Penyebab Bayi Terkena Penyakit Kuning

Penyebab Bayi Terkena Penyakit Kuning – Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang berkaitan dengan  Penyebab Bayi Terkena Penyakit Kuning. Baca dan simaklah, penjelasan berikut ini :

Penyakit kuning terjadi akibat adanya penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh.

Bilirubin merupakan zat sisa yang dihasilkan ketika sel darah merah terurai. Sebelum dibuang oleh tubuh, bilirubin dibawa terlebih dahulu menuju hati melalui aliran darah. Di dalam hati, bilirubin dicampur dengan cairan empedu.

Penyebab Bayi Terkena Penyakit Kuning

Penyebab Bayi Terkena Penyakit Kuning

Kedua zat ini kemudian melewati sistem pencernaan untuk dibuang. Sebagian besar bilirubin dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran dan sebagian kecil dibuang dalam bentuk urin. Ini yang membuat urin kita berwarna kuning dan tinja berwarna cokelat. Baca juga Cara Mengenali Kejang Pada Bayi

Baiklah, langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini, tentang Penyebab Bayi Terkena Penyakit Kuning. Perhatikan dan simaklah dengan penuh perhatian serta selamat membaca ya.

  1. Pada awal kelahiran sel darah merah mulai diuraikan untuk kemudian diganti dengan sel darah merah yang baru. Hal ini akan mengakibatkan kadar bilirubin meningkat, namun akan menurun dalam dua minggu sampai sebulan kemudian.
  2. Bayi yang lahir lebih awal atau prematur. Jika kuning pada bayi prematur lebih dari 10 mg/dL, bayi harus segera mendapat penanganan untuk menghindari timbulnya komplikasi.
  3. Kuning juga dapat terjadi akibat masalah dalam pemberian ASI, misalnya produksi ASI yang kurang di awal kelahiran sehingga bayi hanya mendapat sedikit ASI.
  4. ASI juga dapat sebagai penyebab bayi kuning (breastmilk jaundice). Jika terdapat kandungan hormon progesteron dalam ASI hal ini dapat mengakibatkan terganggunya proses penguraian bilirubin.
  5. Adanya kandungan enzim liprotein lipase pada ASI juga dapat membuat kadar bilirubin meningkat. Jika ini terjadi, ASI tetap dapat di berikan, namun jika kenaikan bilirubin terjadi terlalu cepat, hentikan pemberian ASI untuk sementara waktu.
  6. Penyebab bayi kuning lainnya adalah perbedaan golongan darah ibu dan bayi.
  7. Sekitar 60% kuning terjadi pada bayi sehat, Anda tidak perlu terlalu khawatir, namun demikian sebagai orangtua Anda harus tetap memantau kondisi bayi.

Jika penyakit kuning terjadi pada hari pertama kelahiran, makin lama kuning makin nyata, bayi menjadi lemah disertai demam, maka segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikianlah postingan artikel mengenai Penyebab Bayi Terkena Penyakit Kuning. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel ini, anda lebih hati-hati dan kalau bisa perhatikan kesehatan bayi anda dengan sebaik-baiknya, bahkan penyakit kuning juga dapat menyerang orang dewasa bukan pada bayi saja. Lihat juga Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit