingga 515 persen, dan niacin hingga 256 persen.

6. Baik Untuk Pembentukan Otot

Kandungan protein yang sangat tinggi dalam toge sangat penting untuk peningkatan massa otot dan membantu selama proses pembentukan otot dalam tubuh.

7. Mencegah Anemia

Toge memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah. Produksi sel darah merah yang stabil sangat membantu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.

8. Meningkatkan seluruh fungsi tubuh

Toge merupakan salah satu sayuran yang sangat murah meriah yang tersedia setiap hari di pasaran atau tukang sayur. Tauge memiliki ratusan enzim yang sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh manusia. Enzim merupakan salah satu zat yang membantu tubuh memanfaatkan vitamin dan menyerap serta memprosesnya dalam tubuh untuk membantu berbagai sel dan sistem tubuh lainnya.

9. Tauge menghilangkan racun

Manfaat lain tauge adalah membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar karena tauge mengandung banyak serat dan air.

Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.

10. Mengatasi sembelit

Karena tauge mengandung banyak serat, maka tauge mampu meningkatkan pergerakan usus sehingga mencegah susah buang air besar.

Kandungan Gizi Tauge (Kecambah)

Bila dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau taoge lebih bergizi. Protein taoge lebih tinggi dibandingkan dengan protein biji aslinya. Hal itu terjadi karena selama proses menjadi kecambah terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Proses berkecambah (germinasi) meningkatkan daya cerna karena berkecambah merupakan proses katabolis yang menyediakan zat gizi penting untuk pertumbuhan tanaman.

Kandungan gizi yang terdapat pada taoge adalah vitamin A, B kompleks, C, E, serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino, dan protein.

Kandungan gizi dalam 100 gram taoge :

  • Energi 23 kal
  • Protein 2,9 g
  • Lemak 0,2 g
  • Karbohidrat 4,1
  • Serat 1,0 g
  • Kalsium 29 mg
  • Fosfor 69 mg
  • Zat Besi 0,8 mg
  • Vitamin A 10 IU
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Vitamin C 15 mg
  • Air 92,4 g

Bagi penderita asam urat, sebaiknya berhati-hati mengonsumsi taoge karena berasal dari kacang-kacangan yang dapat menaikkan kadar asam urat.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Kangkung

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

1. Mengurangi Nyeri Haid

Sering kali kita merasa nyeri pada saat haid. Kangkung dapat mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada saat haid. Cukup menumbuk daun kangkung lalu tambahkan air hangat, kemudian saring dan tambahkan madu agar ada rasa manis.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C serta beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah, menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung atau stroke.

Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

3. Menjaga Sistem Imun

Sayuran hijau adalah salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi Sayuran hijau maka anda dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda.

4. Menjaga Kualitas Otak

Patut untuk diketahui, Kangkung juga mengandung Omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengkonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin. Pada masa pertumbuhan Anak, para ibu hanya perlu memberikannya asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak Anak.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A pada kangkung sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sekarang ini, banyak sekali yang menderita mata katarak, bukan hanya kaum manula saja, bahkan kaum remaja pun ada. Untuk menjaga kualitas dari kejernihan mata Anda, hanya perlu mengkonsumsi kangkung.

6. Mencegah Penyakit Kolestrol

Mengapa orang Indonesia banyak terkena kolestrol? Karena kebanyakan dari orang Indonesia lebih mementingkan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mampu mengontrol kadar kolestrol kita, seperti kangkung. Kangkung mampu menontrol kolestrol Anda secara alami.

7. Mencegah Bau Mulut

Bau pada mulut tentu sangat menggangu aktifitas kita. bau mulut sering terjadi pada saat kita berpusa atau mengkonsumsi makanan yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tidak perlu khawatir sayuran kangkung dapat menghilang bau pada mulut, karena kangkung mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.

8. Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Selain sayur katuk, sayur kangkung juga bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang menyusui. Karena kangkung dapat memperlancar ASI pada ibu yang menyusui. Selain itu, kangkung juga dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

9. Pencegahan Anemia

Badannya yang terasa lesu dan lemah disertai kepala yang terasa pusing dapat menjadi pertanda anda kekurangan darah. Kangkung terdapat ada zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini juga terdapat pada manfaat ubi jalar dan kacang-kacangan seperti pada manfaat kacang panjang atau pun manfaat kacang merah.

