Manfaat Dan Khasiat Sayur Buncis

Manfaat Dan Khasiat Sayur Buncis – Buncis (dari bahasa Belanda boontjes untuk kacang-kacangan secara umum), adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.

Manfaat Dan Khasiat Sayur Buncis

Manfaat Dan Khasiat Sayur Buncis

Pada kesempatan kali ini, kami tak ada henti-hentinya untuk memberikan informasi dan artikel yang berkaitan dengan Manfaat Dan Khasiat Sayur Buncis. Baca dan simaklah secara seksama berikut di bawah ini :

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buncis bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat melancarkan sirkulasi darah. Zat besi yang terkandung dalam buncis baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin yang memungkinkan darah mengankut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah akan manjadi lebih lancar. Baca juga Manfaat Mengkonsumsi Sayur Brokoli

2. Menyehatkan jantung

Mengonsumsi buncis bisa menjaga kesehatan jantung anda, sebab buncis mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Sayuran ini juga banyak mengandung serat, asam folat dan potasium yang bisa mencegah adanya komplikasi jantung.

3. Mengontrol glukosa

Buncis memiliki kadar protein yang cukup tinggi dan protein yang dimilikinya itu tidak jauh berbeda dengan protein yang ada pada telur. Apabila sayuran buncis ini dimasak dengan benar, maka protein yang ada didalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh Anda. Sehingga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengontrol glukosa atau kadar gula dalam darah.

4. Membersihkan pencernaan

Buncis sangat kaya akan serat. Serat inilah yang dapat membersihkan sistem pencernaan anda dari racun serta mencegah iritasi usus besar.

5. Baik untuk penderita diabetes

Seperti yang disebutkan di atas, Buncis sangat cocok dikonsumsi orang yang mengidap diabetes. Kadar indeks glikemik dari buncis sangat rendah, sehingga tidak membahayakan ketika dikonsumsi orang yang terkena diabetes. Selain itu, kandungan glyconutrient di dalamnya bisa membantu mengontrol gula darah anda.

6. Rendah kalori

Buncis mempunyai nilai kalori yang cukup rendah sehingga buncis sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih. Seperti yang Anda ketahui bahwa mempunyai berat badan berlebih bisa memicu timbulnya beragam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

7. Meningkatkan sistem metabolisme

Kandungan mineral yang ada didalam buncis, seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium. Semua senyawa tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang baik bisa meningkatkan kinerja organ tubuh yang lainnya.

8. Mengatasi batu ginjal

Serat yang tinggi dalam sayuran buncis bisa bermanfaat juga untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu, banyak dokter yang menganjurkan mengonsumsi makanan yang satu ini.

9. Terlihat lebih awet muda

Proses penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi buncis setiap harinya. Buncis mengandung antioksidan yang cukup yang bermanfaat untuk menanggal radikal bebas dan paparan sinar matahari. Untuk Anda yang ingin terlihat lebih awet muda.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Adanya vitamin B1, B6, dan vitamin C yang terdapat pada buncis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah Anda supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.

Kandungan Gizinya

Buncis merupakan biji yang ditutupi oleh polong. Ketika mengkonsumsi buncis cukup dengan persiapan waktu yang sebentar seperti di kukus bubur atau ditambahkan ke salad. Jika untuk meningkatkan kesehatan, kacang buncis adalah pilihan yang baik untuk mulai dimasukkan memasukkan dalam asupan sehari-hari. Berikut di bawah ini, adapun beberapa kandungan gizi terdapat pada buncis :

1. Vitamin C

Salah satu manfaat kesehatan yang paling menonjol dari buncis adalah tingginya kandungan vitamin C. Vitamin C larut dalam air, berguna mempengaruhi penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membantu dalam produksi kolagen. Buncis mengandung 60 miligram per 100 gram porsi. Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C secara terus menerus akan dikeluarkan oleh tubuh, namun jika jumlahnya terlalu banyak mencapai tingkat 2.000 miligram per hari dapat menyebabkan gas, diare, mual dan bentuk lain dari ketidaknyamanan pencernaan. Asupan yang direkomendasikan vitamin C adalah 90 miligram untuk pria berusia lebih dari 19 tahun dan 75 miligram untuk wanita dari kelompok usia yang sama.

2. Serat

Mengkonsumsi makanan yang kaya serat, akan membawa beberapa manfaat bagi tubuh. Tidak hanya membantu mengontrol kolesterol dan kadar glukosa darah, namun juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan. Rekomendasi harian serat untuk orang tua hingga 50 tahun adalah 38 gram dan Pria di atas 51 tahun sekitar30 gram. Perempuan yang berusia hingga 50 tahun, harus mendapatkan 25 gram, sementara wanita di atas 51 harus mengkonsumsi 21 gram. Untuk menambahkan lebih banyak serat dalam diet, lakukan secara bertahap untuk menghindari gas dan kembung, menurut Mayo Clinic.

3. Vitamin A

Vitamin A adalah antioksidan yang dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penglihatan yang baik dan menjaga jaringan ikat yang kuat. Buncis mengandung 1.087 unit vitamin A per 100 gram. Ini berarti untuk sekitar 326 mikrogram. Asupan yang direkomendasikan vitamin ini adalah 900 mikrogram per hari untuk laki-laki lebih dari 14 dan 700 mikrogram per hari untuk wanita dalam kelompok usia yang sama ini. Dosis vitamin A tinggi dan diambil dalam waktu singkat dapat menyebabkan efek samping, seperti muntah, mual, penglihatan kabur dan sakit kepala. Menurut Kantor Dietary Supplements, ini adalah sebagian besar hal terjadi ketika mengambil suplemen vitamin A.

4. Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang akan disimpan dalam sel lemak tubuh. Vitamin K dikenal karena kemampuannya untuk mempromosikan pembekuan darah. Jumlah harian vitamin K adalah 120 mikrogram untuk pria berusia lebih dari 19 tahun dan 90 mikrogram untuk wanita dalam kelompok usia yang sama ini. Namun jumlah vitamin K yang tinggi dapat menjadi penyebab kerusakan hati dan memecah sel-sel darah merah.

5. Vitamin B

Buncis mengandung sejumlah vitamin B yang membantu memecah protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi, dan juga membantu fungsi saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah. 100 gram nuncis mengandung 15% dari nilai harian yang direkomendasikan asam pantotenat, 12 1/2 persen dari thiamin, 12 persen dari pyridoxine dan 10 1/2 persen folat.

7. Mineral

Zat besi dan mangan masing-masing memiliki fungsi tertentu dalam tubuh. Zat besi sangat penting untuk transportasi oksigen dan mangan membantu penyerapan kalsium, produksi hormon, dan fungsi saraf. Buncis memiliki kedua mineral ini, disetiap 100 gramnya mengandung 26 persen dari rekomendasi harian zat besi dan 10 1/2 persen dari asupan mangan yang direkomendasikan.

Demikianlah postingan artikel mengenai Manfaat Dan Khasiat Sayur Buncis. Semoga bermanfaat dan artikel di atas, dapat menjadi salah satu bahan bacaan dan referensi untuk menjaga kesehatan adan tetap sehat.