Perawatan Wajah

Perawatan Wajah – Wajah atau muka yang cantik dan gating adalah karunia dari Tuhan, jadi sangat disayangkan kalau kita tidak pintar-pintar melakukan perawatan pada wajah kita. Untuk melakukan perawatan wajah yang baik dan benar kita perlu terlebih dahulu mengenal dengan baik dasar-dasar perawatan muka.

Perawatan wajah sebaiknya dilakukan sesuai dengan kondisi kulit. Dewasa ini sudah banyak produk kosmetik perawatan kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit, mulai yang tradisional sampai modern yang kesemuanya memberikan solusi untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Seiring dengan gerakan kembali ke alam, tidak sedikit yang menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kecantikan. Perawatan kulit wajah pada umumnya memiliki tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan fungsi kulit serta memperindah wujud luar kulit yakni agar kulit wajah terasa nyaman, lembut, bersih, putih, halus, lembab berembun dan bersinar.

Perawatan Wajah

Perawatan Wajah

Perawatan wajah yang dilakukan secara rutin memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut : kulit wajah bersih, meningkatkan sirkulasi darah pada bagian wajah, mendorong kegiatan susunan kelenjar, mengendorkan urat-urat syaraf, memelihara bentuk otot, memperkuat jaringan urat yang lemah, mencegah timbulnya gangguan atau penyakit kulit, mencegah timbulnya keriput, menyempurnakan kulit wajah dan awet muda.

Kulit merupakan bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan segala hal di luar tubuh seperti cuaca, sinar matahari atau lainnya. Kulit juga merupakan hal pertama yang terlihat saat mulai mengalami penuaan. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk merawat kulit agar tetap segar dan cantik, yaitu :

  1. Perlindungan terhadap matahari. Matahari memiliki peran utama dalam merusak kulit. Kita perlu melindungi kulit dari sinar matahari untuk mencegah penuaan pada kulit. Matahari sangat berpengaruh dalam membuat kulit berkerut, kering dan membuat warna kulit berubah. Perubahan tekstur kulit, penipisan kulit dan penyakit kulit yang berhubungan dengan paparan sinar matahari dapat membuat kulit terlihat jauh lebih tua. Mulailah melindungi kulit dengan krim pelindung matahari.
  2. Hindari merokok. Merokok tidak hanya menyebabkan kanker paruparu, tetapi juga dapat membuat kulit kusam dan berkerut. Hasil penelitian menunjukkan adanya dugaan kuat, bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki pengaruh yang sama layaknya dengan elastin pada matahari.
  3. Berolah raga. Sejalan dengan bertambahnya usia, sangat mustahil menyembunyikan tanda-tanda penuaan yang tampak pada permukaan kulit. Leher, pipi dan sudut mata merupakan bagian dari wajah yang paling mudah terlihat saat usia bertambah tua. Untuk memperbaiki penampilan kulit, harus ada keseimbang-an antara diet dan olah raga secara rutin. Biasakan minum air putih paling sedikit delapan hingga sepuluh gelas setiap hari.
  4. Senyum memiliki manfaat ajaib. Wajah cenderung menyesuaikan pada posisi dari ekspresi yang kita bawa sepanjang hari. Jika kita lebih sering cemberut atau marah-marah, kulit wajah akan lebih cenderung cepat berkerut, terutama di area mata, garis dan sudut bibir atau garisgaris lain yang mengikuti ekspresi saat cemberut. Menebar senyuman dapat membuat keajaiban bagi kulit dan membuat awet muda. Untuk mencegah cepat menjadi tua yang perlu dilakukan yaitu lebih banyak tersenyum.
  5. Perawatan kulit. Merawat kulit merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Cucilah wajah setiap kali sehabis ke luar rumah dan terkena terik sinar matahari. Mengangkat kulit mati dengan peeling secara teratur, akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari kotoran yang menempel di wajah sehingga kulit dapat lebih leluasa bernapas dan lebih cerah.
  6. Posisi tidur. Tidur dengan posisi telungkup dapat mengakibatkan kulit berkerut. Hindari tidur dengan posisi tetap sepanjang malam, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kusut.

Dasar Perawatan Wajah

Langkah-langkah dasar perawatan wajah terdiri dari pembersihan, penyegaran, pelembaban juga pemberian nutrisi. Adapun cara perawatannya dilakukan 2 x sehari yaitu pagi dan malam hari. pagi sebelum anda memakai make up dan malam hari sebelum anda tidur.

Fungsi pembersihan :

Mengangkat kotoran sisa make up, sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah

Fungsi Penyegaran :

Menyegarkan kulit wajah serta menutup pori-pori sehingga terhindar dari timbulnya komedo maupun jerawat

Fungsi Pelembab :

  • Mencegah dari sengatan sinar ultra violet
  • Menjaga elastisitas kulit dan mencegah kekeringan kulit
  • Kulit menjadi halus

Fungsi Pemberian Nutrisi (digunakan malam hari) :

  • Mengembalikan kondisi kulit secara optimal dan mengembalikan kelembaban kulit wajah
  • Memulihkan dan menutrisi kulit saat kita tidur

Jika dilakukan setiap hari maka kulit wajah anda akan tampak berseri-seri dan mencegah timbulnya jerawat maupun komedo akibat kotoran debu maupun sisa make up.

Setelah mengentahui dasar-dasar perwaatan wajah di atas, kita juga bisa melakukan berbagai kegiatan perawatan wajah selanjutnya. Untuk perawatan wajah, biasanya dipengaruhi oleh jenis kulit yang kita miliki. Untuk lebih jelasnya kita bisa membaca artikel-artikel berikut ini yang berhubungan dengan cara perwatan wajah dengan metode dan jenis kulit wajah yang dimiliki.

Demikianlah postingan yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, mengenai Perawatan Wajah. Semoga bermanfaat dan kami tetap membagikan informasi dan artikel yang berkualiats dan bermanfaat buat anda sekalian.