10. Pencegahan terhadap diabetes

Mengkonsumsi kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Jadi anda mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi. Selain manfaat kangkung yang dapat mencegah dalam menyerap gula dalam tubuh ini, tentunya anda juga dapat menikmati manfaat nasi tanpa perlu khawatir.

Kandungan Gizi pada Kangkung

Kangkung yang mempunyai batang yang menjalar dan sangat cocok tumbuh di perairan seperti sawah, sungai dan sebagainya. Kangkung yang berasal dari negara India ini sudah banyak menyebar di negara-negara Asia, termasuk Negara Indonesia. Berikut di bawah ini adalah kandungan gizi pada kangkung :

1. Vitamin C

Vitamin C bukan hanya ditemukan pada buah jeruk, tetapi dalam sayuran hijau ini juga. Vitamin C ini baik untuk mencegah kanker, kesehatan kulit, dan mencegah diabetes. Sangat di perlukan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin c super tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh agar cukup asupan vitamin bagi kesehatan.

2. Vitamin A

Mungkin Vitamin A identik dengan makanan seperti wortel dan tomat. Namun, jangan sangka sayuran hijau ini ternyata juga mengandung Vitamin A. Vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, mempercepat penyembuhan luka, mencegah kanker, dan membantu pembentukan sperma, indung telur dan plasenta pada saat hamil. Siapa sangka jika tubuh mengalami kekurangan Vitamin A, akan menyebabkan berkurangnya imunitas pada tubuh.

3. Kalsium

Ternyata kalsium bukan hanya terdapat pada susu saja. Kalsium juga terdapat dalam sayuran kangkung. Sayuran yang bermuara pada sawah-sawahan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang kemudian akan menjadi energi. Jika tubuh kita kekurangan kalsium, maka tubuh kita akan mengalami masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

4. Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan bagian dari Vitamin B Kompleks. Vitamin B1 ini baik untuk mecegah katarak, dan membantu kerja otak. Bagi yang memiliki darah rendah, sebaiknya untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung Vitamin B1 seperti kangkung. Karena, Vitamin B1 mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, Vitamin B1 juga mampu mencegah penuaan.

5. Mengandung Zat Besi

Zat besi pada kangkung berfungsi sebagai alat pengakut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi disini juga berfungsi sebagai pembantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh untuk mencegah terjadinya anemia.

6. Memiliki Kandungan Protein

Dalam Kangkung terdapat Protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai pengatur metabolisme tubuh. Tubuh yang tidak seimbang kadar proteinnya akan lebih mudah sakit. Selain itu Protein dalam kangkung sangat bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit.

7. Lemak

Tak selamanya Lemak itu buruk, selama di konsumsi secara tidak berlebihan. Lemak merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Bagi yang memilki aktifitas yang cukup padat, sangat wajib memilih makanan yang mengandung lemak. Lemak juga sangat berpengaruh untuk pembetukan sel dalam tubuh dan menjaga organ tubuh.

8. Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat bukan hanya ada pada nasi saja, karbohidrat juga terdapat pada sayuran kangkung. Mungkin sebagain orang menyangka bahwa karbohidrat dapat menyebabkan kegemukan atau diabetes, namun selama mengkonsumsinya dengan seimbang. Karbohidrat berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, sebagai cadangan sumber energi, dan sebagai pelindung protein agar tidak terbakar sebagai penghasil energi. Jika kekurangan karbohidrat memungkinkan akan terkena penyakit hipoglikemia, tentunya akan berbahaya jika tidak ditangani dan melakuka pencegahan dengan tepat.

9. Pembentuk Fosfor

Kangkung mengandung fosfor yang sangat berguna untuk tubuh. Fosfor disini berfungsi untuk membantu untuk kesehatan otak dan menjaga kesehatan tulang. Fosfor disini baik untuk mencegah osteoporosis.

