Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh –  Temulawak  adalah merupakan salah satu tanaman temu-temuan, yakni tanaman. berbentuk akar dan rimpang (batang di bawah tanah) yang digunakan untuk membuat obat. Temulawak hidup didaerah dengan ketinggian 5 – 750 meter diatas permukaan laut.

Tanaman temulawak dapat mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati. Sebenarnya masih banyak jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan tanaman obat ini. bila penggunaannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain, tentu khasiatnya akan semakin terasa.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Maka dari itu, langsung saja anda menyimak penjelasan berikut ini mengenai Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh. Baca juga Manfaat Sambiloto Dan Cara Mengolahnya

1. Menurunkan lemak darah

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu temulawak dapat menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid, ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Hati / Liver

Manfaat temulawak yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah untuk memelihara fungsi hati agar tetap sehat. Kandungan kalagoga yang ada dalam temulawak berfungsi untuk memproduksi empedu di dalam hati dan merangsang pengosongan pada kandung empedu.

3. Obat Penyembuhan Hepatitis

2 jari temulawak, lalu cuci dan kupas. Iris dan rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Minum dua kali sehari.

4. Meredakan Derita Asma

Setengah rimpang temulawak, cuci bersih. Kupas dan iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air dan campurkan gula aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengah. diminum 3 kali sehari.

5. Pengobatan Untuk Sakit Ginjal

Temulawak dicuci bersih dan dikupas. Siapkan 4 gelas air lalu rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus sampai airnya tersisa setengah. diminum tiga kali sehari.

6. Dapat mengatasi kanker

Jamu temulawak juga sangat efektif untuk mengatasi penyakit kanker payudara, kanker usus, dan juga kanker prostat. Kandungan curcumin yang terdapat pada kandungan yang dimiliki oleh temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Serta dijelaskan juga bahwa hal tersebut mampu menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

7. Manfaat Temulawak Untuk Melancarkan ASI

Temulawak ternyata dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI untuk ibu menyusui . Dikarenakan antioksidan Temulawak bermanfaat untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi seperti protein dan asam lemak yang diperlukan untuk memproduksi ASI . Oksidasi nutrisi jika terjadi bisa membuat produksi ASI menurun dan mengurangi kualitas ASI.

8. Mengatasi gangguan pencernaan

Ramuan ini juga dapat mengatasi ataupun mengobati berbagai gangguan sistem pencernaan yang menyerupai perut kembung, dyspepsia, serta indisgetion. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi ramuan ini demi mendapatkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Hasil pengujian memberikan hasil perbaikan pada penderita radang sendi.

Di India, telah lama menggunakan tanaman herbal selama ribuan tahun untuk mengobati dan mencegah peradangan seperti arthritis. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine , pasien yang diperiksa bermasalah pada radang sendi lutut meminum ekstrak temulawak dan ibuprofen setiap hari selama enam minggu. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ekstrak temulawak bekerja sama dengan baik oleh ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis tanpa mengalami efek samping yang merugikan.

10. Menyehatkan jantung

Temulawak atau yang juga disebut curcuma ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

11. Mengatasi penyakit maag

Untuk mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 rimpang. Cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin.

Demikianlah postingan yang kami bagikan pada kali ini, membahas tentang Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda mengenai berbagai macam tanaman herbal yang mempunyai khasiat dan manfaat luar biasa.