Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat – Jaminan kesehatan untu saat ini sungguh sangat penting dan sangat diperlukan berbagai macam kalangan. Maka dari itu, admin kan membagikan informasi dan artikel yang membahas tentang Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

BPJS merupakan salah satu program jaminan sosial bertaraf nasional. Fungsinya untuk menyelenggarakan program-program jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, melindungi hak dari penduduk Indonesia. Hal ini juga tertera pada Kitab Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 dan Undang-Undang No. 24 Tahun 2011.

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat

Saat ini setidaknya ada 2 jenis BPJS yang diusung oleh pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat antara lain :

  1. Manfaat BPJS yaitu Biaya pengobatan akan ditanggung untuk istri atau suami yang sah dari peserta yang mendapatkan tunjangan istri maupun suami yang tercantum didalam daftar gaji maupun slip gaji bahkan termasuk juga daftar penerima pensiun bagi anda yang sudah lansia atau lanjut usia.
  2. Manfaat BPJS yang selanjutnya adalah bagi anak anda baik itu anak kandung maupun tiri atau angkat yang sah dari peserta yang mendapatkan tunjangan anak yang telah tercantum didalam daftar gaji atau slip yang dibawah umur dua puluh satu tahun atau yang sudah berumur sampai dua puluh lima tahun tapi masih mengikuti jenjang pendidikan formal, selain itu juga bagi anda yang belum menikah, belum mempunyai pekerjaan sehingga tidak punya penghasilan dan masih menjadi tanggungan si anggota BPJS.
  3. Manfaat BPJS lainnya yaitu mendapatkan manfaat seperti biaya kesehatan gratis untuk segala jenis penyakit bagi seluruh anggota BPJS.
  4. Jaminan kesehatan yang dijanjikan oleh pihak BPJS merupakan jaminan perseorangan yang mencakup pelayanan yang berupa preventif, promotif, kuratif termasuk juga pemberian obat-obatan dan bahan medis lainnya yang habis pakai.
  5. Jumlah anak yang akan ditanggung oleh BPJS maksimal dua dan berdasarkan urutan tanggal lahirnya termasuk juga anak angkat.
  6. Iuran setiap anggota BPJS sangat terjangkau dan juga berdasarkan kelas-kelas yang sudah disediakan, oleh karena itu anda tinggal memilih sesuai dengan keinginan anda dan juga keadaan ekonomi
  7. Adanya pelayanan forensik bagi anggota BPJS dan juga pemulasan jenazah.
  8. Pelayanan seperti ambulan dari tempat satu ketempat lain ditanggung oleh pihak BPJS sehingga anda tak perlu lagi memikirkan biayanya

Keunggulan BPJS kesehatan :

1. Jaminan seumur hidup

Mungkin hanya bpjs yang berani menanggung proteksi peserta hingga seumur hidup asuransi yang lain paling maksimal 100 tahun itupun kami belum pernah dapat testimoni atau kabar ada asuransi yang berani menanggung hingga umur 100 tahun.

2. Pembayarannya Murah dan bisa dijangkau berbagai macam kalangan

Murah bukan berarti murahan dengan hanya premi perbulan untuk kelas 1 59ribu kelas 2 49.500 kelas 3 25.000 anda sudah bisa di cover puluhan penyakit,rawat inap,pembedahan obat dan lain sebagainya,dari hasil berita tetangga saya yang sering cuci darah puas karena gratis,ada juga cerita teman saya yang istrinya melahirkan dan biaya nol alias gratis.

3. No Medical check up

Jika anda mendaftar di asuransi kesehatan swasta lain,anda akan kena medical cek up terlebih dahulu jika anda terkena penyakit kritis dan sudah berumur diatas 40 tahun maka premi anda akan menjadi mahal bahkan malah pengajuan polis anda bisa di tolak,nah di bpjs di umur berapapun boleh mendaftar dan tanpa medical cek up bahkan bayi yang masih dalam kandungan saja bisa di daftarkan.

