Pengertian Epilog Secara Umum

Pengertian Epilog Secara Umum – Pada kesempatan yang sama berbahagia ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang membahas mengenai Pengertian Epilog Secara Umum. Untuk lebih jelas dan lebih detailnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

Pengertian Epilog Secara Umum

Pengertian Epilog Secara Umum

Pengertian Epilog

Epilog adalah kata penutup yang mengakhiri pementasan. Epilog biasanya berisi ajaran atau kesimpulan yang bisa diambil dari drama yang baru saja disajikan. Epilog dapat juga diartikan sebagai bagian penutup pada karya sastra, yang fungsinya menyampaikan inti dari cerita atau menafsirkan maksud karya itu oleh pemeran pada akhir cerita. Epilog dapat berupa patisari dari cerita atau drama yang dilakonkan atau komentar singkat atas drama yang baru saja dilakonkan. Selain untuk menutup drama, epilog juga berfungsi sebagai penegasan peristiwa-peristiwa moral, tatanilai, maupun refleksi hidup dan kehidupan yang diceritakan dalam drama. Baca juga Pengertian Prolog

Adapun fungsi dari epilog itu sendiri adalah penyampaian inti cerita, hikmah, atau komentar atas cerita yang baru saja dipentaskan. Epilog juga berfungsi untuk menegaskan pesan moral, tatanilai,ataupun refleksi hidup dan kehidupan yang diceritakan dalam cerita tersebut.

Contoh Epilog

Contoh epilog 1

Kematian Ayah yang begitu cepat membuatku sadar bahwa Ayah lah segalanya. Ayah lah satu-satunya lelaki yang bisa mengerti dan tidak akan pernah menyakitiku. Setelah kepergiannya beberapa tahun lalu, aku benar-benar merasakan kehilangan yang teramat dalam. Kini aku menjalani hidupku dengan kesendirian. Hari-hariku berbalut kesedihan dan luka mendalam. Tiada lagi sosok Ayah yang menemaniku, yang memanjakanku, dan yang selalu ada untukku. Aku yakin Tuhan akan menurunkan seorang malaikat yang akan menemani dan membuat tawa bahagia untuk hari esok dan seterusnya.

Contoh epilog 2

Malin kundang pun telah berubah menjadi batu, ketika ia meminta ampun kepada Ibunya karna kesalahannya yang tidak mengakui ibunya sendiri. Kapal, kru serta istrinya tenggelam ke dasar laut. Tidak ada yang bisa membantah ataupun menghalangi kemurkaan ibunya terhadapnya. Itulah hasil jika kita memberontak kepada orang tua kita terutama untuk ibu kita.

Sekian uraian tentang Pengertian Epilog Secara Umum pada kesempatan yang sama berharga ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda mengenai berbagai macam seni semakin meningkat dan tak bisa diragukan lagi. Lihat juga Pengertian Drama dan Jenis Drama