10. Mengandung Serat

kandungan kangkung lainnya yaitu memang mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus, dan ada juga bagi yang sedang berdiet, kangkung sangat cocok dijadikan santapan makan untuk menu sehat. Serat juga dapat membantu dalam pencegahan diabetes dan kolestrol.

Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia

Jengkol (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Bijinya digemari di Malaysia (disebut “jering”), Myanmar (disebut “da nyin thee'”), dan Thailand (disebut “luk-nieng” atau “luk neang”).Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan.

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.

Manfaat jengkol belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, sangat sayang, padahal sayuran ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Jengkol menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena teksturnya yang empuk bila dimasak dengan benar dan rasanya yang sangat khas. Jengkol sering dihidangkan sebagai lauk atau menu utama. Kini semakin kreatifnya masyarakat kita, jengkol pun kini dapat diolah sebagai camilan. Sebut saja keripik jengkol. Aroma jengkol memang sangat tajam.

1. Mencegah osteoporosis

Manfaat buah jengkol bagi kesehatan diantaranya adalah membantu mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium serta fosfor yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya itu saja, buah jengkol juga bisa memperkuat gigi serta tulang Anda sehingga tidak mudah keropos apalagi jika waktunya belum tiba.

2. Menjaga kesehatan mata

Ada saja khasiat buah jengkol untuk kesehatan tidak terkecuali menjaga kesehatan mata kita, mengapa demikian? karena buah jengkol mengandung vitamin A, vitamin B1,vitamin B2 serta vitamin C yang akan membantu merawat kesehatan mata sehingga mata tidak mudah mengalami kerusakan atau bagi yang sudah rusak tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Karena mata merupakan organ tubuh yang sangat penting yang harus kita jaga dengan sangat baik, coba Anda bayangkan berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya jika harus bergonta ganti kacamata atau soft lens dan pergi ke dokter mata, tentunya sangatlah besar bukan? dan untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, makanlah buah jengkol yang mengandung vitamin A yang baik untuk mata kita.

3. Zat Antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan jantung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jengkol mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Demikian juga dengan kesehatan jantung. Toksin atau racun dalam tubuh akan sulit masuk ke dalam tubuh, khususnya jantung, berkat perlindungan yang diberikan oleh zat antioksidan ini. Segala sesuatu yang menghambat aliran darah dalam pembuluh darah juga akan hilang oleh zat yang terkandung pada jengkol. Aliran darah pun akan menjadi lebih lancar dan jantung pun akan berfungsi dengan baik dan optimal.

4. Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.

5. Mencegah anemia

Buah jengkol memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena bila tubuh kita kekurangan produksi serta pembentukan sel darah merah akan mengakibatkan kita mudah terserang anemia dan salah satu khasiat buah jengkol adalah mencegah anemia. Agar Anda tidak kekurangan darah dan mengalami anemia saat sedang datang bulan, makanlah buah jengkol sebagai buah pencegah anemia untuk mengatasinya.

6. Mengusir radikal bebas

Dan manfaat buah jengkol untuk kesehatan kulit adalah membantu mengusir radikal bebas karena kandungan beragam vitamin yang terdapat di dalamnya. Radikal bebas dapat mengakibatkan banyak masalah kulit, yang paling umum adalah kulit berjerawat dan yang paling mengkhawatirkan adalah penuaan dini dan untuk mencegah berbagai masalah kulit baik yang ringan maupun berbahaya tersebut. Anda bisa mengatasinya dengan makan buah jengkol.

Manfaat buah ini memang sangat beragam, namun sayangnya, buah jengkol tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan terutama bila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal. Makanlah buah jengkol secukupnya saja, dan jangan setiap hari.

Ada yang tidak suka makan buah jengkol dan petai karena rasanya yang tidak lezat, alias terasa pahit maka dari itu mereka memilih untuk menutup mata dan menolak mengkonsumsi buah jengkol padahal manfaat buah jengkol sangatlah banyak dan beberapanya telah disebutkan dan dijelaskan dengan cukup terperinci di atas.