4. No Pre Existing

Jika di asuransi swasta jika sebelumnya anda sudah terkena penyakit kronis tapi tetap mendaftar itu bisa ditolak kalaupun tidak nanti premi mahal bahkan polis di tolak kalaupun juga berbohong nanti juga anda akan susah klaim dana anda ketika sakit dan bisa di anggap pembohongan,nah di bpjs waktu anda sakit misalnya jantung anda bisa daftar bpjs dan asal syarat lengkap 99% di terima.

5.Wajib

Kenapa wajib karena di undang undang sudah ada dan bersifat wajib artinya jika anda ikut asuransi swasta maka anda juga harus asuransi bpjs kesehatan.

6. Dapat dipergunakan dimasa saja

BPJS Kesehatan dapat digunakan dimana saja meskipun di luar daerah kependudukan anda, asalkan peserta memenuhi prosedur yang berlaku. Misalnya saja anda sedang pulang ke kampung halaman, tiba-tiba anda terjatuh sakit dan harus segera mendapatkan pertolongan medis, maka anda dapat segera dibawa ke rumah sakit daerah terdekat dan biaya akan ditanggung oleh BPJS. Namun berbeda dengan asuransi kesehatan swasta yang hanya boleh dibawa ke rumah sakit yang di tunjuk oleh perusahaan asuransi itu sendiri.

7. Tidak ada pengecualian

Terakhir, kelebihan BPJS Kesehatan adalah tidak adanya pengecualian. Dalam pendaftaran asuransi swasta, seseorang yang sudah terkena penyakit kronis memang bisa saja akan mengalami penolakan. Kalaupun diterima, premi yang dibebankan akan mahal atau bahkan polis bisa ditolak kalau muncul kebohongan. Klaim dana juga bisa jadi sangat sulit ketika Anda dianggap melakukan pembohongan saat mendaftar.

Kekurangan atau Kelemahan BPJS Kesehatan :

Disamping keunggulan dan kelebihan BPJS Kesehatan yang telah dibahas, BPJS juga menyimpan beberapa kekurangan yang bisa mungkin dikarenakan sistemnya yang masih baru dan masih diperbaiki terus menerus. Berikut beberapa kekurangan yang ada pada layanan kesehatan BPJS Kesehatan tersebut :

1. Hanya Indonesia

Layanan kesehatan BPJS memang hanya bisa melindungi diri di wilayah Indonesia saja. Berbeda dengan asuransi swasta yang bisa memproteksi kesehatan pesertanya di rumah sakit yang bekerja sama hingga di seluruh dunia.

2. Antri Sana Sini

Untuk Anda yang akan mendaftar atau akan melakukan pengubahan data di kantor BPJS, maka Anda harus bersiap dengan antrian yang panjang. Tidak hanya dalam hal mendaftar dan melakukan perubahan data, ketika peserta juga akan berobat ke rumah sakit, maka antrian panjang juga harus dihadapi peserta.

3. Jarang Mendapatkan Kelas 1

Terakhir, kekurangan BPJS Kesehatan adalah tidak adanya kesempatan untuk mendapat fasilitas kelas 1. Meskipun peserta telah mendaftar pada kelas 1 dan 2 namun pada kenyataan di lapangan memang terjadi hal yang tidak sesuai. Mereka para peserta BPJS Kesehatan ini sering mendapat fasilitas kelas 3.

4. Metode Berjenjang

Kekurangan pertama dari BPJS Kesehatan adalah adanya metode berjenjang saat melakukan klaim. Di BPJS, di luar keadaan darurat, peserta memang diharuskan memeriksakan penyakitnya ke faskes 1 terlebih dahulu. Faskes 1 ini sendiri berupa puskesmas atau klinik. Setelah dari di faskes 1 dan pasien memang dirasa harus ke rumah sakit, maka pasien atau peserta BPJS baru bisa ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Namun di asuransi lain, Anda bisa langsung memeriksakan sakit ke rumah sakit yang sudah bekerja sama.

Buat anda yang ingin mengecek apakah nomor BPJS anda sudah aktif atau belum. Langsung saja anda mengunjungi alamat resminya yaitu ketik https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ di google baru Ok ya.

Itulah penjelasan artikel yang kami bagikan kali ini, yang berhubungan dengan Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih memperhatikan berbagai macam asuransi buat pembiayaan kesehatan anda kedepannya.