Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Lobak

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur LobakLobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan.

Saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah dataran tinggi Pangalengan, Pacet, Cipanas, dan Bedugul. Luas areal tanaman lobak di Indonesia saat ini berkisar 15.700 hektare.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Lobak

Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Lobak

Tanah yang baik untuk tanaman lobak adalah tanah gembur, mengandung humus (subur), lapisan atas tanah yang tidak mengandung kerikil (batu-batu kecil), dan derajat keasaman tanah 5-6. Waktu penanaman yang cocok adalah saat musim hujan atau awal musim kemarau. Untuk penanaman pada musim kemarau, tanaman harus cukup air. Baca juga Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Kol

Pada kesempatan yang sama berbahagia ini, kami tak pernah ada henti-hentinya untuk membagikan kepada anda semua informasi dan artikel terupdate yang membahas tentang 15 Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Lobak. Baca dan perhatikanlah dengan sebaik-baiknya berikut di bawah ini :

1. Mengobati eksim

Bagi anda yang menderita penyakit eksim, menggunakan lobak putih akan sangat efektif untuk mengobati penyakit eksim. Caranya, anda dapat menghaluskan lobak putih dengan dicampur sari jahe untuk memberi rasa.

2. Membantu memulihkan kesehatan sistem pernafasan

Lobak akan membantu anda menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada hidung, tenggorokan hingga paru – paru. Di dalam lobak putih terdapat banyak kandungan vitamin dan juga zat desinfektan yang akan melindungi sistem pernafasan dari infeksi yang mungkin menyerang.

3. Lobak Putih Mempunyai Manfaat Untuk Ambeien

Mempunyai masalah dengan penyakit ambeien? Solusinya Anda bisa mengkonsumsi lobak putih dari sekarang. Lobak putih mengandung zat yang sifatnya tidak mudah dicerna oleh tubuh kita. Hal ini akan memfasilitasi sistem pencernaan serta akan mengobati sembelit. Faktor utama penyakit ambeien adalah masalah sembelitnya dan jika rasa sembelit itu sudah berangsur membaik maka lambat laun penyakit ambeien juga akan sembuh.

4. Lobak Putih Cukup Ampuh Menyembuhkan Batu Ginjal

Penderita batu ginjal salah satu obat alternatifnya bisa dengan mengkonsumsi lobak putih ini. Sebaiknya lobak putih kita buat jus untuk dikonsumsi. Selain lobak putih bermanfaat untuk menyembuhkan batu ginjal dan juga lobak putih akan menjaga untuk mencegah batu ginjal tumbuh kembali.

Disarankan bagi penderita batu ginjal agar minum jus lobak putih dalam seharinya setengah gelas. Dan juga sebaiknya meminum jus lobak putih dilakukan di pagi hari atau ketika Anda belum melakukan sarapan. Kegiatan ini akan membantu untuk melarutkan batu yang terdapat dalam ginjal dan akan membantu mendorong batu keluar melalui air seni.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan kalau kandungan gizi yang terdapat dalam lobak putih sangat ampuh bagi penderita ginjal. Lobak putih mengandung potassium yang cukup tinggi sehingga akan menurunkan tingkat resiko batu ginjal dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Liver

Lobak putih sangat bermanfaat bagi permasalahan pada liver. Denga mengkonsumsi lobak putih setiap hari maka khasiatnya akan membantu kenormalan fungsi liver dalam tubuh. Lobak putih akan mampu untuk mendetoksifikasi serta akan mengantur bilirubin dan empedu.

6. Menyembuhkan demam

Lobak putih dapat digunakan untuk meredakan demam. Lobak putih bisa menurunkan suhu tubuh serta menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Memanfaatkan lobak putih untuk mengobati demam ini bisa dengan dijus lalu dicampurkan garam secukupnya dan diminum.

7. Menyembuhkan gigitan serangga

Zat – zat yang bersifat pruritis yang terkandung di dalam lobak putih akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan serangga seperti sengatan lebah atau tawon. Di sini, lobak akan membantu meredakan rasa sakit dan demam yang terjadi akibat gigitan serangga tersebut.

8. Obat Penawar Racun

Masalah obat penawar racun memang keampuhan lobak putih ini tidak bisa diragukan lagi. Tahukah Anda bahwa lobak putih ini pernah dijadikan sebagai obat penawar racun yang overdosis pengaruh obat kimia. Jika seseorang menderita keracunan seperti pengaruh obat maka efeknya setelah makan lobak putih akan muntah. Artinya penderita akan memuntahkan obat tersebut pengaruh memakan lobak putih. Sehingga pada akhirnya racun dalam tubuh akan keluar dan tidak berdampak kronis.