Anda yang kebetulan suka atau pro buah jengkol kini bisa mengkonsumsi buah jengkol dengan perasaan yang lebih baik karena ternyata buah jengkol tidak hanya membuat aroma nafas dan aroma urin menjadi bau saja, namun juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit kita karena mampu menangkal radikal bebas.

7. Mengatasi penyakit jantung koroner

Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic (pembuangan urine menjadi lancar). Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.

8.  Merampingkan perut

Jangan salah ya, jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing. Salah satu penyebab buncitnya perut pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

9. Mencegah diabetes

Hebatnya lagi, jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

10. Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah

Penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol ternyata dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Nah, agar khasiat jengkol menjadi optimal, sebaiknya anda tidak memasak jengkol terlalu matang (overcooked).

11. Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit. Kandungan serat pada jengkol dapat mengatasi masalah sembelit. Dengan kata lain, serat pada jengkol membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar. Namun tetap jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol ya. Konsumsilah jengkol sesuai dengan jumlah yang dianjurkan.

12. Pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan

Jengkol juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan. Pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan optimal berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada buah jengkol.

13. Jengkol dapat menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh

Organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Berbeda situasinya jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B6. Tak heran jika ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat demi perkembangan janinnya.

Salah satu contoh makanan yang kaya akan asam folat adalah jengkol. Namun sekali perlu diingat bahwa konsumsilah jengkol secukupnya saja. Jangan terlalu berlebihan karena konsumsi jengkol yang berlebihan akan kurang baik efeknya untuk organ ginjal.

Manfaat Dan Khasiat Edamame

Edamame berasal dari kata eda berarti cabang atau ranting. Mame artinya kacang. Maka arti kata edamame adalah kacang yang muncul pada ranting dan dipanen dengan cabang-cabangnya. Edamame merupakan kedelai asal Jepang, secara umum bentuknya lebih besar dibandingkan kedelai biasa.

1. Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes Melitus muncul karena tubuh kekurangan Insulin; yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Susu kedelai yang mengandung Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin. Selain itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima organ ginjal dibandingkan dengan protein hewani.Karena itu Susu Kedelai baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes Melitus.

2. Mencegah hipertensi dan penyakit jantung

Kacang ini memiliki manfaat untuk menghindarkan Anda terserang penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang secara aktif dapat menghancurkan lemak menumpuk didalam tubuh sebagai penyebab terjangkitnya penyakit jantung dan darah tinggi. Kacang ini juga berkhasiat sebagai zat anti inflamasi sehingga rasa perih, nyeri, dan pegal dari peradangan dapat disembuhkan dengan cepat ketika Anda mengkonsumsi kacang ini.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan isoflavinnya yang tinggi juga bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker prostat maupun kanker payudara. Isoflavin merupakan senyawa yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pencegah sel kanker.

4. Meringankan gejala menopause

Adapun manfaat edamame lainnya yaitu data meringankan gejala menopause. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E, A, dan vitamin lainnya yang mampu meningkatkan keremajaan kulit hingga memperbaiki sel organ dalam terpenting bagi tubuh. Kandungan vitamin E juga bermanfaat dalam menyuburkan rambut dan mengurangi penurunan pigmen di rambut sehingga warnanya tidak mudah berubah menjadi putih.

5. Mempercepat proses pembekuan darah

Kandungan vitamin K yang tinggi juga sangat berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan darah. Hal ini sangat baik untuk Anda yang beresiko sering jatuh lecet di kulit untuk meredakannya dengan cepat. Kacang edamame juga berfungsi sebagai pencegah osteoporosis dan penyakit alzheimer.

6. Baik untuk sistem pencernaan

Edamame mengandung kandungan serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kineja sistem pencernaan pada manusia. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet karena serat akan membantu Anda dalam mengecilkan ukuran perut. Bukan hanya itu saja, kandungan karbohidrat kompleks dari kacang ini memberikan manfaat lebih untuk memberikan rasa kenyang yan lebih lama sehingga Anda dapat menekan keinginan untuk makan dalam porsi yang besar.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang edamame mengandung kandungan antioksidan tinggi yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jika rajin mengkonsumsi kacang edamame, Anda akan terhindar dari pengaruh cuaca yang tak menentu yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Anda. Dengan sistem kekebalan yang baik dari pengaruh antioksidan ini, Anda dapat terhindar dari serangan kanker.

