Perkembangan Usia Janin 1 Bulan Dalam Kandungan

Perkembangan Usia Janin 1 Bulan Dalam KandunganKehamilan merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan apalagi di saat-saat awal kehamilah terasa seperti surga bagi kebanyakan wanita. Maka dari itu, admin akan bagikan informasi dan artikel penting buat ibu hamil yang membahas tentang Perkembangan Usia Janin 1 Bulan Dalam Kandungan. Tapi sebelum itu, kami juga membahas artikel sebelumnya mengenai Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik Bagi Janin. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak penjelasannya berikut ini :

Perkembangan Usia Janin 1 Bulan Dalam Kandungan

Perkembangan Usia Janin 1 Bulan Dalam Kandungan

Pada mingu pertama terjadi pembuahan sel telur oleh sperma, di mana terjadi juga proses pertukaran kromosom dari sel sperma dan sel telur yang mengandung gen pembawa sifat bagi janin. Bersamaan dengan itu, kadar hormon estrogen dan progesteron terus meningkat, yang menimbulkan perubahan-perubahan dalam struktur dan metabolisme tubuh ibu untuk mendukung menumbuhkembangkan janin.Sel t elur yang telah dibuahi akan bergerak menuju rahim.

Dalam perjalanan dari ovarium menuju ke rahim, sel telur ini akan terus membelah diri membentuk suatu massa sel, yang disebut blastosis. Setelah tiba di rahim, blastosis akan menempel (implantasi) di dinding rahim. Dengan berakhirnya ini, Ibu tidak akan mendapat haid. Baca juga Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai

Juga terjadi perdarahan, yang kebanyakan perempuan mengartikannya sebagai darah haid. Perdarahan yang terjadi adalah dampak dari implantasi sel telur pada dinding rahim. setelah terjadi implantasi atau menempelnya zigot pada dinding rahim, akan mulai terjadi pelepasan hormon HCG (untuk menilai tes kehamilan). Bagian embrio yang tidak melekat pada rahim akan tumbuh. Tulang belakang, tulang ekor, tulang iga,dan sistem syaraf pusat mulai terbentuk. Begitu pula jantung dan jaringan pembuluh darah. Akan terbentuk dua buah lubang pada wajah pada janin. Lubang ini akan terisi oleh mata. Pada mingu kelima ukuran bayi anda sekarang kira-kira sebesar biji apel dan pada minggu ini di sebut sebagai embrio. bayi anda sudah mempunyai detak jantung sendiri.

Plasenta dan tali pusat sudah bekerja sepenuhnya pada minggu ini. vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk, dan sistem saraf mulai berkembang. Jantung mulai berfungsi dan berdetak, memompakan darah ke seluruh bagian tubuh janin. Sel-sel mulai membentuk cikal bakal organ seperti cikal bakal ginjal, rahang bawah, tulang-tulang leher, wajah, tangan, serta kaki. Pada akhir minggu keempat, ukuran janin yang berbentuk 1.000 kaki lebih besar daripada sel telur yang dibuahi.

Saran Buat Ibu Hamil

Pada perkembangan janin bulan pertama ini, ibu hamil harus menjaga janin sebaik mungkin. Janin yang masih dalam proses pembentukan awal memiliki kondisi yang lemah. Karena itu, masa ini disebut masa kritis.

Berikut ini hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil saat kandungannya memasuki usia 1 bulan atau 4 minggu :

  • Kendalikan Emosi

Emosi ibu hamil juga akan labil, menetralisir emosi tersebut sangat diperlukan bagi ibu hamil. Ibu hamil yang tidak bisa menetralisir emosinya bisa berpengaruh buruk terhadap embrio yang dikandungnya, ibu hamil yang sering emosi juga akan mendapatkan tensi darah yang tinggi pula. Padahal jika tensi tekanan darah ibu hamil tinggi, ibu hamil bisa rentan terkena komplikasi kehamilan, seperti hipertensi dalam kehamilan.

  • Bersikap Positif dan Bahagia

Ibu hamil harus meyakinkan diri bahwa kehamilan yang dititipkan tuhan kepadanya merupakan anugerah yang terindah dari Tuhan. Meyakinkan diri tersebut bisa menghindarkan ibu hamil dari sikap kurangnya mental saat menghadapi kehamilan. Kurangnya mental saat menghadapi kehamilan membuat ibu hamil akan merasakan stress. Stress banyak membuat ibu hamil terkena morning sickness dan tidak bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan embrio di dalam rahimnya.

Bersyukur atas karunia tuhan dan tidak banyak orang atau pasangan yang diberikan anugerah berupa kehamilan seperti dirinya tersebut. Sifat positif tersebut akan sangat berguna dan bermanfaat dalam menghadapi kehamilan.

  • Menyiapkan Perubahan Besar Saat Hamil

Kehamilan membutuhkan banyak pengorbanan, yang namanya pengorbanan itu tidak mudah. Pengorbanan ini akan terasa sulit tanpa dukungan orang-orang di sekitar ibu hamil. Ke depannya, ibu hamil akan mengalami perubahan besar di dalam hidupnya. Mulai dari mengalami morning sickness, perubahan bentuk tubuh dan masih banyak lagi lainnya.

  • Asupan Makanan Sehat

Hal wajib yang harus dilakukan. Ibu hamil harus sering mengkonsumsi makanan sehat dan minuman yang bergizi. Sayur, buah buahan untuk ibu hamil, banyak mengkonsumsi asam folat, air putih dan susu hamil sangat bermanfaat bagi perkembangan embrio yang ada di dalam rahim. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi vitamin yang bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

  • Mengetahui Larangan Ibu Hamil

Hindari mengkonsumsi pantangan makanan ibu hamil saat hamil muda yang membahayakan kandungan. Jika ibu hamil memiliki kebiasaan untuk menekan perutnya atau bahkan memukul perutnya sebaiknya kebiasaan itu mulai dihindari. Lihat juga Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil 

Demikianlah postingan artikel yang membahas tentang Perkembangan Usia Janin 1 Bulan Dalam Kandungan. Semoga bermanfaat, dan anda pun lebih menjaga usia janin anda dengan sebaik-baiknya.