Tanda Tanda Tumbuhnya Gigi Pada Bayi

Tanda Tanda Tumbuhnya Gigi Pada Bayi  Biasanya pertumbuhan gigi bayi dimulai saat usia 4 bulan – 6 bulan. Namun tidak menutup kemungkinan jika kurang dari usia tersebut, atau melebihi usia tersebut. Setiap orang tua tidak bisa memprediksi pertumbuhan gigi bayinya. Karena pertumbuhan gigi bayi memiliki masa yang berbeda-beda.

Tanda Tanda Tumbuhnya Gigi Pada Bayi

Tanda Tanda Tumbuhnya Gigi Pada Bayi

Tetapi para orang tua bisa melihat beberapa tanda pada bayi jika giginya mulai tumbuh. Sebagian bayi akan merasa sangat tidak nyaman saat pertumbuhan giginya, dan dampak yang ditimbulkan sang bayi akan lebih sering menangis. Tapi ada juga yang mengalami proses pertumbuhan gigi bayinya dengan cepat, tanpa merasa terganggu sama sekali. Baca juga Penyebab Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Untuk lebih jelasnya dan lebih detailnya, langsung saja anda menyimak artikel berikut membahas tentang Tanda Tanda Tumbuhnya Gigi Pada Bayi. Perhatikan bacalah dengan seksama ya.

1. Muncul ruam dibeberapa bagian badan

Karna sering mengeluarkan air liur, dan seringnya kontak air liur dengan beberapa bagian badan bayi, antara lain, wajah, leher, area mulut dll. Hal tersebut menyebabkan ruam yang mengganggu bagi si bayi. Mengusap air liurnya dengan sapu tangan sangat membantu. Atau berikan krim kulit khusus bayi ini juga sangat membantu.

2. Sering mengeluarkan air liur

Pertumbuhan gigi bayi merangsang air liur, dan biasanya mulai terlihat lebih sering mengeluarkan air liur mulai usia 10 minggu.

3. Bayi sering menggigit

Jangan marah bila bayi anda mulai menggigit putting anda saat menyusui, ini memandakan bahwa sang bayi sedang mengalami tekanan pada gigi yang akan keluar, dan menyebabkan gatal pada gusi yang dilampiaskan melalui gigitan.

4. Rasa sakit

Beberapa melewati pertumbuhan gigi bayi dengan rasa sakit yang disebabkan peradangan yang terjadi pada jaringan lunak, terutama saat gigi graham pertama mereka tumbuh.

5. Batuk

Batuk disebabkan karna intensitas air liur yang lebih banyak dan menyebabkan bayi tersedak atau batuk.

6. Demam rendah

Biasanya muncul disebabkan karna imunitas bayi sedang rendah saat pertumbuhan gigi bayinya muncul. Jika demam lebih dari 3 hari konsultasikan dengan dokter.

7. Menolak untuk makan

Karna beberapa rasa sakit yang dialami sang bayi, sebagian menolak makan, bahkan menolak menyusui karna peradangan gusinya. Meski demikian usahakan bayi tetap diberi asi.

8. Hematosa gusi

Terlihat beberapa gusi memerah seperti bengkak, bisa diatasi dengan bantuan kompres dingin.

9. Tarikan telinga atau menggosok pipi

Hal ini terjadi disebabkan sang bayi kesal karna gatal yang disebabkan pertumbuhan gigi bayinya.

Demikianlah postingan artikel mengenai Tanda Tanda Tumbuhnya Gigi Pada Bayi. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda tidak khawatir lagi terhadap bayi jika mengalami gejala-gejala atau tanda-tanda yang telah dijelaskan di atas.