Kandungan Gizi Kacang Edamame :

  • Tanpa Kolesterol
  • Kandungan protein tertinggi diantara semua tumbuhan
  • Tinggi Kalsium (plus Kalsium)

Kedelai Edamame mengandung protein komplit kualitas tinggi terbanyak dibandingkan dengan tumbuhan lainnya. Juga mengandung 9 asam amino penting yang dibutuhkan tubuh dalam komposisi yang sempurna. Nilai gizi dalam kedelai setra dengan susu sapi dan lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi. Kedelai sebagai sumber lecithin dan vitamin E. Kandungan tinggi isoflavones dan Saponin merupakan anti oksidan kuat kandungan tinggi lemak tak jenuh, fiber, vitamin, mineral dan rendah lemak jenuh, trygliceride.

Informasi Nilai Gizi :

  • Lemak total 8gr, 15% AKG
  • Protein 11gr, 23% AKG
  • Karbohidrat total 8gr, 2% AKG
  • Serat Pangan 3gr, 11% AKG
  • Natrium 300mg, 15% AKG
  • Besi 14% AKG
  • Kalium 9% AKG
  • Kalsium 400mb, 56% AKG

Manfaat Dan Kegunaan Daun Singkong

Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Sayuran yang satu ini sudah akrab dengan lidah orang Indonesia terutama yang tinggal di daerah perdesaan. Tanaman singkong sendiri banyak sekali dan mudah didapatkan, itulah sebabnya buah singkongnya sendiri atau pun daunnya, banyak sekali digunakan dalam khasanah kuliner nusantara.

Manfaat daun singkong, daun singkong amat akrab di telinga sebagai salah satu lalapan yang menggiurkan lidah, atau dengan memasaknya dengan santan cair, yang biasa disebut sayur daun singkong. Selain daun singkong digemari karena rasanya yang nikmat, manfaat daun singkong sendiri tidak kalah luar biasa. Berikut ini akan kita ulas mengenai manfaat daun singkong, lebih dekat.

Manfaat daun singkong sendiri dapat kita jadikan rujukan melalui kandungan gizinya, namun telah beredar di masyarakat luas bahwa daun singkong ini sangat cocok untuk berbagai pengobatan serta keluhan penyakit. Beberapa nutrisi berharga, tekandung pada daun singkong seperti vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karboidrat. Hal ini tentunya menjadikan manfaat daun singkong sangat baik apabila dikonsumsi sebagai menu harian anda.

1. Penambah Darah

Daun singkong adalah sayuran penambah darah yang sangat ampuh menambah darah jika anda sedang terkena anemia.

2. Pembentukan dan Regenerasi Sel Tubuh

Asam amino essensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

3. Membantu Metabolisme Tubuh

Daun singkong merupakan sumber protein nabati yang sangat besar, ia adalah jenis protein nabati yang banyak mengandung vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh. Manusia secara berkesinambungan, dalam kata lain daun singkong ini membantu proses dalam tubuh.

4. Sebagai Sumber Energi

Kandungan berbagai protein atau asam amino essensial pada daun singkong sangat membantu memberikan energi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam amino essensial pada daun singkong, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh beraktivitas. .

5. Daun Singkong Sebagai Sumber Antioksidan

Daun singkong merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dan membuang radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini sendiri merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan dalam bidang kecantikan dapat menyebabkan penuaan dini.

6. Untuk Diet

Daun Singkong Ternyata juga sangat baik digunakan untuk diet, kandungan serat dan tingginya protein di dalamnya adalah salah satu menu diet sehat harian anda.

7. Baik Untuk Pencernaan

Hampir semua orang tau bahwa serat sayuran sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia, begitu juga dengan daun singkong. Konsumsi rutin daun singkong juga akan memberikan efek yang cukup baik untuk pencernaan kita.

