Pengertian Pidato

Pengertian PidatoPidato adalah salah satu bentuk cara penyampaian/pengungkapan pikiran secara lisan dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Kegiatan berpidato disebut orasi. Adapun orang yang berpidato disebut orator. Tujuan pidato adalah untuk menyampaikan gagasan. Selain itu, pidato juga bertujuan untuk membujuk atau menyampaikan informasi yang ada, memberikan hiburan dan memberikan perintah. Pidato adalah bentuk komunikasi satu arah. Dalam berpidato diperlukan kemahiran dasar, antara lain: mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar, menguasai retorika atau gaya berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, dan memiliki keberanian tampil di muka umum.

Pengertian Pidato

Pengertian Pidato

Dalam berpidato dikenal beberapa metode, antara lain :

  • Metode serta merta atau impromptu, yaitu metode pidato berdasarkan kebutuhan sesaat tanpa persiapan yang cukup memadai. Pembicara berpidato berdasarkan pengetahuan dan kemahiran yang dimilikinya secara apa adanya.
  • Metode menghapal, adalah metocle berpidato yang dilakukan dengan penuh persiapan. Naskah yang akan dipidatokan dipersiapkan lebih dahulu kemudian dihapalkan kata demi kata.
  • Metode naskah atau membaca, adalah metode berpidato dengan cara membacakan secara langsung naskah yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  • Metode ekstemporan, adalah metode berpidato dengan cara menuliskan pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan kemudian menyampaikan rnasalah yang telah disiapkan dengan kata-katanya sendiri. Pembicara rnenggunakan catatan untuk mengingatkan urutan dan ide-ide penting yang hendak disampaikan.

Secara garis besar, isi pidato terbagi atas tiga bagian, yakni sebagai berikut :

  • Pembuka, berisi ucapan rasa syukur, sapaan kepada pendengar, maksud berpidato.
  • Isi, berisi uraian pidato sesuai dengan topik.
  • Penutup, berisi harapan, imbauan, kesimpulan, serta ucapan terima kasih.
  • Di dalam naskah pidato seringkali diselipkan kalimat-kalimat sapaan untuk pendengar atau tamu yang hadir, di antaranya Hadirin yang berbahagia, Bapak dan Ibu yang saya hormati.

Tujuan Pidato :

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :

  1. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.
  2. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
  3. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.

Sekian uraian tentang Pengertian Pidato, semoga bermanfaat.