Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan – Kesehatan sangant penting bagi kita. Dengan selalu sehat dan bugar setiap saat, maka aktivitas yang kita lakukan tiap hari akan berjalan sesuai harapan. Dengan kondisi yang sehat selalu, maka kita tidak harus pergi ke rumah sakit yang akan menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit pula. Jadi benar sekali kata pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati.

Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan

Berjalan kaki merupakan kegiatan yang kerap kali dilakukan oleh tiap orang yang berjiwa sehat. Bagaimana tidak, manfaat jalan kaki pagi hari membuat orang yang melakukannya merasa segar sebab udara yang diberikan masih bersih dan bebas dari polusi. Sayangnya, masih banyak dari kita yang merasa enggan untuk melakukannya dengan berbagai alasan seperti masih mengantuk ataupun merasa dingin.

Baiklah, langsung saja anda menyimak artikel mengenai Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan. Untuk penjelasan yang lebih detail, silahkan adan menyimak artikel berikut ini :

1. Mencegah dimensia

Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya ia dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%. Baca juga Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh Di Pagi Hari

2.  Meningkatkan vitamin D di Tubuh

Vitamin d dalam tubuh dapat diperoleh dari berbagai sumber, selain dari makanan, sinar matahari pagi merupakan sumber yang paling penting untuk membentuk vitamin D. Berjalan kaki akan otomatis memberikan tubuh sinar matahari yang cukup jika dilakukan di luar ruangan, yang artinya meningkatkan nutrisi vitamin D dalam tubuh anda.

3. Mencegah Osteoporosis

Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Pencegahan tulang keropos ini tidak hanya diperoleh dari kalsium pada susu, namun harus diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya sekitar 15 menit sehari setiap hari.

4. Kesehatan Jantung

Berjalan kaki akan membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Pada saat berjalan kaki tubuh menjadi bergerak sehingga kolesterol baik (HDL) yang menyerap kolesterol jahat (LDL) mengalami peningkatan yang mampu menyehatkan jantung.

5. Membantu Otak melepaskan hormon endorfin

Endorfin ini adalah hormon yang mengandung senyawa kimia yang mampu membuat seseorang merasa senang. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Seperti morphine, hormon ini bahkan dikatakan memiliki kekuatan 200 kali lebih besar dari morphine sehingga sangat mampu untuk menimbulkan perasaan senang dan nyaman dan membuat seseorang berenergi.

6. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga santai yang dapat dilakukan siapa saja. Aktivitas ini dapat membuat sistem pernafasan lebih lancar dan lebih kuat tentunya. Dengan berjalan kaki setiap hari anda dapat membantu nafas anda lebih panjang.

7. Menjaga Kestabilan tekanan darah

Proses metabolisme dalam tubuh juga dapat dibantu dengan berjalan kaki, dengan metabolisme tubuh yang lancar maka anda dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi maka ada baiknya anda mulai melakukan jalan kaki secara rutin di pagi hari.

8. Fondasi Untuk Hidup Sehat

Jalan kaki secara rutin adalah fondasi yang kuat bagi setiap orang dalam menjalankan hidup sehat. Tidak heran beberapa produk susu menyarankan dan mengalakkan program 10.000 langkah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai kelainan & penyakit tulang.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berjalan kaki anda sudah melakukan effort yang cukup untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat pada tubuh. Keringat dan lancarnya metabolisme tubuh akan membantu imunitas tubuh agar tidak terserang dari berbagai penyakit berbahaya.

10.Menjaga kualitas tidur yang baik

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olah raga yang dilakukan pada pagi hari membantu kenyenyakan tidur pada malam hari.

Pada dasarnya, berjalan kaki adalah salah satu upaya setiap manusia untuk melakukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Perpindahan ini banyak dilatar belakangi oleh berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Menurut John Fruin, jalan kaki adalah satu-satunya alat untuk memenuhi kebutuhan interaksi tatap muka yang ada dalam semua aktivitas komersil dan kultural di lingkungan kota. Selain untuk memenuhi kebutuhan interaksi tatap muka, ternyata jalan kaki juga merupakan alat yang bisa digunakan untuk menyehatkan badan. Yah, jalan kaki adalah olahraga sederhana yang sangat menyehatkan terutama jika dilakukan di pagi hari.

11. Lebih Awet Muda

Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki. Maka anda akan kelihatan lebih awet muda dan serta memiliki kondisi yang sehat, bugar dan segar setiap waktu. Jadi jangan tunggu lagi, untuk melakukan aktivitas jalan sehat setiap hari.

12. Terhindar Dari Diabetes

Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki. Maka secara otomatis kadar gula atau glukosa didalam tubuh akan bekerja di setiap jaringan sel dalam tubuh anda. sehingga kadar gula atau glukosa tersebut tidak terkonsentrasi atau menumpuk di dalam darah anda. sehingga anda akan terhindar dari penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan kadar gula yang tinggi didalam darah anda.

13. Menurunkan Berat badan

Berat badan yang berlebihan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Selain bisa membuat penampilan menjadi tidak menarik, namun juga memiliki potensi tubuh terjangkiti dengan penyakit-penyakit kronis. Jika memiliki masalah obesitas, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berjalan kaki di pagi hari. Karena berjalan kaki di pagi hari dapat membakar kalori jika dikerjakan secara rutin.

14. Mengurangi Stres

Dengan melakukan aktivitas berjalan kaki. Maka pikiran stress yang melanda anda akan sedikit banyak terkurangi serta mengakibatkan tidur malam anda akan pulas. Serta ketika pagi menjelang anda akan lebih segar dan bugar dalam menatap dan melalui hari ini.

15. Menjaga kebugaran dan Kekebalan Tubuh

Manfaat olahraga dengan berjalan kaki pagi, sebanyak 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernafasan. Dengan kondisi tubuh yang bugar, tentu saja hal itu akan berbanding lurus dengan peningkatan kekebalan tubuh.

Demikianlah postingan artikel mengenai Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan anda dengan memperbanyak melakukan kegiatan positif, terutama yang berkaitan dengan kesehatan tubuh anda. Lihat juga Cara Menjaga Kesehatan Tubuh