Daun Singkong Untuk Pengobatan Tradisional

Yang paling mengejutkan dari khasiat daun singkong adalah kemampuannya dalam memerangi dan sebagai remedi untuk keluhan penyakit. Beberapa penyakit, diyakini dapat ditangani oleh daun singkong untuk mengurangi deritanya. Berikut diantaranya :

1. Pengobatan penyakit rematik

Bila anda yang suka terjadi pegal-pegal sehabis bekerja, bisa saja ada gejala rematik dalam tubuh. Solusi pengobatannya, Siapkan sekitar 5 lembar daun singkong kemudian campurkan daun kapur sirih dan beri air sedikit. Lalu remas hingga ramuan hancur dan balurkan pada persendian yang terasa linu. Gunakan ini tiga kali sehari.

2. Menyembuhkan Diare

Resep pengobatannya, ambil sekitar tujuh lembar daun singkong kemudian cuci bersih. Rebusalah daun singkong dengan air sebanyak 800cc. Sisakan sampai airnya tinggl 400cc. Minum dua kali sehari, sebanyak 200 cc per minum. Daun singkong dipercaya cukup efektif dalam hal membantu mengurangi diare.

Kandungan Gizi

Kandungan gizi daun Singkong cukup bervariasi, seperti halnya sayuran hijau lainnya, ia juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Berikut adalah beberapa kandungan gizi tinggi dalam daun singkong.

  • Serat
  • Vitamin A, B1
  • Karbohidrat
  • Asam Amino Essensial
  • Protein

Manfaat Daun Bawang Prei

Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Dalam seni masak Indonesia, daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sop, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Daun bawang sebenarnya istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang membantu tubuh melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.

2. Menjaga Kekuatan Tulang

Daun bawang merupakan sumber yang sangat kaya akan vitamin K. Vitamin K merupakan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang jangka panjang. Vitamin K dapat membantu regulasi sel yang artinya dapat membantu mencegah demineralisasi tulang. Hal ini juga dibantu dengan produksi protein tulang yang disebut osteocalcin, yang sangat penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang agar tidak terjadi berbagai penyakit pada tulang.

3. Menjaga kesehatan mata

Mata adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi panca indera yang sangat penting. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Bukan hanya wortel, apel dan tomat yang bagus untuk kesehatan mata, bawang daun juga. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 2,6 % dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4 % yang dibutuhkan wanita.

4. Baik untuk wanita hamil

Bawang daun memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.

5. Menjaga kesehatan tulang

Tulang merupakan bagian penting yang membentuk tujbuh manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatannya agar dapat bergerak bebas dan leluasa. Selain kalsium, daun bawang juga mengandung vitamin C dan K yang baik untuk tulang.

6. Menyehatkan jantung

Daun bawang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung polisulfida yang melindungi penyakit jantung yang bisa terjadi. Sayuran ini juga mengandung mangan, mineral yang mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

7. Mencegah terjadinya penyakit anemia

Daun bawang terkandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi darah dalam tubuh. Seseorang yang mengalami kekurangan darah harus mencoba mengkonsumsi makanan ini karena kandungan ferroportin pada daun bawang menyimpan zat besi.

Manfaat Dan Khasiat Sayur Buncis

Buncis (dari bahasa Belanda boontjes untuk kacang-kacangan secara umum), adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buncis bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat melancarkan sirkulasi darah. Zat besi yang terkandung dalam buncis baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin yang memungkinkan darah mengankut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah akan manjadi lebih lancar.

2. Menyehatkan jantung

Mengonsumsi buncis bisa menjaga kesehatan jantung anda, sebab buncis mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Sayuran ini juga banyak mengandung serat, asam folat dan potasium yang bisa mencegah adanya komplikasi jantung.

3. Mengontrol glukosa

Buncis memiliki kadar protein yang cukup tinggi dan protein yang dimilikinya itu tidak jauh berbeda dengan protein yang ada pada telur. Apabila sayuran buncis ini dimasak dengan benar, maka protein yang ada didalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh Anda. Sehingga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengontrol glukosa atau kadar gula dalam darah.

4. Membersihkan pencernaan

Buncis sangat kaya akan serat. Serat inilah yang dapat membersihkan sistem pencernaan anda dari racun serta mencegah iritasi usus besar.