9. Menurunkan Berat Badan

Berbadan gemuk memang akan menganggu penampilan kita. Banyak orang yang mendambakan untuk memiliki tubuh ideal dan tidak banyak terjadi penumpukkan lemak pada tubuhnya. Dengan lobak putih manfaatnya lumayan ampuh untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi lobak putih akan mengakibatkan rasa kenyang. Dengan begitu akan mengurangi jumlah porsi makanan yang kita konsumsi. Lobak putih kandungan karbohidratnya sangat rendah namun sangat banyak kandungan airnya.

10. Meredakan masalah buang air kecil

Lobak putih yang secara alamiah mengandung banyak air akan membantu memperbanyak produksi air seni kita. Jika kita sedang mengalami masalah buang air kecil, lobak putih dapat berfungsi sebagai obat alami untuk menyembuhkan masalah buang air kecil tersebut. Di samping itu, lobak juga akan membantu menyembuhkan peradangan dan perasaan sakit yang mungkin dialami ketika buang air kecil. Lobak putih juga akan membantu membersihkan ginjal dan organ – organ lainnya yang berkaitan dengan sistem pengeluaran khususnya urin.

11. Menyembuhkan Leukoderma

Zat-zat yang bersifat mendetoksifikasi dan anti karsinogenik di dalam lobak putih akan membantu penyembuhan leukoderma. Dalam hal ini, biji lobak lah yang dapat sangat berguna dalam pengobatan leukoderma. Biji lobak terlebih dahulu harus dihaluskan lalu dicampur dengan cuka dan digunakan pada bagian kulit yang berwarna putih.

Menggunakan lobak putih sebagai obat leukoderma juga bisa dengan cara dikonsumsi. Leukoderma akan disembuhkan dari dalam dengan proses detoksifikasi yang dapat dilakukan oleh kandungan di dalam lobak putih.

12. Membantu pengobatan Kanker

Lobak putih ternyata juga bisa membantu pengobatan pada penyakit kanker. Vitamin C, asam folic, dan anthocyanins akan mendetoksifikasi radikal – radikal bebas dan membantu efektifitas berbagai treatment dalam upaya penyembuhan kanker. Kanker – kanker seperti kanker usus, kanker perut dan kanker ginjal dapat dapat diredakan dengan konsumsi jus lobak putih.

13. Lobak Putih Mengobati penyakit kuning

Bagi yang menderita penyakit kuning, lobak putih bisa bemanfaat untuk mengobati penyakit kuning. Kandungan di dam lobak putih akan menlenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan. Penyakit kuning yang akan menyerang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh dan lobak putih dapat memperbaiki ketidaknormalan ini dengan oksigen yang dibawa oleh zat – zat yang terdapat di dalam lobak putih. Selain umbinya, daun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning ini.

14. Manfaat lobak efektif mengobati jamur

Lobak diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim-enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur-jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim-enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat-zat berbahaya, virus-virus, dan juga parasite-parasite yang ada di dalam tubuh kita secara efektif.

15. Menjaga Sirkulasi dan Tekanan darah

Didukung dengan zat besi, peredaran darah dalam tubuh bisa menjadi lancar. Dengan begitu, tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa dihindari. Sehingga darah dalam tubuh menjadi stabil dan berjalan secara normal.

Kandungan Gizi Lobak Putih

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Minyak Atsiri
  • Beta Carotene
  • Niasin
  • Mangan
  • Kolin
  • Asam Folic
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Asam oksalat
  • Serat kasar

Lobak putih memiliki kulit berwarna putih dengan daging berwarna putih pula. Lobak dapat dimakan dalam keadaan mentah atau bisa juga dijadikan sebagai bahan sup.

Satu tip yang mungkin bisa anda coba di rumah jika anda ingin menu dengan bahan lobak, anda bisa merendam lobak terlebih dahulu di dalam air es sehingga pada saat dimasak atau dijadikan salad, kerenyahan lobak masih bisa anda rasakan.

Itulah penjelasan artikel pada kali iniSemoga bermanfaat dan dengan adanya artikel tersebut, bisa menjadi salah satu bahan bacaan/referensi untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta membantu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit yang anda alami selama ini.