5. Baik untuk penderita diabetes

Seperti yang disebutkan di atas, Buncis sangat cocok dikonsumsi orang yang mengidap diabetes. Kadar indeks glikemik dari buncis sangat rendah, sehingga tidak membahayakan ketika dikonsumsi orang yang terkena diabetes. Selain itu, kandungan glyconutrient di dalamnya bisa membantu mengontrol gula darah anda.

6. Rendah kalori

Buncis mempunyai nilai kalori yang cukup rendah sehingga buncis sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih. Seperti yang Anda ketahui bahwa mempunyai berat badan berlebih bisa memicu timbulnya beragam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

7. Meningkatkan sistem metabolisme

Kandungan mineral yang ada didalam buncis, seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium. Semua senyawa tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang baik bisa meningkatkan kinerja organ tubuh yang lainnya.

8. Mengatasi batu ginjal

Serat yang tinggi dalam sayuran buncis bisa bermanfaat juga untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu, banyak dokter yang menganjurkan mengonsumsi makanan yang satu ini.

9. Terlihat lebih awet muda

Proses penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi buncis setiap harinya. Buncis mengandung antioksidan yang cukup yang bermanfaat untuk menanggal radikal bebas dan paparan sinar matahari. Untuk Anda yang ingin terlihat lebih awet muda.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Adanya vitamin B1, B6, dan vitamin C yang terdapat pada buncis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah Anda supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.

Kandungan Gizinya

Buncis merupakan biji yang ditutupi oleh polong. Ketika mengkonsumsi buncis cukup dengan persiapan waktu yang sebentar seperti di kukus bubur atau ditambahkan ke salad. Jika untuk meningkatkan kesehatan, kacang buncis adalah pilihan yang baik untuk mulai dimasukkan memasukkan dalam asupan sehari-hari. Berikut di bawah ini, adapun beberapa kandungan gizi terdapat pada buncis :

1. Vitamin C

Salah satu manfaat kesehatan yang paling menonjol dari buncis adalah tingginya kandungan vitamin C. Vitamin C larut dalam air, berguna mempengaruhi penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membantu dalam produksi kolagen. Buncis mengandung 60 miligram per 100 gram porsi. Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C secara terus menerus akan dikeluarkan oleh tubuh, namun jika jumlahnya terlalu banyak mencapai tingkat 2.000 miligram per hari dapat menyebabkan gas, diare, mual dan bentuk lain dari ketidaknyamanan pencernaan. Asupan yang direkomendasikan vitamin C adalah 90 miligram untuk pria berusia lebih dari 19 tahun dan 75 miligram untuk wanita dari kelompok usia yang sama.

2. Serat

Mengkonsumsi makanan yang kaya serat, akan membawa beberapa manfaat bagi tubuh. Tidak hanya membantu mengontrol kolesterol dan kadar glukosa darah, namun juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan. Rekomendasi harian serat untuk orang tua hingga 50 tahun adalah 38 gram dan Pria di atas 51 tahun sekitar30 gram. Perempuan yang berusia hingga 50 tahun, harus mendapatkan 25 gram, sementara wanita di atas 51 harus mengkonsumsi 21 gram. Untuk menambahkan lebih banyak serat dalam diet, lakukan secara bertahap untuk menghindari gas dan kembung, menurut Mayo Clinic.

3. Vitamin A

Vitamin A adalah antioksidan yang dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penglihatan yang baik dan menjaga jaringan ikat yang kuat. Buncis mengandung 1.087 unit vitamin A per 100 gram. Ini berarti untuk sekitar 326 mikrogram. Asupan yang direkomendasikan vitamin ini adalah 900 mikrogram per hari untuk laki-laki lebih dari 14 dan 700 mikrogram per hari untuk wanita dalam kelompok usia yang sama ini. Dosis vitamin A tinggi dan diambil dalam waktu singkat dapat menyebabkan efek samping, seperti muntah, mual, penglihatan kabur dan sakit kepala. Menurut Kantor Dietary Supplements, ini adalah sebagian besar hal terjadi ketika mengambil suplemen vitamin A.

4. Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang akan disimpan dalam sel lemak tubuh. Vitamin K dikenal karena kemampuannya untuk mempromosikan pembekuan darah. Jumlah harian vitamin K adalah 120 mikrogram untuk pria berusia lebih dari 19 tahun dan 90 mikrogram untuk wanita dalam kelompok usia yang sama ini. Namun jumlah vitamin K yang tinggi dapat menjadi penyebab kerusakan hati dan memecah sel-sel darah merah.

5. Vitamin B

Buncis mengandung sejumlah vitamin B yang membantu memecah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi, dan juga membantu fungsi saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah. 100 gram nuncis mengandung 15% dari nilai harian yang direkomendasikan asam pantotenat, 12 1/2 persen dari thiamin, 12 persen dari pyridoxine dan 10 1/2 persen folat.

7. Mineral

Zat besi dan mangan masing-masing memiliki fungsi tertentu dalam tubuh. Zat besi sangat penting untuk transportasi oksigen dan mangan membantu penyerapan kalsium, produksi hormon, dan fungsi saraf. Buncis memiliki kedua mineral ini, disetiap 100 gramnya mengandung 26 persen dari rekomendasi harian zat besi dan 10 1/2 persen dari asupan mangan yang direkomendasikan.

Kandungan Dan Manfaat Tanaman Obat Bayam Duri 

Pengertian Bayam adalah Bayam duri merupakan tanaman bayam yang tumbuh liar dipekarangan rumah. Bayam ini pada umumnya lebih dikategorikan sebagai rumput liar, karena tanpa ditanam bayam ini tumbuh dengan sendirinya.

Apa sebenarnya itu Tanaman Obat Bayam Duri ?

Bayam duri (amaranthus spinousus) termasuk jenis tanaman amaranth. Tumbuhan ini banyak tumbuh secara liar di pekarangan rumah, lading atau di jalan-jalan kampung. Namun, tidak banyak yang tahu manfaat ari tanaman ini sehingga keberadaannya seriang dibiarkan bahkan dicabut karena dianggap sebagai tanaman pengganggu.

Tumbuhan bayam duri mempunyai batang lunak atau basah, tingginya dapat mencapai 1 meter. Sebagai tanda khusus yaitu pada pohon batang, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri, sehingga orang mengenalnya sebagai bayam duri. Bentuk daunnya menyerupai belahan ketupat dan berwarna hijau. Bunga berbentuk bunga bongkol, berwarna hijau muda atau kuning, bayam duri tumbuh baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara antara 25-35 celcius.

Nama Latin bayam duri adalah Amaranthus Spinousus, Lin, Familia : Amaranthceae, Nama Lokal : Bayem eri, bayem raja, bayem roda, bayem cikron (Jawa), senggang cucuk (Sunda), bayam keruai (Lampung), ternyak duri, ternyak lakek (Madura), podo maduri (Bugis), thorny amaranthus (Inggris), bayam duri (Indonesia).

Maka dari itu, admin akan membagikan ulasan artikel yang membahas tentang Kandungan Dan Manfaat Tanaman Obat Bayam Duri. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

Kandungan Tanaman Obat Bayam Duri  :

Kandungan kimia, bayam duri mengandung amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tannin, kalsium nitrat, garam fosfat, zat besi, serta Vitamin (A, C, K dan piridoksin atau B6).

Manfaat Tanaman Obat Bayam Duri :

  • Mengatasi gangguan pernapasan dan bronchitis
  • Mengobati dan mengatasi kencing nanah
  • Mengatasi Radang saluran napas
  • Mengatasi susah buang air kecil
  • Memproduksi ASI lebih lancar
  • Mengatasi Sakit tenggorokan
  • Mengobati TBC kelenjar
  • Mengatasi Keputihan
  • Mengobati Sakit gigi
  • Mengobati Disentri

Klasifikasi Tanaman Bayam Duri :

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Hamamelidae
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili: Amaranthaceae (suku bayam-bayaman)
  • Genus: Amaranthus
  • Spesies : Amaranthus spinosus L.

Sekian postingan yang kami bagikan mengenai Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Khasiatnya. Semoga bermanfaat dan anda pun mengetahu berbagai Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Khasiatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *